[SALAH] Warga Israel Ikut Gugat Anies Baswedan Akibat Banjir

Sebuah akun Facebook bernama @DedeCahyadi membagikan tangkapan layar artikel dengan logo tempo.co yang berjudul “Pemilik Mobil Yang Terseret Banjir di Kota Ashkelon Israel, Masuk ke Dalam Penggugat Anies”. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, tangkapan layar yang dibagikan oleh akun Facebook @DedeCahyadi dengan logo milik tempo.co adalah tidak sesuai dengan artikel asli atau telah melalui proses penyuntingan.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Narasi judul di tangkapan layar: “Pemilik Mobil Yang Terseret Banjir di Kota Ashkelon Israel, Masuk ke Dalam Penggugat Anies”.

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook bernama @DedeCahyadi membagikan tangkapan layar artikel dengan logo tempo.co yang berjudul “Pemilik Mobil Yang Terseret Banjir di Kota Ashkelon Israel, Masuk ke Dalam Penggugat Anies”. Jika melihat dari tangkapan layar yang diunggah akun @DedeCahyadi, tertera bahwa artikel tersebut diterbitkan oleh tempo.co pada Sabtu, 11 Januari 2020 pukul 09:18 wib..

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, tangkapan layar yang dibagikan oleh akun Facebook @DedeCahyadi dengan logo milik tempo.co adalah tidak sesuai dengan artikel asli atau telah melalui proses penyuntingan. Melihat dari indeks pemberitaan milik tempo.co pada Sabtu, 11 Januari 2020 pukul 09:18 berita yang diterbitkan berjudul “Pemilik Mobil BMW Terseret Banjir Masuk Daftar Penggugat Anies”.

Hasil dari tangkapan layar artikel @DedeCahyadi yang menggunakan logo tempo.co tersebut sudah melalui proses penyuntingan. Pasalnya tempo.co tidak pernah mengeluarkan atau menerbitkan artikel dengan judul “Pemilik Mobil Yang Terseret Banjir di Kota Ashkelon Israel, Masuk ke Dalam Penggugat Anies” seperti halnya yang diunggah oleh @DedeCahyadi. Sementara untuk foto yang digunakan dalam tangkapan layar akun @DedeCahyadi belakangan diketahui adalah foto yang diambil oleh Amir Cohen dari Reuters. Foto tersebut dapat dilihat dari artikel yang diunggah oleh liputan6.com dalam artikel yang berjudul “Hujan Sejam, Banjir Rendam Israel” yang diterbitkan pada 10 November 2015.

Jika melihat kepada unggahan @DedeCahyadi, hasil dari tangkapan layar artikel yang menggunakan logo tempo.co tersebut sudah melalui proses penyuntingan atau mengacu kepada manipulated content atau konten yang sudah dimanipulasi.

===

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmX594N-cek-fakta-warga-israel-ikut-gugat-anies-baswedan-karena-banjir
https://www.tempo.co/indeks/2020/01/11
https://metro.tempo.co/read/1293782/pemilik-mobil-bmw-terseret-banjir-masuk-daftar-penggugat-anies
https://www.liputan6.com/photo/read/2361696/hujan-sejam-banjir-rendam-israel?page=4
https://www.facebook.com/search/top/?q=dede%20cahyadi&epa=SEARCH_BOX
https://web.archive.org/web/*/https://www.facebook.com/search/top/?q=dede%20cahyadi&epa=SEARCH_BOX