[SALAH] “Di makassar dirawat 1 pasien suspect corona virus”

Negatif dari Virus Corona, setelah diperiksa secara intensif ternyata menderita ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

Instagram story oleh akun “Hikmasalam Dkaizen” (per post ini disusun akun sudah tidak bisa diakses).

======

NARASI

“Sekedar info saja untuk kewaspadaan bersama. Di IC RSWS (makassar) sementara dirawat 1 pasien suspect corona virus. Rujukan dari Awal bros. Pasien baru pulang dari wuhan. Diharapkan memakai masker dan menggunakan tisu basah/mencuci tangan selalu”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

* SUMBER membagikan informasi salah yang sebelumnya sudah diklarifikasi.


(2) KOMPAS.com @ 26 Jan 2020: “Setelah pemeriksaan intensif berlangsung, tim dokter di RSUP Wahidin Makassar memastikan pasien itu tidak terjangkit virus mematikan tersebut.

“Memang kemarin sore ada pasien yang datang memeriksakan diri ke IGD karena khawatir, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan pasien tersebut hanya salah satu penyakit ISPA saja,” kata Direktur Utama RSUP Wahidin Makassar, Khalid Saleh, saat memberikan keterangan, Minggu (26/1/2020).”

Selengkapnya di “RSUP Wahidin Makassar Periksa Pasien yang Baru Pulang dari China, Hasilnya Negatif Virus Corona” http://bit.ly/2RO8ISM / http://archive.md/Ia8Mk (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) VIVAnews: “Rumah Sakit dr Wahidin Sudirohusodo di Makassar, Sulawesi Selatan, menepis kabar bahwa seorang pasiennya terjangkit virus corona.

Menurut Direktur Utama RS Wahidin, dr Khalid Saleh, setelah tim medis melakukan pemeriksaan, pasien yang dimaksud hanya menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).”

Selengkapnya di “Pasien di Makassar Diisukan Terjangkit Corona, Ternyata Cuma ISPA” http://bit.ly/2O47Poe / http://archive.md/kkpj0 (arsip cadangan).


(2) “AgaKarebaa Makassar” (twitter.com/agakarebaa):

* “Hati-hati. Informasi ini bohong. Pihak rumah sakit wahidin sudirohusodo makassar menyatakan tidak ada pasien terduga kena virus corona. Akun Hikmasalam Dkaizen ini menyebar kebohongan.” http://bit.ly/37zHTbF / http://archive.md/cPGhR (arsip cadangan).

* “Pihak rumah sakit sudah membantah dan penyebar info bohong itu sudah menutup akunnya. Kabar bohong ini sangat berbahaya karena bisa bikin panik satu rumah sakit.” http://bit.ly/2TYZ3vz / http://archive.md/4weSS (arsip cadangan).


(3) http://bit.ly/2RybzjY, laporan (mention) ke akun MAFINDO (twitter.com/turnbackhoax).