[BERITA] “Hoaks Imbauan Anak NU Dilarang Sekolah di Muhammadiyah”

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto menyatakan gambar dan pernyataan yang beredar di media sosial tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan alias hoaks.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : BERITA
=============================================

Beredar gambar yang diklaim sebagi pernyataan dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. Selain pernyataan, gambar itu juga menampilkan foto Haedar Nashir.

Isinya seolah-olah imbauan kepada warga Nahdlatul Ulama (NU) agar tidak menyekolahkan anaknya di Sekolah Muhammadiyah. Berikut isi tulisan di gambar tersebut:

“Imbauan kepada warga NU, untuk tidak menyekolahkan anak-anaknya di sekolah Muhammadiyah karena kami ingini menjaga kondusivitas dan aset milik kami. Tolong warga NU tepo seliro dan tahu diri — Prof Dr Haidar Nasir, Ketua Umum PP Muhammadiyah.”

=============================================

PENJELASAN

Melalui akun jejaring sosial Twitter miliknya, @HaedarNs, Haedar Nashir membantah pernyataan dan foto itu. Menurut dia, foto dan pernyataan itu adalah hoaks alias bohong. Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu tidak tahu menahu dan tidak memproduksi gambar tersebut.

Haedar menegaskan selama ini lembaga milik Muhammadiyah di berbagai bidang diperuntukkan semua kelompok dan golomgan masyarakat.

“Gambar dan statement yang beredar di media sosial tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan (hoax). Selama ini hadirnya lembaga pendidikan, kesehatan, dan sosial Muhammadiyah untuk semua kelompok dan golongan, tidak terbatas pada suku, agama, dan kelompok tertentu.” tulis Haedar Nashir di tweetnya yang diunggah pada 6 Maret 2020.

Sebelumnya, himbauan itu juga diklaim seolah berasal dari Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto.

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan WhatsApp, mengirimkan gambar berisi klarifikasi mengenai imbauan tersebut. Ia juga menyebut bahwa gambar yang berisi imbauan tersebut adalah hoaks.

Berikut isi klarifikasinya:
Sehubungan dengan beredarnya foto atau quotes design yang mencatut nama Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah tentang “Himbauan Bagi Warga NU”yang telah tersebar, maka dengan ini saya dan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah beserta keluarga Muhammadiyah memberikan KLARIFIKASI sebagai berikut:

1 .Bahwa terkait himbauan tersebut sebagaimana yang telah terlihat dan tersebar di media sosial, bukan merupakan perkataan ataupun kutipan statement dari Sunanto atau yang dikenal Cak Nanto sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah.
2.Bahwa dalam menjalankan roda organisasi, kami sangat mendepankan dialog dan tabayyun serta toleransi terhadap setiap perbedaan pandangan ataupun pendapat antar kaIangan.
3.Bahwa sebagaimana anonim kutipan yang telah tersebar atas nama Sunanto atau yang dikenal Cak Nanto memiliki latar belakang pendidikan disekolah NU sehingga foto atau quotes design yang beredarjelas sangat ngawur.
4.Bahwa Muhammadiyah, khususnya Pemuda Muhammadiyah menyadari, baik Muhammadiyah atau NU merupakan ormas yang selalu bergandengantangan memajukan bangsa, termasuk di sektor pendidikan sehingga sikap saling menghormati dan menjaga marwah masing-masing senantiasa di rawat dan dijaga.
5.Terkait permasalahan di Kota Yogyakarta antara NU dan Muhammadiyah, saya sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah telah meminta pihak Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY untuk menjaga langkah toleransi dan menjaga hubungan silaturahmi dalam dakwah.

REFERENSI
https://twitter.com/HaedarNs/status/1235787760356622336
http://www.muhammadiyah.or.id/id/news-18558-detail-gambar-hoax-kembali-mencatut-haedar-amal-usaha-muhammadiyah-untuk-semua.html
https://news.detik.com/berita/d-4927933/beredar-meme-larang-warga-nu-sekolah-di-muhammadiyah-haedar-tegaskan-hoax?single=1
https://twitter.com/PPPemudaMu/status/1235083894333927424
https://twitter.com/caknanto/status/1234833528350629888
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4194028/cek-fakta-klarifikasi-imbauan-ketum-pemuda-muhammadiyah?source=search

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo