[SALAH] Nata De Coco Terbuat Dari Plastik dan Berbahaya Untuk Anak-Anak

Melalui pesan berantai Whatsapp, beredar sebuah video yang di dalamnya terdapat seorang perempuan yang tengah memberi penjelasan mengenai nata de coco yang ia beli mengandung atau terbuat dari plastik. Ramainya video tersebut akhirnya membuat sejumlah pihak angkat bicara untuk meluruskan informasi yang disebutkan di dalam video. Dalam narasi disebutkan bahwa nata de coco berbahaya apabila dikonsumsi oleh anak-anak. Kenyataannya nata de coco adalah makanan kaya serat yang justru baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP dan MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Jangan beli minuman seperti nata de coco ini.

Bahayanya seperti plastic TDK larut dalam perut

===

PENJELASAN: Ramai melalui pesan berantai Whatsapp, video yang di dalamnya terdapat informasi seputar nata de coco yang terbuat dari plastik. Video tersebut juga dibarengi dengan narasi yang menyebutkan bahwa produk nata de coco berbahaya untuk dikonsumsi anak-anak lantaran mengandung bahan plastik.

Menanggapi adanya informasi yang dirasa tidak sesuai dengan fakta, sejumlah pihak pun akhirnya angkat bicara untuk meluruskan kabar tersebut. Yakni Gabungan Pengusaha Nata De Coco Indonesia (GAPNI) melalui media sosial Facebook dengan tegas membantah pernyataan tersebut. pihak GAPNI pun secara gambling memberi penjelasan seputar komposisi dan manfaat nata de coco.

Melansir dari Lipi.go.id, Puslit Bioteknologi-LIPI turut menjelaskan bahwa nata de coco merupakan selulosa murni produk kegiatan mikroba Acetobacter xylinum yang dibuat dari air kelapa dan dikonsumsi sebagai makanan berserat yang menyehatkan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi nata de coco secara rutin justru baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, khususnya bagi mereka yang jarang mengkonsumsi atau tidak menyukai sayur-sayuran.

Melansir dari kompas.com, Badan POM melalui situs resminya menjelaskan bahwa nata de coco merupakan makanan yang terbuat dari bahan baku air kelapa. Dalam kategori pangan, masuk ked alam kelompok bahan baku berbasis buah. Dalam proses pembuatan, nata de coco yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis, sehingga menjadikan pangan ini mengandung serat tinggi yang tentunya baik untuk tubuh.

===

REFERENSI:

http://www.biotek.lipi.go.id/index.php/produk-jasa/produk/31-nata
http://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/2631/
https://www.hitekno.com/sains/2019/12/08/160000/cek-fakta-heboh-video-nata-de-coco-mengandung-plastik-benarkah
https://sains.kompas.com/read/2019/12/08/190400123/viral-nata-de-coco-mengandung-plastik-ini-kata-badan-pom

Jgn beli minuman seperti nata de Coco ini .Bahannya seperti plastik TDK larut dalam perut

Posted by Isvandi Nurmansyah on Wednesday, November 20, 2019