[KLARIFIKASI] Foto Ahok Berseragam Pertamina

Faktanya, foto Ahok berseragam Pertamina adalah hasil olah digital atau editan. diketahui, foto tersebut merupakan hasil edit oleh akun instagram @aganharahap pada Selasa (19/11/2019). Dikutip dari Kompas.com, Selasa (19/11/2019), Agan Harahap mengakui bahwa foto tersebut merupakan foto editan. Menurutnya, keterangan foto yang ia cantumkan dalam unggahan tersebut adalah sebuah bentuk sarkasme. Agan mengatakan, editan foto tersebut berkaitan dengan isu Ahok ditempatkan di Pertamina.

======

[KATEGORI]: KLARIFIKASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[NARASI]:

”Baru dapet foto ini dari salah satu grup WhatsApp dengan kalimat: Sumber A1: Beliau tadi siang baru fitting seragam baru. INFO VALID!”

======

[PENJELASAN]:

Belum lama ini, beredar di media sosial foto Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal Ahok memakai baju petugas SPBU Pertamina.

Foto tersebut berasal dari akun Instagram @aganharahap pada Selasa (19/11/2019). Dalam keterangan foto itu, disebutkan bahwa pengunggah mendapatkan foto tersebut dari salah satu grup WhatsApp dengan kalimat: Sumber A1: Beliau tadi siang baru fitting seragam. INFO VALID!

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (19/11/2019), Agan Harahap mengakui bahwa foto tersebut merupakan foto editan.

“Foto editan (yang dilakukan oleh Agan). Itu caption-nya cuma ngikutin postingan-postingan orang yang suka share di grup-grup WhatsApp atau Facebook” kata Agan kepada Kompas.com.

Menurutnya, keterangan foto yang ia cantumkan dalam unggahan tersebut adalah sebuah bentuk sarkasme.

Agan mengatakan, editan foto tersebut berkaitan dengan isu Ahok ditempatkan di Pertamina. apa yang ia lakukan selama ini adalah sebagai respons atas kecenderungan warganet Indonesia dalam media sosial.

“Apa yang saya lakukan selama ini adalah merespons social behaviour kita dalam hidup bermedsos,” tutupnya.

Diketahui, Agan Harahap beberapa kali telah melakukan editing foto terhadap beberapa tokoh politik Indonesia.

Sebelumnya ia juga pernah mengedit foto Ahok berada di antara dua wanita. Foto itu kemudian tersebar luas dan disalahgunakan dengan mengaitkan isu penutupan Alexis.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/…/viral-foto-ahok-berseragam-petugas….

https://www.hitekno.com/…/waspada-hoaks-foto-ahok-pakai-ser…