[SALAH] “Tentara Malaysia Siap Diterjunkan Ke Palestina”

Foto dengan narasi/klaim tidak nyambung. Foto yang muncul di thumbnail adalah tentara Filipina, dan foto tentara Malaysia yang ditampilkan menggunakan foto yang sudah beredar sebelumnya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Koneksi yang salah.

======

SUMBER

* http://bit.ly/350r1sB post ke grup “Fans Ustadz Abdul Somad, Nissa Sabyan & Ustadz Adi Hidayat” (facebook.com/groups/2055297701449246) oleh akun “Nursyamsi Sony Widiansyah” (facebook.com/nursyamsi.widiansyah), sudah dibagikan 1,778 kali per tangkapan layar dibuat.

* Membagikan video dari YouTube di https://youtu.be/N4CdcRzxEf4, konten oleh kanal “Jalan Terang” (youtube.com/channel/UC6lcgHJ16y6uAqdOsd-Pe4w).

======

NARASI

“Demi Lindungi Al-Aqsa…Tentara Malaysia Siap Diterjunkan Ke Palestina”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Koneksi yang Salah

Ketika judul, gambar, atau keterangan tidak mendukung konten”.

* SUMBER membagikan video dengan narasi/klaim tentara Malaysia yang siap diterjunkan ke Palestina.

* Video yang dibagikan menggunakan foto-foto yang tidak ada hubungannya dengan narasi/klaim yang disebutkan di dalam video.


(2) Salah satu sumber foto yang muncul di thumbnail, THE STRAITS TIMES: “Komando terlatih AS di Filipina membunuh 10 militan yang terkait dengan Al-Qaeda: Tentara”

Deskripsi foto: “Prajurit komando Filipina berpawai di pangkalan udara Clark di Angeles City, Filipina pada 21 Desember. FOTO: EPA”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2rAy3qt / http://archive.md/v9ODs (arsip cadangan).


(3) Salah satu sumber foto yang muncul di video sekitar 0:12, Getty Images: “Hari Kemerdekaan Malaysia ke-56 | Kuantan 6

[KONTEN YANG TIDAK DIVERIFIKASI] tentara, kemerdekaan, Agustus 2013, malaysia, tentara, tentera, perang, kuantan, pahang”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/363sCiE / http://archive.md/H9fuv (arsip cadangan).

* Konten tidak terverifikasi oleh Getty Images, tetapi berdasarkan kronologi muncul lebih dulu sebelum video (publikasi foto: 2013, publikasi video: 2017).

======

REFERENSI

* http://archive.md/3SaCO, arsip cadangan SUMBER.