[SALAH] Cikarang Siaga 3 Virus Corona Karena Sudah 3 Orang Meninggal di Meikarta

Beredar sebuah informasi di facebook yang menyebut bahwa ada 3 orang meninggal dunia akibat virus corona di perusahaan Meikarta dan membuat Cikarang siaga 3. Setelah ditelusuri, memang ada satu orang TKA asal China yang meninggal di kawasan Meikarta namun bukan karena virus corona melainkan karena kecelakaan kerja.

======

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[NARASI]:

“Cikarang siaga 3 dengan virus Corona ada kabar untuk daerah Lippo sudah ada yg terserang viirus Corona 3 orang dan meninggal dunia namun kita belum nyelidiki ke TKP…dan himbauan untuk warga CIKARANG dan sekitarnya untuk hari ini dan seterusnya WAJIB MEMAKAI MASKER agar tidak terkena virus Corona….pusat virus Corona ada di sebuah perusahaan besar MEIKARTA, dan sampai saat ini pemerintah blm menindak tegas,, bahkan tdi pagi ada aksi dari para habib seBEKASI meminta pemerintah membasmi virus Corona di BEKASI

Jangan lupa di sheare ya kawan”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Pinggir Cikarang memposting sebuah informasi yang menyebutkan bahwa Cikarang siaga 3 virus corona dan sudah ada 3 korban meninggal di daerah Lippo tepatnya Meikarta.

Setelah ditelusuri, melansir dari akun instagram Humas Kabupaten Bekasi, menyebut bahwa informasi terkait CIkarang siaga 3 akibat virus corona adalah tidak benar alias hoaks.

Sehubungan telah beredarnya informasi “Siaga 3 Virus Corona” melalui media sosial Facebook. Dapat kami sampaikan, bahwa berita tersebut HOAX alias TIDAK BENAR!

Jika ada yang menerima pesan tersebut, dimohon untuk tidak meneruskan pesan tersebut. Dan dapat memberikan informasi yang sebenarnya.. tulis akun instagram huma_kab_bekasi.

Sementara itu, informasi yang menyebutkan bahwa adanya korban meninggal di Meikarta memang benar adanya tetapi bukan 3 orang melainkan satu orang Pekerja di proyek Meikarta asal China.

Dilansir dari Kompas.com, Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan memastikan penyebab kematian Yuan Haisheng (46) warga negara China di pintu B1 tower 153 lantai 11 Apartemen Meikarta Lippo Cikarang bukan karena virus corona.

“Bukan virus corona, ini indikasinya jatuh dari lift lantai 16 atau 17 ke lantai 11. Untuk sementara karena jatuh, kita sedang selidiki lebih dalam,” ujar Hendra saat dihubungi, Senin (10/2/2020).

Sebelumnya, Yuan warga negara China ditemukan meninggal dunia di pintu B1 tower 153 lantai 11 Apartemen Meikarta Lippo Cikarang, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, pada Jumat (7/2/2020) pukul 19.30 WIB.

Adapun Yuan adalah tenaga kerja asal China yang bekerja sebagai direktur supervisour di Apartemen Meikarta. Dia ditemukan meninggal setelah menghilang sejak Rabu (5/2/2020).

Kepolisian lalu menghubungi Kedubes China di Jakarta, guna mengonfirmasi ke pihak keluarga korban untuk melakukan visum. Hal ini untuk mengetahui penyebab pasti kematian korban.

“Namun karena korban adalah WNA, polisi harus meminta permohonan izin autopsinya dari keluarga korban di China. Sedangkan saat ini WNA China belum bisa masuk ke Indonesia, karena dari sana belum bisa keluar (travel bannned),” jelas Hendra.

======

REFERENSI:

https://bekasi.pikiran-rakyat.com/lokal-bekasi/pr-12341424/siaga-3-virus-corona-di-bekasi-hingga-meikarta-jadi-pusat-penyebarannya-pemkab-bekasi-angkat-bicara

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/02/10/09060301/wna-china-yang-meninggal-di-apartemen-meikarta-lippo-cikarang-dipastikan

https://www.liputan6.com/news/read/4174935/5-fakta-pria-asal-china-yang-tewas-membusuk-di-apartemen-meikarta