[SALAH] Video Reaksi Trump Saat Mendengar Suara Takbir

Konten tersebut menggunakan video Trump saat dia hampir diserang dalam kampanye presiden di Ohio pada Maret 2016. Video yang diunggah dalam cuitan tersebut sudah diedit, sehingga terjadi manipulasi terhadap video yang asli, sehingga klaim yang diunggah dalam cuitan tersebut tidak terbukti. Konten tersebut termasuk ke dalam Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Pernah muncul pada September 2018.

Pemeriksa fakta: Annisa Antania Hanjani.

=====

Kategori: Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi

=====

Sumber:

* Twitter

Archive: http://archive.md/0zpm6

* Facebook

Archive: http://archive.md/8ywFz

=====

Narasi:

“Ketika SETAN mendengar kalimat TAKBIR! #IranVSAmerica “

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah cuitan dari akun @aprizal1 yang berbunyi, “Ketika SETAN mendengar kalimat TAKBIR! #IranVSAmerica“ dengan menyertakan sebuah video berdurasi 25 detik yang memperlihatkan seolah-olah Donald Trump marah setelah terdengar suara takbir dari arah belakangnya. Per 9 Januari 2019 pukul 19.13 cuitan tersebut sudah mendapat retweet sebanyak 662 kali dan like sekitar 1.800.

Berdasarkan hasil penelusuran, video yang diunggah dalam cuitan tersebut sudah diedit. Video yang asli pertama kali diunggah pada 14 Maret 2016. Peristiwa yang terjadi saat itu adalah percobaan penyerangan terhadap Donald Trump dalam kampanye presiden di Ohio oleh salah satu pemrotesnya.

Berikut transkrip video asli yang diambil dari Fox News:

“[…] the president. I guess I have to do it myself. I know it’s tough […] (yelling from behind)”.

Terjemahan:

“[…] presiden. Saya rasa saya harus melakukannya sendiri. Saya tahu itu merupakan tugas yang berat […] (suara teriakan dari belakang)”

Dalam video asli yang ditampilkan oleh Fox News, tidak terdengar suara takbir seperti yang diklaim di dalam cuitan tersebut. Suara yang terdengar dalam video asli merupakan suara orang-orang yang terkejut atas tindakan pemrotes yang mencoba menyerang Donald Trump dari belakang.

Selain Fox News, video mengenai penyerangan tersebut juga dapat dilihat dari channel Associated Press di YouTube dengan judul Raw: Man Charges Stage During Trump Ohio Rally. Video tersebut direkam dari sudut pandang penonton kampanye Trump di bagian depan, sehingga pelaku penyerangan tertangkap oleh kamera.

Berita mengenai penyerangan tersebut juga dipublikasikan oleh beberapa media daring. Salah satunya adalah The Guardian yang memberitakan dengan judul Donald Trump Rushed on Stage by Protester at Ohio Rally – Video. Berikut kutipan berita tersebut:

[…] A Donald Trump protester on Saturday jumped a barrier and attempted to rush the candidate on stage at a rally in Dayton, Ohio. The man reached the edge of the stage before being tackled by secret service officers. Trump, who looked flustered, took a moment to regain his composure before thanking the crowd for warning him about the incident. […]

Terjemahan:

[…] Seorang pemrotes Donald Trump pada hari Sabtu melompati pembatas dan mencoba untuk menyerang kandidat tersebut di panggung dalam sebuah kampanye di Dayton, Ohio. Pria tersebut sempat mencapai ujung panggung sebelum dicegah oleh pengawal rahasia. Trump, yang tampak bingung, terdiam sebentar untuk menenangkan diri sebelum berterima kasih kepada kerumunan yang memberikan peringatan untuknya dalam insiden tersebut. […]

Selain itu, konten termasuk Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Sebab, konten semacam itu sempat muncul pada September 2018 dan sudah pernah diperiksa faktanya.

Berdasarkan hasil pencarian fakta, klaim yang diunggah dalam cuitan tersebut tidak terbukti. Video yang diunggah dalam cuitan tersebut sudah diedit, sehingga terjadi manipulasi terhadap video yang asli. Oleh karena itu, cuitan tersebut dikategorikan dalam Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://www.theguardian.com/us-news/video/2016/mar/14/donald-trump-protester-stage-ohio-rally-video