[SALAH] Pasien Positif Corona Dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah di Pekanbaru

Melalui media sosial Facebook dan pesan berantai Whatsapp, disebutkan bahwa telah terinfeksi satu pasien dengan kondisi positif virus corona di Pekanbaru. Informasi tersebut sontak membuat masyarakat wilayah Pekanbaru resah. Namun informasi yang beredar dengan sigap dibantah oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, bahwa pesan viral tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK & PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Selamat malam teman2…Baru dapat info, virus corona telah masuk Pekanbaru, tepatnya di RS Eka Hospital…Informasi jelasnya, warga Indonesia yang baru pulang imlek dari cina, dia merasakan gejala yang sama dengan virus corona, lalu mengecek ke RS Eka Hospital, ternyata dia terkena virus tsbt. Untuk kita semua harap jaga kesehatan, lebih baik menghindari daripada terserang dan berujung penyesalan dikarenakan belum ada obat untuk virus ini, terimakasih

Tadi pasien kakak aku di eka hospital ternyata positif corona, langsung dia dirujuk ke RSUD. Udah positif ada di Pekanbaru. Iya, dia pulang imlek dr china

===

PENJELASAN: Sebuah tangkapan layar tersebar di media sosial Facebook dan juga pesan berantai Whatsapp mengenai adanya pasien terinfeksi virus corona di wilayah Pekanbaru, Riau. Dalam narasi yang beredar pada pesan, disebutkan bahwa ada seorang pasien yang positif terjangkit virus corona (cCorv) di Rumah Sakit Eka Hospital yang kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad.

Menanggapi informasi yang beredar, dengan cepat Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau pun angkat bicara. Melansir dari antaranews.com, Kepala Dinkes Provinsi Riau, Mimi Nazir menyatakan bahwa pesan viral yang menyebut bahwa seorang warga Riau telah positif terinfeksi virus corona adalah tidak benar alias hoaks.

“Ada WA yang sudah beredar kemana-mana terkait hal tersebut. saya bantu jawab ya, itu tidak benar,” jelas Mimi.

Mimi menambahkan bahwa dirinya telah mendapat laporan dari salah satu dokter yang bekerja di RSUD Eka Hospital. Yang menyatakan bahwa tidak ditemukan kasus yang sesuai dengan apa yang dituliskan pada pesan berantai tersebut.

Senada dengan Mimi, keterangan hoaks diperkuat dengan pernyataan yang diberikan oleh Direktur RSUD Arifin Achmad, Nuzelly MARS. Nuzelly menegaskan bahwa informasi tersbeut tidak benar. Nuzelly juga menjelaskan beberapa mekanisme yang telah diterapkan pihak bandara atau RS apabila terdapat seorang dengan ciri-ciri terduga terinfeksi corona.

“Agar pengelolaannya bisa ditata sejak awal dan sesuai standar yang sudah diisolasikan. Setelah pasien diobservasi di ruang isolasi, maka akan kami sampaikan rilis resminya untuk menghindari misinformasi,” jelas Nuzelly.

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/1275673/dinkes-hoaks-pesan-viral-di-pekanbaru-ditemukan-positif-corona
https://www.indozone.id/health/DNsxVR/pasien-positif-virus-corona-di-pekanbaru-merupakan-hoax/read-all
https://www.halloriau.com/read-pekanbaru-125171-2020-02-02-pasien-virus-corona-santer-disebutsebut-dirawat-di-rumah-sakit-pekanbaru-diskes-hoaks-.html
https://www.facebook.com/search/top/?q=positif%20corona%20di%20pekanbaru&epa=SEARCH_BOX