[SALAH] Video Berjudul “inalilahiwainairojiun telah meninggal dunia bpk wiranto selamat jln bpk wiranto”

Sebuah akun Youtube bernama reino barack official mengunggah ulang satu video yang merupakan tayangan dari salah satu Stasiun TV yakni TV One. Tayangan tersebut diunggah ulang namun diberikan judul yang tidak sesuai dengan isi berita yang disampaikan oleh pembawa acara. Jika melihat dari akun Youtube resmi tvOneNews, video tersebut diunggah dengan judul “MENCEKAM! Detik-Detik Menko Polhukam Wiranto Diserang Pria Tak Dikenal”. Namun di akun Youtbe reino barcak official, video tersebut diberi judul “inalilahiwainairojiun telah meninggal bpk wiranto selamat jln bpk wiranto”.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONNECTION (Konten Berbeda Dengan Judul)

===

SUMBER: SITUS WEB BERBAGI VIDEO (YOUTUBE)

===

NARASI:

inalilahiwainairojiun telah meninggal dunia bpk wiranto selamat jln bpk wiranto

===

PENJELASAN:

Sebuah akun Youtube bernama reino barack official mengunggah ulang satu video yang merupakan tayangan dari salah satu Stasiun TV yakni TV One. Hingga saat ini, video yang diunggah pada 10 Oktober itu telah disaksikan oleh 38 ribu akun pengguna Youtube lain dan mendapatkan 39 komentar.

Jika melihat video asli yang diunggah oleh akun Youtube resmi milik Tv One yakni tvOneNews, yang diberi judul “MENCEKAM! Detik-Detik Menko Polhukam Wiranto Diserang Pria Tak Dikenal”, jelas video berdurasi 11 menit 22 detik tersebut memang memperlihatkan kejadian detik-detik penyerangan terhadap Menko Polhukam, Wiranto.

Namun akun Youtube reino barack official justru memberi judul “inalilahiwainairojiun telah meninggal dunia bpk wiranto selamat jln bpk wiranto” pada video tersebut. Yang jika disaksikan kembali, isi dari video merupakan tayangan yang sama dengan apa yang diunggah oleh akun Youtube resmi tvOneNews.

===

KESIMPULAN:

Judul dari video “inalilahiwainairojiun telah meninggal dunia bpk wiranto selamat jln bpk wiranto” tidak sesuai dengan isi video yang sesungguhnya. Selain judulnya yang tidak sesuai dengan apa yang sebelumnya diunggah oleh pemilik video yakni akun Youtube tvOneNews, judul tersebut juga tidak sesuai dengan fakta. Lantaran tidak menggambarkan kondisi Menko Polhukam Wiranto yang saat ini dalam kondisi stabil dan sadar di RSPAD.

===

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4083988/cek-fakta-video-berjudul-telah-meninggal-dunia-bapak-wiranto-adalah-hoaks
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/11/16304931/hingga-pagi-tadi-kondisi-wiranto-masih-lemah