[SALAH] Buaya Seret Mayat Manusia Di Serpong Tangerang Selatan

Channel youtube bernama Alesha Channel membagikan sebuah video yang menunjukkan seekor buaya memangsa manusia dan menyeretnya kedalam air. video tersebut diberi judul “Buaya Makan Orang di Serpong Tangsel”. FAKTANYA, video tersebut adalah kejadian yang terjadi di Buton, Sulawesi Tenggara. Kisah tragis pada video viral itu terjadi pada 12 April 2019 silam.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]: YOUTUBE

https://www.youtube.com/watch?v=QD5SDqCTExo

======

[NARASI]:

“Buaya makan orang di Serpong BSD tangsel”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah video yang menunjukkan seekor buaya di sungai menelan kaki manusia, beredar viral di media sosial. channel youtube bernama Alisha Channel menyebut bahwa kejadian tersebut berada di Serpong, Tangerang Selatan.

Dalam rekaman berdurasi 25 detik itu terlihat buaya yang membawa jasad manusia. Tulisan ‘Kecamatan Serpong’ terlihat di layar.

Dilansir dari detik.com, Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdi Irawan memastikan bahwa informasi di video viral itu adalah berita bohong alias hoax.

“Hoax,” kata Ferdi saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (10/10/2019).

Setelah ditelusuri, kejadian tragis di video itu berlokasi di Buton, Sulawesi Tenggara. Adapun, kejadian itu terjadi pada 12 April 2019 lalu. Korban bernama Darlin Uti, diserang buaya saat memperbaiki pipa bawah air di dekat rumahnya.

Video tersebut direkam oleh warga yang sedang berada di pinggir sungai. Dalam rekaman video tersebut, tampak seekor buaya berenang dengan tenang.

Klaim yang menyebut penampakan buaya membawa jasad manusia, dalam video yang viral berada di Serpong BSD, sama sekali tak didukung bukti.

Hasil penelusuran foto menggunakan Google Reverse Images menunjukkan, kejadiannya di Sulawesi Tenggara, bukan di Serpong BSD maupun Pangandaran.

======

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-4741632/viral-video-buaya-seret-mayat-manusia-di-serpong-dipastikan-hoax

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4084047/cek-fakta-viral-video-buaya-makan-orang-di-serpong-bsd-ini-faktanya

https://www.solopos.com/video-viral-buaya-makan-orang-di-serpong-hoaks-ini-kata-polisi-1024288

https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/05/14/warga-heboh-ada-buaya-makan-manusia-ternyata-bukan-di-pangandaran