[SALAH] “ditemukan mayat anak SDN Pademangan Barat 11 di Kemayoran”

Pelintiran daur ulang, sudah diklarifikasi pada tahun 2018. Selain itu, foto yang digunakan adalah foto kasus yang sudah diungkap.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

Pesan berantai WhatsApp.

======

NARASI

“Telah ditemukan mayat seorang anak SDN Pademangan Barat 11 kelas satu pada pukul 22.00 di Kemayoran,,, dgn kondisi yang mengenaskan yaitu anggota organ tubuh bagian dalamnya telah diambil dan dijual oleh pelaku Untuk para rekan guru untuk lebih waspada terhadap anak anak didiknya,,,”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

* SUMBER membagikan pelintiran daur ulang yang sebelumnya sudah diklarifikasi pada tahun 2018.

* SUMBER menambahkan foto dari kasus yang sudah diungkap dan pelaku sudah divonis.


(2) Mengenai foto-foto yang dibagikan:

* Tentang tangkapan layar narasi “ditemukan mayat anak SDN Pademangan Barat 11 di Kemayoran”, turnbackhoax.id @ 26 Okt 2018: [SALAH] Penemuan Mayat Seorang Anak Kelas Satu SDN Pademangan Barat 11 Kemayoran.

Selengkapnya di post sebelumnya di http://bit.ly/303Cln4.

* Salah satu sumber foto, Riauandalas.com: “Sadis Anak SD Di Bunuh, Perut Terbelah Usus Keluar”.

Selengkapnya di http://bit.ly/37VWiPr / http://archive.md/7HNbe (arsip cadangan), artikel mengenai pengungkapan kasus cek (1) bagian REFERENSI.

* Tentang selebaran “Waspada Penculikan Anak”, turnbackhoax.id @ 29 Okt 2018: [SALAH] Selebaran “Waspada Penculikan Anak” Berlogo Polda Jabar.

Selengkapnya di post sebelumnya di http://bit.ly/2R0DwiZ.

======

REFERENSI

(1) Kabar Riau: “Terdakwa Pembunuhan di Rohil Divonis 15 Tahun, Keluarga Korban : Maafkan Dia Pak Hakim”, selengkapnya di http://bit.ly/37Nl7Na / http://archive.md/qm2wP (arsip cadangan).


(2) Mengenai selebaran “Waspada Penculikan Anak”:

* detikNews: “Selebaran Berlogo Polda Jabar soal Waspada Penculik Anak”, selengkapnya di http://bit.ly/2RkiGJT / http://archive.md/tciuy (arsip cadangan).

* BANJARMASINPOST.CO.ID: “Penyebar Brosur Penculikan Dipanggil Polisi, Mengejutkan Ternyata Orang Ini Pelakunya”, selengkapnya di http://bit.ly/2R0XHNQ / http://archive.md/QrzOa (arsip cadangan).