[SALAH] Ledakan Dahsyat di Kota Wuhan Yang Disembunyikan Pemerintah China

Sebuah channel youtube bernama Coronavirus from wuhan mengupload sebuah video yang diklaim sebagai ledakan dahsyat di kota Wuhan yang informasinya disembunyikan pemerintah China. Fakatnya, video tersebut sudah beredar sejak tahun 2015 lalu, dan lokasi ledakan tersebut terjadi di kawasan industri timur laut Kota Tianjin China dan bukan di kota Wuhan serta tidak ada kaitannya dengan wabah virus corona saat ini.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

======

[NARASI]:

A powerful explosion occurred in Wuhan.The Chinese government is hiding this information.Coronavirus

(Sebuah ledakan dahsyat terjadi di Wuhan. Pemerintah Cina menyembunyikan informasi ini. Koronavirus)

======

Sebuah channel youtube bernama Coronavirus from wuhan mengupload sebuah video yang diklaim sebagai ledakan besar yang terjadi di kota Wuhan yang infromasinya disembunykan pemerintah China serta dikorelasikan dengan wabah virus corona.

Video yang diupload pada 8 februari 2020 oleh channel yotube tersebut hinggal kini telah ditonton sebanyak 938 kali.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan tools pencarian gambar, ditemukan video serupa yang diupload oleh channel youtube BBC News pada 14 agustus 2015 lalu yang berjudul “Tianjin explosion video captures fear of eyewitnesses – BBC News”. Rekaman tersebut diambil oleh seseorang bernama Dan Van Duren dari jendela tempat tinggalnya.

Selain itu, video ledakan tersebut juga terdapat pada artikel website euronews.com yang tayang pada 12 agustus 2015 dengan judul ” Video footage shows massive explosion in Tianjin, China”.

Dalam artikel euronews.com menyebutkan bahwa ledakan dahsyat terjadi di kawasan industri timur laut Kota Tianjin China.

Dua ledakan yang terjadi Rabu malam menewaskan sedikitnya 80 orang, termasuk puluhan petugas pemadam kebakaran. Sementara itu, sekitar 700 orang terluka, di mana 71 diantaranya menderita luka serius.

Ledakan bersumber dari sebuah gudang yang digunakan untuk menyimpan bahwan kimia beracun dan berbahaya. Beberapa diantara zat berbahaya di gudang tersebut yakni amonium nitrat, potassium nitrat, dan kalsium karbit.

Media negara Tiongkok melaporkan bahwa ledakan awal berasal dari material-material berbahaya yang tidak diketahui di kontainer-kontainer kapal di sebuah gudang penyimpanan yang dimiliki oleh Ruihai Logistics, sebuah firma yang mengkhususkan diri dalam menangani material-material berbahaya.

======

REFERENSI:

https://www.euronews.com/2015/08/12/video-footage-shows-massive-explosion-in-tianjian-china

https://id.wikipedia.org/wiki/Ledakan_Tianjin_2015

https://www.distancecalculator.net/