[SALAH] Restoran Sederhana Ulang Tahun Ke-15 Membagikan Makanan Gratis

Pesan berantai yang menyertai alamat url melalui Whatsapp bukan berasal dari manajemen Rumah Makan (RM) Padang Sederhana. Pihak RM Padang Sederhana sudah memberikan klarifikasi melalui laman resminya.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Whatsapp

Sumber Url dalam Pesan Berantai:

https://isgivingawayfreestuff.com/id/sederhana/?go=go&source=share

Archive Sumber Url dalam Pesan Berantai:

https://archive.md/ngtwF

=====

Narasi:

Restoran Sederhana sedang merayakan ulang tahun ke-15 di Indonesia dan untuk waktu yang terbatas, kami akan membagikan makanan gratis di salah satu restoran kami! Saya sudah menerima undangan untuk makan gratis!

https://sharen.win?s=sederhana

=====

Penjelasan:

Beredar melalui Whatsapp pesan yang berisikan informasi Restoran Sederhana tengah merayakan ulang tahun ke-15. Untuk merayakan ulang tahun itu, pihak restoran membagikan makanan gratis. Dalam pesan tersebut disertakan alamat url yang ketika dibuka akan mengarahkan pada sebuah survei disertai logo restoran tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan tersebut bukan berasal dari manajemen Rumah Makan (RM) Padang Sederhana. Pihak manajemen melalui laman resminya sudah memberikan bantahannya.

Dalam laman resminya, yakni restoransederhana.id, manajemen menegaskan bahwa undangan makan gratis tersebut dibuat oleh pihak yang tak bertanggung jawab. “Terkait adanya berita atau posting di media sosial (pesan WhatsApp) mengenai undangan makan gratis, maka dengan ini diumumkan bahwa berita atau postingan tersebut tidak benar dan telah dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jakarta, 27 Nopember 2019,” tulis pihak manajemen.

Atas bantahan resmi itu, maka dapat disimpulkan bahwa informasi dalam pesan berantai itu tidak benar dan bukan berasal dari pihak manajemen RM Padang Sederhana. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1041920022807199/

https://jateng.tribunnews.com/2019/11/28/pernyataan-resmi-rm-sederhana-masakan-padang-terkait-hoaks-makan-gratis-beredar-di-whatsapp-wa?page=all