[SALAH] 600 Orang Terjangkit Difteri, Dinkes Imunisasi Masal Desember Mendatang

Kembali beredar informasi mengenai 600 orang terjangkit virus difteri. Pesan tersebut sebelumnya sudah pernah beredar, namun kini kembali dimunculkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Guna memberi penjelasan kepada masyarakat, pihak terkait yang namanya turut dicantumkan dalam narasi tersebut yakni Dinas Kesehatan DKI akhirnya angkat bicara. Dijelaskan bahwa narasi yang terdapat dalam pesan tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Dki Jakarta, Jabar. Ada 600 yang kena. RS penuh dg kondisi anak2 Difteri. 38 sdh meninggal. Jadi memang kejadian luarbiasa. Dinkes DKI Jakarta mengadakan imunisasi masal sd 11 Des. Usia 1 sd 19 tahun

Hati2 jgn jajan yg pk cabe bubuk, Jgn jajan pk cabe kering seperti cabe di tahu bulat, otak2, dsb. pokoknya jgn pake cabe bumbu kering. Karena penuh penyakit dr kencing tikus, kasusnya byk yg meninggal karena penyakit difteri…

*PERHATIAN*
Utk kita2 yg keluarga atau putra putrinya suka mengkonsumsi jajanan dg menggunakan bumbu tabur (terutama yg mengandung cabe kering) spt… cilok, tahu crispy, singkong goreng atau yg lain, monggo dievaluasi kembali.
Knp? Di pabrik cabe tabur, tampak bahan cabe kering ditimbun di gudang tak peduli dijadikan sarang tikus.
Tentu saja KENCING TIKUS akan tercecer disana dan membahayakan.
Mari kita jaga keluarga kita.

*Gejala Difteri*
Difteri umumnya memiliki masa inkubasi atau rentang waktu sejak bakteri masuk ke tubuh sampai gejala muncul 2 hingga 5 hari. Gejala-gejala dari penyakit ini meliputi:
• Terbentuknya lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel.
• Demam dan menggigil.
• Sakit tenggorokan dan suara serak.
• Sulit bernapas atau napas yang cepat.
• Pembengkakan kelenjar limfe pada leher.
• Lemas dan lelah.
• Pilek. Awalnya cair, tapi lama-kelamaan menjadi kental dan terkadang bercampur darah.
DIHIMBAU UTK HATI2 saat ini DIFTERI sudah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), jadi kalau tidak terpaksa betul, jangan jajan diluar ya. Tolong disampaikan pada semua keluarga dekat.
Penularan melalui droplet spt dari ludah , batuk, dll kaya penularan TBC. Jadi hindari tempat2 keramaian seperti tempat2 rekreasi dll ini khusus warga Jakarta, Jawa barat dan sekitarnya.

Info : Dinkes DKI Jakarta.

===

PENJELASAN: Masyarakat dibuat heboh dengan beredarnya informasi melalui pesan berantai Whatsapp mengenai kejadian luar biasa yakni 600 orang terjangkit penyakit difteri. Dalam pesan yang beredar, disebutkan bahwa dari 600 orang yang terjangkit difteri, 38 diantaranya meninggal dunia. Si pembuat narasi juga menyebut, akibat dari kejadian tersebut Dinkes DKI akan melakukan imunisasi masal pada 11 Desember mendatang dengan Usia 1 hingga 19 tahun.

Menanggapi informasi tersebut, Dinkes DKI dengan cepat buka suara. Melalui media sosial Instagram resmi milik Dinkes DKI @DinkesDKI, ditegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks. Berikut pernyataan yang diterbitkan oleh Dinkes DKI:

INFORMASI HOAKS
.
Jika Bapak/Ibu menerima informasi seperti di atas, Kami pastikan informasi tersebut hoaks dan tidak berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

===

REFERENSI:

https://poskotanews.com/2019/10/06/ratusan-orang-dikabarkan-kena-difteri-dinkes-dki-kabar-hoaks/