[SALAH] “KORLAP FPI : BANJIR DI JAKARTA ADALAH AIR MATA MALAIKAT YANG JATUH, SEBAB MALAIKAT TERHARU PADA ALUMNI 212 YANG SERING SHOLAT MASSAL DI MONAS.”

Judul artikel suntingan. Pada tahun 2017, CNN Indonesia melalui akun twitternya sudah pernah menyampaikan bantahannya secara resmi. CNN Indonesia menyatakan pihaknya tidak pernah menayangkan berita tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun Zulfadli Pabundu (fb.com/zulfadli.pabundu) mengunggah sebuah gambar dengan narasi :

“Kajian yang sangat ilimiah dan mengharukan….ckckckck”

Dalam tangkapan layar itu terlihat judul artikel “KORLAP FPI : BANJIR DI JAKARTA ADALAH AIR MATA MALAIKAT YANG JATUH, SEBAB MALAIKAT TERHARU PADA ALUMNI 212 YANG SERING SHOLAT MASSAL DI MONAS.” yang seolah dimuat di situs CNN Indonesia dengan nama reporter Bowie Haryanto.

Sumber : https://perma.cc/N4UF-4RR3 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Sebenarnya, pada tahun 2017 CNN Indonesia melalui akun twitternya (twitter.com/cnnindonesia) sudah pernah menyampaikan bantahannya secara resmi. CNN Indonesia menyatakan pihaknya tidak pernah menayangkan berita tersebut.

Mereka tidak pernah mempublikasikan berita atau pernyataan FPI soal banjir Jakarta seperti yang tercantum dalam gambar itu.

“Kami menyesalkan pembuatan dan peredaran berita tersebut karena bisa menimbulkan persepso negatif pada media kami, narasumber, dan pihak lain yang disebutkan dalam berita palsu itu. Untuk itu kami tengah berkonsultasi dengan tim legal kami terkait langkah-langkah selanjutnya,” kata Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com, Yoko Sari, kala itu.

Pencarian dengan menggunakan nama reporter Bowie Haryanto sendiri juga tidak memunculkan artikel berita yang terkait dengan FPI ataupun banjir Jakarta.

Gambar tangkapan hasil suntingan ini kembali beredar di tahun 2020 tak lama setelah banjir yang terjadi di DKI Jakarta pada awal Januari 2020 ini.

REFERENSI
https://twitter.com/cnnindonesia/status/940544039740305408
https://www.cnnindonesia.com/search/?query=bowie+haryanto
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNP43GXN-cek-fakta-banjir-di-jakarta-adalah-air-mata-malaikat-yang-terharu

About Adi Syafitrah 468 Articles
noob, nerd,