[SALAH] Video “cacing datang di kaleng”

Video yang dibagikan adalah proses mengeluarkan larva yang berasal dari Lalat botfly, BUKAN dari kaleng.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Pesan berantai WhatsApp.

======

NARASI

“Jangan minum langsung dari kaleng bir, soda, jus dan lain-lain terutama minuman manis, hindari dan gunakan cangkir. Spesies cacing ini datang sangat kecil di kaleng, menempel di bibir Anda dan menggali ke dalam kulit Anda dan berkembang menjadi apa yang Anda lihat. diperingatkan”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* SUMBER membagikan video proses mengeluarkan larva yang berasal dari Lalat botfly.

* SUMBER menambahkan narasi yang salah sehingga menimbulkan kesimpulan yang tidak sesuai dengan fakta video yang dibagikan.


(2) Beberapa artikel yang berkaitan,

* Queensland Museum: “Dermatobia hominis

(foto)
The Human Bot fly ( Dermatobia hominis ) adalah salah satu dari ratusan parasit yang menyerang manusia.

Lalat Manusia Bot, juga dikenal sebagai torsalo atau berne, terjadi di Amerika Tengah dan Selatan (untungnya bagi kita di Australia).

Kadang-kadang ada kasus turis yang kembali ke Australia dengan luka yang terangkat di tubuh mereka (seringkali pada lengan atau kaki) yang tidak sembuh. Ini bisa disebabkan oleh adanya ‘belatung’ atau larva lalat Bot yang tumbuh tepat di bawah kulit.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/3aGW40N / http://archive.md/O0J2s (arsip cadangan).

* NCBI: “Dermatobia hominis , botfly, berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tuan rumah biasanya adalah mamalia, seringkali kuda atau sapi. Myiasis furuncular kulit, infestasi manusia oleh botfly, jarang dilaporkan. Gejala infestasi termasuk lesi furunkularis yang terasa nyeri secara lokal, seringkali dengan pori yang terletak di pusat. Karena jarang terjadi, lesi ini sering salah didiagnosis sebagai selulitis, leishmaniasis, furunculosis, bisul stafilokokus, gigitan serangga atau kista sebasea – kondisi dengan presentasi serupa. Kasus saat ini menegaskan perlunya memikirkan ‘zebra’ ketika mendengar ‘ketukan kuku’ yang mungkin berasal dari tanah yang berbeda.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/30XMKRD / http://archive.md/7bb6e (arsip cadangan).


(3) Sumber lain yang membagikan, YouTube: “ULAT DALAM BIBIR | PUAS HATI DAPAT TARIK KELUAR | Berne Worm on Lip

34,207 views • Oct 26, 2019

jedi

Kredit Leo Reis – Para o pessoal da cidade que não sabe o que é BERNE…

Berne worm
Bot fly
Dermatobia hominis
Mango worm
Benih lalat, telur lalat
Ulat dalam badan manusia”.

Video di http://bit.ly/3aN84Og / http://archive.md/fEXZp (arsip cadangan), PERINGATAN: untuk yang merasa jijik disarankan JANGAN menonton.

======

REFERENSI

(1) Intisari-Online.com: “Lalat parasit botfly dapat bertelur parasit yang menginfeksi hewan berdarah panas, termasuk manusia.

Bayi larva akan tinggal di dalam tubuh inang sampai cukup matang untuk keluar dari daging inangnya guna melanjutkan hidupnya.”

Selengkapnya di “Temui ‘Alien’ di Kehidupan Nyata, Parasit yang Bisa Menembus Kulit Manusia Ini” http://bit.ly/30Vu1Gq / http://archive.md/gP6NJ.


(2) Sumber lain yang menayangkan proses mengeluarkan beberapa larva, YouTube: “Removing botfly larvae from under human skin

1,812,150 views • Jul 31, 2018

Travel Extra
4.73K subscribers

The botfly is one of the few species who incubates its larvae on humans. Associated with Belize, the number of cases each year is insignificant and the operation to remove them not as serious as it might appear.”

Video di http://bit.ly/37uzDKg / http://archive.md/VODi8 (arsip cadangan), PERINGATAN: untuk yang merasa jijik disarankan JANGAN menonton.