[SALAH] “Dr Tompi jg pesen 20.000 box bu”

Beredar sebuah tangkapan layar yang menunjukkan percakapan terkait dengan pemesanan masker. Dalam percakapan tersebut, terlihat sebuah pesan dengan narasi bahwa Dr Tompi menjadi salah satu orang yang turut serta memesan masker. Menanggapi beredarnya tangkapan layar tersebut, Tompi pun mengklarifikasi melalui media sosial miliknya dengan menyatakan bahwa tidak benar jika dirinya memesan masker seperti halnya yang tertera dalam tangkapan layar.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

“Dr Tompi jg pesen 20.000 box bu”

===

PENJELASAN: Sebuah tangkapan layar yang menunjukkan isi percakapan di pesan berantai Whatsapp beredar. Dalam pesan tersebut, salah seorang pihak menyebut bahwa Dr Tompi turut serta menjadi pihak pemesan masker dengan jumlah yang luar biasa banyak yakni 20.000 ribu buah.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Tompi pun dengan sigap melakukan klarifikasi. Melalui akun media sosial Twitter miliknya, Tompi menyatakan bahwa tidak benar dirinya turut menjadi salah satu pemesan masker seperti halnya yang disampaikan dalam pesan tersebut.

“Beredar HOAX sy pesen 20rb box masker, buat apaaeeeee??? Mau bikin rumah dari masker!???” jelas Tompi.

Melansir dari Kompas.com, Tompi juga dengan tegas menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar alias hoaks.

“Wkkwwkwk itu hoaks,” ujar Tompi kepada Kompas.com.

Tak hanya mengklarifikasi perihal tangkapan layar yang mencatut namanya tersebut, Tompi juga meminta pemerintah menindak tegas para penimbun serta pedagang yang menjual masker dan juga hand sanitizer dengan harga tinggi. Ia juga berharap permasalahan yang terjadi di Indonesia menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo.

“Pemerintah harus menangkap dan menghukum tegad pedagang-pedagang bejat yang menjual masker/hand sanitizer dengan harga sesuka-suka jidatnya! Jangan telat melulu keluarin aturan! Mohon perhatiannya Pak @Jokowi,” kicau Tompi melalui akun Twitternya.

===

REFERENSI:

https://www.kompas.com/hype/read/2020/03/04/132708666/tompi-beredar-hoaks-saya-pesan-20000-masker-mau-bikin-rumah-masker
https://www.jpnn.com/news/waduh-tompi-jadi-korban-hoaks-soal-masker?page=2
https://www.brilio.net/selebritis/jawaban-tompi-jadi-korban-hoaks-borong-20000-boks-masker-200304t.html