[SALAH] “Berhubung kagak pake Jilbab… Sumpahnya pake papan penggilesan aje…”

Foto unggahan akun Facebook Sukimin Boneng atau @ sukimin.boneng yang menampilkan papan cucian di atas kepala Puan Maharani yang mengenakan baju berwarna merah adalah hasil suntingan atau editan.Foto aslinya adalah foto saat Puan Maharani diambil sumpahnya sebagai Ketua DPR yang baru pada 1 Oktober 2019 kemarin. Foto aslinya adalah hasil karya Jurnalis Tempo, M Taufan Rengganis.
=====
KATEGORI: Misleading Content
=====
SUMBER: Media Sosial Facebook
=====
NARASI:
“Berhubung kaga pake Jilbab…Sumpahnye pake papan penggilesan aje…,” unggah akun Facebook Sukimin Boneng atau @ sukimin.boneng, Minggu (6/10).
=====
PENJELASAN:

Akun Facebook Sukimin Boneng atau @sukimin.boneng mengunggah foto Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) 2014 – 2019, Puan Maharani. Pada foto tersebut tampak di atas kepala Puan yang mengenakan baju berwarna merah terdapat papan cucian dengan posisi seperti sedang mengambil sumpah.Dalam postingannya, akun @sukimin.boneng menambahkan narasi sebagi berikut.“Berhubung kaga pake Jilbab…Sumpahnye pake papan penggilesan aje…,” unggah akun Facebook Sukimin Boneng atau @ sukimin.boneng, Minggu (6/10).Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, foto yang diunggah akun @sukimin.boneng adalah foto editan ketika Puan diambil sumpahnya saat dilantik menjadi Ketua DPR pada 1 Oktober 2019 kemarin.Foto tersebut tayang dalam berita tempo.co bertajuk “Pidato Perdana Mirip Jokowi, Puan Maharani: Kami Tidak Antikritik” yang tayang pada Rabu 2 Oktober 2019. Pada foto Puan ini tampak yang ada di atas kepala Puan adalah Al Quran.Diketahui foto Puan yang sedang diambil sumpahnya sebagai Ketua DPR adalah karya dari Jurnalis Tempo, M Taufan Rengganis.
=====
REFERENSI:
1.https://archive.fo/EjY49

2.https://web.facebook.com/sukimin.boneng/posts/551008645656408

3.https://nasional.tempo.co/read/1254843/pidato-perdana-mirip-jokowi-puan-maharani-kami-tidak-antikritik

4. https://foto.tempo.co/read/75410/senyum-sumringah-puan-maharani-saat-jadi-ketua-dpr#foto-4

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/995018207497381/