[SALAH] Foto “Ka’bah sepi dari yang Thawaf karena Virus Corona”

Foto itu tidak terkait dengan isu kebijakan Arab Saudi soal virus Corona. Foto telah beredar di internet sejak September 2018 jauh sebelum wabah Virus Corona Covid-19 pertama kali dilaporkan pada akhir Desember 2019 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Arumi Falen Putri (fb.com/rmieajj) mengunggah sebuah foto dengan narasi:

“Astaghfirullah haladzhim.
Salah satu tanda kiamat adalah bila sudah tidak ada lagi yg Thawaf mengelilingi Ka’bah. Dulu kita mungkin pernah berpikir, “masa sih, Ka’bah sepi dari yang Thawaf.” Tapi kini, seiring waktu, kejadian demi kejadian, akhirnya kita bisa mengerti dan memahami, bahwa hanya dengan satu kasus saja yaitu: virus corona yang berasal dari Wuhan-China, pemerintah Arab Saudi menutup pintu masuk bandaranya untuk seluruh negara yang terinfeksi dengan virus corona, termasuk pada jamaah yang akan malaksanakan ibadah umroh.Pertanyaannya bagaimana jika kasus tersebut terjadi di sana? Apa yang akan terjadi, tentu tidak ada orang yang berani keluar rumah? Dan ahirnya mungkin tak ada yang Thawaf lagi, hal ini mebuktikan bahwa kiamat memang sudah dekat saudara2 ku, dan fenomena Allah akan mengangkat Al quran sehingga huruf huruf nya sudah tidak ada lagi yg bisa kita baca ..
karena itu mari kita bertaubat dan perbanyak
1. Istighfar dengan تبوا توبة نصوحا
2.Sholawat
3.Dzikrullah…
#copas
umi dinar tazkia.semoga masih di beri waktu untuk memperbaiki diri & bertobat.semoga Orang orang Islam selalu Allah jaga dari segala musibah”

Sumber : https://perma.cc/X4D2-YQEQ (Arsip) – Sudah dibagikan 698 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Tempo, faktanya foto itu tidak terkait dengan isu kebijakan Arab Saudi soal virus Corona. Foto telah beredar di internet sejak September 2018 jauh sebelum wabah Virus Corona Covid-19 pertama kali dilaporkan pada akhir Desember 2019 lalu.

Lewat penelusuran dengan reverse image tool TinEye, Tim CekFakta Tempo menempukan jejak digital dari foto yang diunggah oleh akun Arumi Falen Putri. Foto tersebut diunggah dalam tiga rentang waktu yang berbeda. Pertama, diunggah situs Olx.uz pada 30 September 2018. Kedua, diunggah situs yang sama pada 1 Oktober 2018. Dan ketiga, diunggah situs Instahats.com pada 5 April 2019.

Jejak digital foto tersebut juga ditemukan lewat penelusuran dengan reverse image tool Yandex maupun Google. Foto tersebut merupakan jepretan seorang fotografer yang bernama Emad Alhusayni. Foto itu dimuat di situs pribadinya, Emadphoto.com. Namun, di situs tersebut, tidak dicantumkan keterangan terkait foto itu.

Dengan demikian, foto tersebut bukan foto yang diambil setelah wabah virus Corona karena telah beredar di internet sejak September 2018. Virus Corona Covid-19 pertama kali dilaporkan pada akhir Desember 2019 lalu. Saat itu, pemerintah Arab Saudi belum memberlakukan kebijakan penghentian sementara penerimaan jamaah umrah.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/652/fakta-atau-hoaks-benarkah-kabah-sepi-dari-tawaf-usai-arab-saudi-bikin-kebijakan-soal-virus-corona
https://tineye.com/search/3bd8f80507fe57026e65dc4ec49d7fdca59123fa?page=1
http://www.emadphoto.com/makkah/gwik2frw0h6cgdqivf0unfj80hkflb

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo