[SALAH] “Kabar Terkini, India di Landa Badai Tornado”

Periksa fakta dilakukan oleh Anissa Antania Hanjani

[SALAH] “Kabar Terkini, India di Landa Badai Tornado”

Video itu adalah rekaman badai tropis siklon Fani yang terjadi di India pada 3 Mei 2019, bukan Maret 2020.

=====

Kategori: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

=====

Sumber:

Facebook

Archive

https://web.archive.org/web/20200304072510/https://www.facebook.com/100211961468036/videos/218788832843384/

=====

Narasi:

Kabar Terkini… India di Landa Badai Tornado…. Azab ALLAH Sangat Nyata…

=====

Penjelasan:

Sebuah fanpage Facebook bernama Berita Aceh Terkini mengunggah video yang mengklaim peristiwa yang ditayangkan adalah berita terkini India yang terkena badai tornado. Per 4 Maret 2020, video tersebut sudah ditanyangkan sebanyak 1,9 juta kali, dibagikan sekitar 37 ribu kali, dan ditanggapi 21 ribu orang.

Berdasarkan hasil penelusuran, peristiwa yang terjadi di video tersebut bukan merupakan peristiwa terkini, melainkan telah terjadi pada 3 Mei 2019. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh media CNN yang menayangkan video serupa:

[…] See the strongest storm to hit India in 20 years

Tropical Cyclone Fani has already forced authorities to evacuate more than 1 million people as it touched down on India’s Odisha state.

Source: CNN […]

Terjemahan:

[…] Lihat bagaimana badai terkuat dalam 20 tahun terakhir menghantam India

Siklon tropis Fani telah memaksa pemerintah mengevakuasi lebih dari 1 juta orang setelah menghancurkan negara bagian Odisha, India. Sumber: CNN […]

Peristiwa tersebut juga diberitakan oleh media The Guardian sebagai berikut:

[…] Cyclone Fani: at least eight dead in India’s biggest storm in decades

One million people evacuated as 170km/h winds make landfall in eastern Odisha state

Cyclone Fari barrelled into Bangladesh on Saturday after leaving a trail of deadly destruction in India, passing through hundreds of densely populated, low-lying communities along the Bay of Bengal, one of the most vulnerable regions to flooding in the world.

Major roads in the capital of eastern India’s Odisha state were scattered with trees and power lines, and the roof was torn off the city’s main railway station, after on Friday it was hit by the most severe storm on the Indian subcontinent in two decades.

Almost all thatched-roof and mud houses across four districts in the state were destroyed by the cyclone, which made landfall at about 8am on Friday morning and began migrating north-west towards the city of Kolkata. […]

Terjemahan:

[…] Siklon Fani: Setidaknya 8 Orang Meninggal dalam Badai Terbesar India dalam Beberapa Dekade Terakhir

Satu juta orang dievakuasi setelah angin berkecepatan 170 km / jam menyebabkan longsor di bagian timur negara bagian Odisha.

Siklon Fani bergerak ke Bangladesh pada hari Sabtu setelah meninggalkan jejak kerusakan mematikan di India, melewati ratusan populasi padat, di tengah komunitas di dataran rendah sepanjang Teluk Bengal, salah satu dari daerah paling rawan banjir di dunia.

Jalan-jalan utama di ibukota negara bagian Odisha, India, dipenuhi pohon dan tiang listrik yang rubuh, dan atap-atap tersapu di stasiun kereta utama negara tersebut, setelah pada hari Jumat badai paling mematikan di India dalam dua dekade terakhir menghantam daerah tersebut.

Hampir semua atap jerami dan rumah lumpur dalam empat distrik di Odisha hancur akibat dihantam siklon, yang menyebabkan longsor pada sekitar jam 8 hari Jumat pagi dan bergerak menuju barat laut ke arah Kota Kolkata. […]

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa klaim di video tidak benar. Peristiwa dalam video tersebut bukan merupakan peristiwa terkini, melainkan terjadi pada 3 Mei 2019. Oleh karena itu, konten tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan/misleading content.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1126968107635723/

https://edition.cnn.com/videos/world/2019/05/03/india-tropical-cyclone-fani-landfall-ge-lon-orig.cnn

https://www.theguardian.com/world/2019/may/03/tropical-cyclone-fani-india-biggest-storm-in-decades-makes-landfall