[SALAH] Video “Penyiksaan oleh komunis terhadap muslim Uighur”

Tidak ada hubungannya dengan isu Uighur saat ini. Video tersebut adalah bagian dari proses pelatihan perekrutan unit komando pasukan elit Malaysia, Grup Gerak Khas (GGK). Sebelumnya pada tahun 2017, video seperti ini beredar dengan klaim penyiksaan terhadap muslim Burma.
.
Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Rachmat Hidayat (fb.com/100040283832729) mengunggah sebuah video ke grup MUSLIM INDONESIA BERSATU (fb.com/groups/353058595164115) dengan narasi “Komunis bangzadddd”.

Dalam rekaman video terlihat puluhan pria dewasa ditempatkan dalam kerangkeng kayu dalam air. Terdapat juga tulisan #SAVEUYGHUR, #IndonesiaStandsWithUyghur, dan #WESTANDWITHUYGHUR.

Sumber : https://perma.cc/QFG3-VYNZ (Arsip) – Sudah dibagikan 3.163 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, video yang diunggah oleh sumber klaim nyatanya tidak ada kaitannya sama sekali dengan isu Uighur yang memang sedang viral belakangan ini.

Peristiwa yang terjadi dalam video itu adalah bagian dari proses pelatihan perekrutan unit komando pasukan elit Malaysia, Grup Gerak Khas (GGK). Salah sumber asli dari video ini adalah kanal youtube Khai Eyol yang mengunggah video tersebut dengan judul “Basic komando” , video ini diunggah pada 7 Dessember 2016.

Video lebih panjang terkait proses latihan komando pasukan elit GGK ini diunggah oleh kanal youtube Documentary HD pada 26 Juli 2015 dengan judul “Malaysia GGK Commando Documentary – World’s Special Forces Documentary – Documentary HD”. Di dalam video ini dijelaskan, hukum kurungan di dalam air itu diberikan kepada pasukan itu akibat kesalahan yang mereka perbuat dalam proses latihan.

Dalam rekaman video itu, di menit ke 33:56, Kopral (Corporal) Zahariman bin Mohamad mengatakan bahwa mereka dihukum karena melakukan kesalahan besar yaitu tidak menjalankan tugas dengan benar. Mereka diperintahkan untuk mengumpulkan 1 kg makanan, namun yang dibawa hanya lima atau enam potong makanan, itu kesalahan fatal dan mereka harus dipenjara.

Pasukan Grup Gerak Khusus atau biasa disebut GGK merupakan pasukan khusus dari Angkatan Darat Malaysia yang ditugaskan melakukan misi operasi khusus yang dimiliki pemerintah Malaysia. GGK melakukan misi tindakan langsung, perang non-konvensional, sabotase, anti-terorisme, dan pengumpulan intelijen.

Anggota resimen GGK dilatih oleh unit pasukan khusus asing dari Inggris, Selandia Baru, Indonesia, Australia dan Amerika Serikat, untuk menambah basis pengetahuan strategi militer. Untuk masuk dalam GGK tidak mudah dan harus melalui proses panjang dan mengikuti pelatihan yang sangat keras seperti layaknya pasukan khusus yang dimiliki semua negara.

Seleksi masuk pasukan khusus GGK Angkatan Darat Malaysia berjalan selama 12 minggu, tentunya dengan proses yang sangat keras.

Sebelumnya, pada tahun 2017 video yang sama pernah beredar dan diklaim sebagai bentuk penyiksaan yang dilakukan oleh umat Budha Arakan terhadap muslim.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=nRVZ0uswXss
https://www.youtube.com/watch?v=xhmrfaiiKlw
https://en.wikipedia.org/wiki/Grup_Gerak_Khas
https://perma.cc/MTW7-FYAV (Arsip tweet yang mengklaim video ini sebagai penyiksaan yang dilakukan oleh umat Budha Arakan terhadap muslim)

About Adi Syafitrah 563 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo