[SALAH] “FPI Bukan Mengancam Kedaulatan NKRI Justru Yg Menunggangi NU itu yang harus Di Bersihkan MENHAN PRABOWO SUBIANTO”

Pernyatan itu bukan berasal dari Prabowo Subianto. Tidak ditemukan bukti kuat yang meyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pernyataan seperti itu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten Palsu
=============================================

Akun Yusuf Al Maligi (fb.com/gea.siregar.90) mengunggah sebuah gambar dengan narasi :
“Benar banget Jendral”
Di gambar yang menampilkan foto Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, juga terdapat narasi “FPI Bukan Mengancam Kedaulatan NKRI Justru Yg Menunggangi NU itu yang harus Di Bersihkan MENHAN PRABOWO SUBIANTO”

Sumber : https://perma.cc/JY6R-C6LN (Arsip) – Sudah dibagikan 405 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh Tim Cek Fakta Medcom.id, tidak ditemukan bukti kuat yang meyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pernyataan seperti klaim yang diunggah oleh akun sumber.

Dari hasil penelusuran, pernyataan Prabowo sebagai menteri pertahanan mulai dari hari pertama serah terima jabatan hingga saat ini tidak pernah menyinggung kata “FPI”. Prabowo terpantau hanya sempat mengucapkan kata “NKRI” pada saat sertijab,Kamis 24 Oktober 2019.

Dilansir dari Republika, Prabowo mengucapkan kata “NKRI” dalam konteks akan melanjutkan program-program menhan terdahulu, Ryamizard Ryacudu. Tak berhubungan dengan diksi “FPI”.

“Saya akan melanjutkan program mantan Menhan Ryamizard dengan kerja keras, memperkuat TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI,” kata Prabowo dalam sambutannya saat Sertijab Menhan, di Kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Dalam acara Kenal Pamit Kementerian Pertahanan, Menhan Prabowo Subianto menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang diterimanya dengan upacara kebesaran. Prabowo mengatakan dirinya dan Ryamizard Ryacudu sudah saling kenal satu sama lain cukup lama.

“Saya mengenal Pak Ryamizard itu sudah puluhan tahun,” katanya.

Prabowo bercerita kalau dulu dia dan Ryamizard sama-sama di taruna ABRI. Mereka ditempa bersama sehingga saling kenal satu sama lain. Ketua Umum Partai Gerindra ini menyebut Ryamizard semangatnya juga besar.

“Kita dulu taruna bersama-sama di Lembah Tidar. Digembleng sama-sama. Saya kenal beliau, semangatnya tidak jauh dengan saya,” ucapnya.

Prabowo menyebut Ryamizard sangat nasionalis. Semangatnya sangat merah putih. Bahkan Prabowo mengatakan kalau hati Ryamizard di belah keluar merah putih karena sangat nasionalisnya.

“Sangat Merah Putih. Sampai dikatakan kalau Pak Ryamizard hatinya dibelah, yang keluar Merah Putih,” kata Prabowo.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXGxWDk-prabowo-sebut-fpi-bukan-ancaman-nkri-ini-faktanya
https://nasional.republika.co.id/berita/pzvwqq409/prabowo-tegaskan-akan-perkuat-tni-untuk-menjaga-nkri

About Adi Syafitrah 443 Articles
noob, nerd,