[SALAH] “Pengemudi ini mencoba ‘kabur’ dari pemeriksaan #CoronaVirusCamp”

Video sebelumnya sudah dipublikasikan pada tahun 2018. Dicurigai pengguna pelat nomor palsu, TIDAK TERKAIT dengan Virus Corona 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

* http://bit.ly/2UIYR3O / http://archive.md/JL4C7 (arsip cadangan) akun “Azzam M Izzulhaq” (twitter.com/AzzamIzzulhaq), sudah dibagikan 1.2 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

* Membagikan video dari akun “Arslan Hidayat” (twitter.com/arslan_hidayat), dibahas di: “[FALSE] “people trying to escape #China’s #CoronaCamps” Video” @ http://bit.ly/2Hi4UEM.

======

NARASI

“Pengemudi ini mencoba ‘kabur’ dari pemeriksaan #CoronaVirusCamp.

Demikianlah, setiap manusia sejatinya tidak nyaman selalu diperiksa. Apalagi kemudian diisolasi dalam kamp, apapun istilahnya.

Bayangkan saudara Muslim #Uyghur, yg sejak 2016 diperlakukan hal yg sama.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* SUMBER membagikan video insiden berusaha kaburnya pelaku yang dicurigai pengguna pelat nomor palsu dari kejaran polisi.

* Narasi SUMBER menimbulkan kesimpulan yang salah dari fakta insiden yang direkam di video.


(2) Salah satu artikel yang berkaitan, Yahoo! News Singapore: “Mobil yang melarikan diri menghancurkan gerbang selama pengejaran polisi

Newsflare 10 April 2018

Ini adalah momen dramatis sebuah mobil mendobrak gerbang saat pengejaran polisi di Tiongkok.

Dalam video tersebut, difilmkan di Nanning City di Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang selatan pada 10 April, sebuah BMW menabrak gerbang dan menyeretnya di sepanjang jalan.

Menurut laporan setempat, polisi berusaha menghentikan mobil karena diduga menggunakan plat palsu.

Untungnya, tidak ada yang terluka dalam insiden itu.”

Google Translate http://bit.ly/2OKXw8Z / http://archive.md/sKkyG (arsip cadangan), video di http://bit.ly/2SNuWFl / http://archive.md/PwBNo (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) newsflare: “Mobil yang melarikan diri menghancurkan gerbang selama pengejaran polisi

oleh China. Berita Baru”

Google Translate http://bit.ly/31L2GXL / http://archive.md/NiPIc (arsip cadangan), Video di http://bit.ly/2UGDQqt / http://archive.md/PwBNo (arsip cadangan).


(2) Kronologi penemuan wabah, Wikipedia: “1–18 Desember 2019

Pada tanggal 31 Desember 2019, sebuah konsorsium ahli medis China didakwa oleh CDC China dengan menyelidiki permulaan apa yang sekarang dikenal sebagai Wuhan Coronavirus. [216] Pada 24 Januari 2020, laporan mereka dipublikasikan di The Lancet. [217] Mereka mencatat dari ulasan mereka tentang catatan medis lokal bahwa pasien pertama yang kemudian didiagnosis dengan Coronavirus Wuhan pertama kali mengalami gejala pada 8 Desember 2019. Namun, konsorsium menemukan kasus sebelumnya dari seorang pasien yang pertama kali mengalami gejala pada 1 Desember 2019, menunjuk ke asal yang lebih awal. [218] Terlepas dari kasus awal ini, antara 8 hingga 18 Desember 2019, tujuh kasus yang kemudian didiagnosis dengan Wuhan Coronavirus didokumentasikan, dua di antaranya terkait dengan Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan, lima tidak. [219]”

Google Translate, selengkapnya di “Kronologi wabah” http://bit.ly/2H6iScN / http://archive.md/7zRhF (arsip cadangan).