[SALAH] Obama Mencalonkan Diri Sebagai Presiden Kenya Tahun 2021

Periksa fakta dibuat oleh Anisa Antania Hanjani

Artikel tersebut bukan pemberitaan yang sesungguhnya, melainkan satire atau parodi. Laman worldnewsdailyreport.com merupakan portal satire.

====

Kategori: Satire/Parodi

===

Sumber:

Artikel asli

https://worldnewsdailyreport.com/barack-obama-announces-in…/

Archive

http://archive.md/Ftm4s

====

Narasi:

Sebuah artikel dari worlddailynewsreport.com berjudul ‘Barack Obama Announces Intention to Run as President of Kenya in 2021’ berisikan informasi yang menyebutkan Barack Obama telah mengonfirmasi keinginannya untuk maju dalam pilpres Kenya pada tahun 2021. Dalam artikel tersebut, disebutkan Obama percaya diri dapat mengatasi permasalahan di Kenya sebagaimana yang dia lakukan dulu saat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Dalam artikel tersebut disebutkan pula Obama mengumumkan bahwa dia telah membentuk partai sendiri, National Democratic Party of Kenya (NDP) dan mengonfirmasi keinginannya untuk melakukan negosiasi untuk membentuk koalisi.

===

Penjelasan:

Berdasarkan hasil penelusuran diketahui bahwa artikel terbitan World News Daily Report mengenai pencalonan Obama merupakan sebuah satire. Hal tersebut diketahui dari bagian disclaimer dalam penjelasan About Us situs tersebut. Berdasarkan disclaimer tersebut, tulisan di laman tersebut hanya untuk hiburan dan lelucon.

[…] WNDR assumes however all responsibility for the satirical nature of its articles and for the fictional nature of their content. All characters appearing in the articles in this website – even those based on real people – are entirely fictional and any resemblance between them and any persons, living, dead, or undead is purely a miracle. […]

Terjemahan:

[…] WNDR bertanggung jawab atas segala isi satire yang terdapat dalam artikel-artikelnya dan untuk sifat fiksi yang terdapat dalam konten. Semua karakter yang muncul dalam artikel di situs ini, meski berdasarkan karakter sungguhan, adalah fiksi dan kesamaan antara karakter tersebut dengan semua orang, baik hidup maupun tidak, adalah murni sebuah keajaiban. […]

Selain itu, jika menggunakan Google Reverse Image, gambar yang ditampilkan dalam artikel tersebut merupakan dokumentasi dari sebuah pemberitaan yang pernah terbit sebelumnya. Gambar tersebut muncul dalam pemberitaan UPI News yang berjudul Obama to Visit Kenya in July for First Time as President, terbit pada 31 Maret 2015.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa konten tersebut dibuat untuk hiburan dan lelucon. Foto yang digunakan juga diambil dari pemberitaan peristiwa yang telah lama terjadi. Oleh karena itu, artikel tersebut termasuk dalam kategori Satire/Parodi.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1095265420805992/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/gNQ0QPaK-mantan-presiden-amerika-serikat-obama-ingin-maju-di-pilpres-kenya-2021

https://www.upi.com/Top_News/US/2015/03/30/Obama-to-visit-Kenya-in-July-for-first-time-as-president/3551427728882/