[SALAH] Video “Terjadi Bunuh Diri Di Podomoro City Deli Park Medan”

Bukan di Medan. Peristiwa di video tersebut terjadi di Galaxy Mall, Surabaya. Bukan Podomoro City Deli Park, Medan, Sumatera Utara. Peristiwa itu terjadi pada 3 Desember 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun InfoEsia.com mengunggah sebuah video dengan narasi :

“Terjadi Bunuh Diri Di Podomoro City Deli Park Medan

Medan, InfoEsia.com – Baru Beberapa Hari Setelah Pembukaan , Sudah Ada Makan Satu Korban Bunuh Diri Di Podomoro Deli City Medan , Sumatera Utara”

Sumber : https://perma.cc/BJG8-PPXF (Arsip) – Sudah dibagikan 3 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Saat ditelusuri, aksi bunuh diri itu terjadi di Galaxy Mall, Surabaya. Jawa Pos menemukan video serupa diunggah lebih dulu oleh kanal YouTube adabkini.com pada 3 Desember 2019. Judulnya, Seorang Pria Tewas Terjun Bebas dari Lantai 4 Galaxy Mall Surabaya.

Keterangan kanal itu menjelaskan, korban yang meninggal bernama Edwin Lewanto. Pria 38 tahun tersebut tak lagi bernyawa setelah meloncat dari lantai 4 ke lantai dasar Galaxy Mall. Berdasar keterangan istrinya, korban mengalami depresi.

Peristiwa bunuh diri itu juga diberitakan banyak media arus utama. Salah satunya radarsurabaya.jawapos.com. Judulnya, Diduga Depresi, Warga Dharmahusada Loncat dari Lantai 4 Galaxy Mall.

Berita yang terbit pada 4 Desember 2019 itu menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi Selasa, 3 Desember 2019, pukul 21.34. Kapolsek Mulyorejo Kompol Enny P. Rustam menjelaskan, saat ditemukan, korban sudah tewas dengan tangan patah karena terbentur lantai dasar mal.

Enny menambahkan, polisi sudah meminta keterangan keluarga untuk mencari tahu penyebab Edwin bunuh diri. Dugaan sementara, korban bunuh diri karena depresi. ”Dalam dua bulan ini memang agak lebih parah dari biasanya,” ungkapnya.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/11/12/2019/peristiwa-di-surabaya-jadi-hoax-di-medan/
https://www.youtube.com/watch?v=_mfz-AtG3Sc
https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/12/04/168733/diduga-depresi-warga-dharmahusada-loncat-dari-lantai-4-galaxy-mall

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo