[SALAH] Video “Terjadi Tsunami Malam Tahun Baru 31 Desember 2019 Seluruh Indonesia”

Video ini tidak terkait dengan prediksi tsunami pada malam tahun baru 2020. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa informasi perihal gempa dan tsunami yang akan terjadi di akhir tahun ini hoaks.
.
Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================= Kategori : Konten yang Menyesatkan =============================================

Akun Richard Arther Philip Moorrees (fb.com/richardarther.philipmoorrees) membagikan tautan video berjudul “Terjadi Tsunami Malam Tahun Baru 31 Desember 2019 Seluruh Indonesia” yang berasal dari kanal youtube Yosep Ambarita dengan narasi:

“Semogaa Tuhan lindungi ktong samuaa”

Sumber : https://perma.cc/QYE2-RSHQ (Arsip) – Sudah dibagikan 294 kali saat tangkapan layar diambil.
Sumber video : https://perma.cc/MJH2-J2UC (Arsip) – Sudah ditonton 1.220.580 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Dikutip dari laman Kompas.com, Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa informasi perihal gempa dan tsunami yang akan terjadi di akhir tahun ini hoaks. Dwikorita meminta masyarakat untuk selalu memantau informasi dari sumber resmi untuk mengantisipasi persebaran hoaks tersebut.

“Hoaks yang saat ini sudah beredar itu soal kejadian tsunami dan gempa bumi yang akan terjadi di akhir tahun,” kata Dwikorita pada 30 Desember 2019. “Jadi, yang kami mohon adalah, setiap menerima berita apapun, soal gempa dan tsunami, cek saja di BMKG. Kalau enggak ada di info BMKG, artinya itu bohong.”

Berdasarkan penelusuran Tempo, siaran berita dari iNews yang mengawali video tersebut ditayangkan pada 6 Maret 2018. Berita itu berisi himbauan dari BMKG kepada masyarakat DKI Jakarta untuk mempersiapkan mitigasi bencana dalam menghadapi potensi gempa yang berkekuatan hingga 8,7 Skala Richter.

Himbauan dari BMKG itu merupakan respons terhadap isu yang beredar kala itu bahwa akan terjadi gempa besar di Jakarta serta Pulau Jawa. Namun, menurut berita tersebut, BMKG menyatakan bahwa gempa yang bersumber dari zona Sunda Megathrust tersebut belum bisa diprediksi kapan dan berapa kekuatannya.

Dengan belum adanya teknologi yang bisa memprediksi gempa dan tsunami, cara terbaik yang bisa dilakukan dalam menghadapi potensi gempa adalah menyiapkan mitigasi. BMKG memberikan contoh bahwa masyarakat Kobe, Jepang, yang banyak selamat dari gempa pada 1995 karena memiliki mitigasi bencana yang baik.

Sementara itu, video bencana alam dalam video unggahan akun Richard Arther Philip Moorrees, yakni yang terlihat sejak menit 2:38 hingga akhir, diambil dari sejumlah adegan di film Deep Impact pada 1998. Cuplikan video tersebut memotong bagian film pada menit 1:43:28. Potongan video ini tidak terkait dengan prediksi tsunami pada malam tahun baru 2020.

Berdasarkan pemeriksaan fakta di atas, informasi bahwa akan terjadi tsunami di seluruh Indonesia pada malam tahun baru 2020 adalah informasi yang keliru. Video yang digunakan untuk menyebarkan informasi itu merupakan gabungan video yang tidak relevan dikaitkan dengan prediksi tsunami pada malam tahun baru 2020. Hingga kini pun, belum ada teknologi yang bisa memprediksi gempa dan tsunami.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/537/fakta-atau-hoaks-benarkah-tsunami-akan-melanda-indonesia-pada-malam-tahun-baru-2020
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4030198/cek-fakta-hoaks-video-gempa-malam-tahun-baru-31-desember-2019
https://www.youtube.com/watch?v=SKmLAW1pn3g
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/12/30/16432701/beredar-hoaks-tsunami-dan-gempa-dahsyat-akhir-tahun-bmkg-cek-sumber-resmi
https://tekno.tempo.co/read/1288502/akan-ada-tsunami-di-akhir-tahun-kepala-bmkg-hoaks
https://tekno.tempo.co/read/1066768/belajar-dari-kobe-ini-tips-hadapi-gempa-megathrust

About Adi Syafitrah 880 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo