[KLARIFIKASI] Akun Facebook Bernama “Kang Rijanto” Bukan Milik Bupati Blitar

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Blitar, Eko Susanto menyatakan akun Facebook bernama “Kang Rijanto” dengan foto Bupati Blitar adalah akun palsu. Dan Pemkab Blitar sudah memberikan klarifikasi melalui media sosial, yang juga ditayangkan oleh media daring.

“Pagi tadi anak-anak kominfo nge-share di grup. Kemudian kami konfirmasi ke ajudan dan humas. Ternyata fixed akun palsu,” ujar Kepala Dinas Kominfo Pemkab Blitar, Eko, Sabtu (28/12/2019).

========

KATEGORI: Klarifikasi

========

SUMBER: Media Daring dan Media Sosial

========

NARASI:
“Pagi tadi anak-anak kominfo nge-share di grup. Kemudian kami konfirmasi ke ajudan dan humas. Ternyata fixed akun palsu,” ujar Kepala Dinas Kominfo Pemkab Blitar, Eko Susanto, Sabtu (28/12/2019).

=======

PENJELASAN:

Terdapat akun media sosial Facebook dengan nama Kang Rijanto dengan foto profil Bupati Blitar 2016 – 2021 yakni Drs. H. Rijanto, MM.

Menanggapi adanya akun tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar pun menyampaikan klarifikasinya melalui media sosial Instagram, Facebook maupun media daring.

Melalui akun Instagram @pemkab_blitar, menyatakan akun Facebook dengan nama “Kang Rijanto” bukan milik Bupati Blitar atau akun palsu. Dan berikut narasi lengkap unggahan di Instagram.

“Akun Fake Bupati Blitar

Selamat siang warga Blitar
Sempat beredar akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Blitar dengan nama akun facebook ‘Kang Rijanto’, hingga saat ini sudah dilaporkan ke Polres Blitar dan Polres Blitar Kota untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk itu, kepada seluruh warga Blitar maupun sekitarnya diharapkan lebih berhati-hati dan waspada kepada akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Blitar maupun jajaran pimpinan Pemerintah Kabupaten Blitar.

Pemkab Blitar telah bertindak dengan melaporkan ke pihak kepolisian, mengirim ke Kominfo pusat dan Provinsi, membuat pemberitahuan ke publik agar berhati-hati serta menginformasikan ke media online dan elektornik,” unggah akun Instagram @pemkab_blitar, Jumat, (27/12/2019).

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Blitar, Eko Susanto pun menyatakan, rilis ini dikeluarkan setelah melalui proses kroscek dengan berbagai pihak.

“Pagi tadi anak-anak kominfo nge-share di grup. Kemudian kami konfirmasi ke ajudan dan humas. Ternyata fixed akun palsu,” jawab Eko, Sabtu (28/12/2019).

Sementara pada media sosial Facebook Blitarkab Pemerintah, juga dilakukan klarifikasi yang isinya sama seperti akun Instagram @pemkab_blitar.

Diketahui akun Facebook “Kang Rijanto” pun kini sudah tidak dapat ditemui atau telah dihapus.

=======

REFERENSI:
1. https://www.instagram.com/p/B6kCJ3ShYqr/?utm_source=ig_web_copy_link
2.https://web.facebook.com/PemerintahKabupetanBlitar/posts/833816670372325
3.https://faktualnews.co/2019/12/28/foto-bupati-blitar-dipakai-akun-palsu-facebook-pemkab-lapor-polisi/184308/
4. https://jatim.sindonews.com/read/18550/1/foto-bupati-dipakai-akun-facebook-pemkab-blitar-lapor-polisi-1577463133

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1076562009343000/