[SALAH] Mahfud MD: Jika Tidak Ada Yang Jemput Guru Saya, Biar Saya Saja Yang Jemput HRS

Artikel suntingan. Pembuat artikel mengambil artikel dari media arus utama lalu disunting dengan menambahkan pernyataan yang tidak berdasar. Versi artikel asli tidak ditemukan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut klaim tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Beredar artikel berjudul “Mahfud MD: Jika Tidak Ada Yang Jemput Guru Saya, Biar Saya Saja Yang Jemput HRS” yang berasal dari situs tribunind[dot]blogspot.com.

Berikut isi lengkap artikel tersebut :

“Ketua DPR, Puan Maharani, berencana akan menghubungi Menko Polhukam Mahfud MD untuk membahas soal pencekalan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab. Mahfud mengaku siap untuk berbicara dengan Puan soal tersebut.

“Nanti saya akan bicara,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11). Mahfud juga menanggapi soal Puan yang menyebutnya akrab dengan Rizieq.

“Ya kenal lah (Habib Rizieq),” itu guru saya, kalau gak ada yang mau jemput biar saya saja yang jemput ujar Mahfud.

Sebelumnya, Puan mengatakan belum mendapatkan informasi mengenai pencekalan Rizieq. Puan juga enggan menanggapi lebih jauh soal klaim pencekalan Rizieq.

“Nanti saya coba tanya Pak Mahfud, saya telpon-telponan deh sama Pak Mahfud, saya lihat. Pak Mahfud-kan seharusnya akrab sama Rizieq Syihab. Jadi ya kita lihat saya belum terima info tentang hal itu,” kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11).”

Sumber : https://perma.cc/2BHU-S2SB (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Setelah dilakukan penelusuran, artikel yang menyebut Menko Polhukam Mahfud akan menjemput Rizieq Shuhab merupakan hasil editan. Artikel itu berasal dari situs berita Jitunews.com berjudul “Disebut Akrab dengan Habib Rizieq, Ini Kata Mahfud MD” tayang pada 12 November 2019.

Berikut secara lengkap artikel asli dari Jitunews.com:

Ketua DPR, Puan Maharani, berencana akan menghubungi Menko Polhukam Mahfud MD untuk membahas soal pencekalan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab.

Mahfud mengaku siap untuk berbicara denagn Puan soal tersebut.

“Nanti saya akan bicara,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Mahfud juga menanggapi soal Puan yang menyebutnya akrab dengan Rizieq.

“Ya kenal lah (Habib Rizieq),” ujar Mahfud.

Sebelumnya, Puan mengatakan belum mendapatkan informasi mengenai pencekalan Rizieq. Puan juga enggan menanggapi lebih jauh soal klaim pencekalan Rizieq.

“Nanti saya coba tanya Pak Mahfud, saya telpon-telponan deh sama Pak Mahfud, saya lihat. Pak Mahfud-kan seharusnya akrab sama Rizieq Syihab. Jadi ya kita lihat saya belum terima info tentang hal itu,” kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11).

Dalam artikel asli, tidak ditemukan perkataan dari Mahfud yang menyebut dirinya akan menjemput Rizieq Shihab. Artike hasil editan menambahkan kalimat “itu guru saya, kalau gak ada yang mau jemput biar saya saja yang jemput ujar Mahfud”.

Situs tribunind[dot]blogspot.com ini adalah situs yang seringkali memuat artikel hasil suntingan dan sudah sering dilaporkan sebagai situs penyebar informasi palsu.


REFERENSI :
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Wb7LwD0k-mahfud-md-akan-jemput-rizieq-shihab-ke-arab-saudi-ini-faktanya
https://www.jitunews.com/read/110545/disebut-akrab-dengan-habib-rizieq-ini-kata-mahfud-md
https://turnbackhoax.id/?s=tribunind

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo