[KLARIFIKASI] BEM FEB UI: Mahasiswa Dalam Foto Tidak Merusak Fasilitas Umum

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (BEM FEB UI) memberikan klarifikasi atas foto mahasiswa beralmamater FEB UI yang dikatakan merusak fasilitas umum saat demonstrasi. Melalui akun Instagramnya (@bemfebui), BEM FEB UI menyatakan bahwa mahasiswa dalam foto tersebut tidak merusak fasilitas umum dan tidak terlibat dalam aksi demonstrasi pada tanggal 30 September 2019. Adapun, menurut klarifikasi BEM FEB UI, mahasiswa dalam foto tersebut telah memberikan keterangan bahwa mereka sedang meminggirkan papan tanda tersebut dari tengah jalan pada tanggal 24 September 2019.

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Sumber: Media Sosial Facebook dan Twitter

Heran katanya mahasiswa kok bangga merusak fasilitas umum 🙁

Posted by Ryan Boedi on Monday, 30 September 2019

Mahasiswa UI bangga merusak fasilitas umum

Posted by Pediarto Adiwibowo on Monday, 30 September 2019

Ini mahasiswa UI?Bangga selfie dng rambu lalin yg (di) rusak?Saya sebagai alumni malu berat.Perlu diadakan penataran P4 1000 jam buat mereka.

Posted by Eko Jatmiko Utomo on Monday, 30 September 2019

Archive:

https://archive.fo/0V7Cz

https://archive.fo/IBqh4

https://archive.fo/sNfQW

https://archive.fo/bvdw8

=====

Narasi:

1) Heran katanya mahasiswa kok bangga merusak fasilitas umum

2) Mahasiswa UI bangga merusak fasilitas umum

3) Ini mahasiswa UI?

Bangga selfie dng rambu lalin yg (di) rusak?

Saya sebagai alumni malu berat.

Perlu diadakan penataran P4 1000 jam buat mereka.

4) Ini kah wajah Intelektual yg namanya Mahasiswa …lebih senang merusak dari pada diskusi 😡

=====

Isi Klarifikasi Lengkap:

Beredar foto yang memperlihatkan sejumlah mahasiswa dengan almamater berlogo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) tengah memegang marka jalan yang rusak. Dalam sejumlah postingan, foto itu disertai narasi yang menyebutkan bahwa mahasiswa dalam foto merusak marka jalan yang tengah dipegangnya.

Menanggapi hal tersebut, pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB UI telah mengeluarkan klarifikasinya. Melalui akun Instagramnya (@bemfebui) BEM FEB UI menyatakan bahwa mahasiswa dalam foto tersebut tidak merusak marka jalan dan tidak terlibat dalam aksi demonstrasi pada tanggal 30 September 2019.

Adapun, menurut klarifikasi BEM FEB UI, mahasiswa dalam foto tersebut telah memberikan keterangan bahwa mereka sedang meminggirkan marka tersebut dari tengah jalan pada tanggal 24 September 2019. BEM FEB UI pun mengimbau kepada semua pihak untuk berhenti membangun dan menyebarkan narasi tidak benar mengenai foto tersebut.

Berikut kutipan lengkap pernyataan BEM FEB UI:

[…] Klarifikasi Aksi #TuntaskanReformasi

Selamat siang FEB UI!

Pada tanggal 25/09/2019 pukul 07:14, CNN mempublikasikan berita dengan judul Demo Mahasiswa Bikin IHSG Rawan Koreksi. Dalam berita tersebut CNN menggunakan foto mahasiswa FEB UI yang sedang mengangkat papan tanda. Foto ini kemudian tersebar luas di media sosial dan mahasiswa di dalam foto tersebut disebut melakukan perusakan fasilitas umum. Terkait dengan hal tersebut di atas, maka BEM FEB UI menyampaikan hal-hal berikut ini.

1. Benar bahwa mahasiswa yang berada di dalam foto tersebut adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

2. Foto tersebut tersebar luas pasca aksi 30 September 2019 menyusul perbincangan di media sosial mengenai perusakan fasilitas oleh massa aksi. Perlu kami sampaikan bahwa mahasiswa yang berada dalam foto tersebut tidak berada di lokasi aksi pada tanggal 30 September. Foto tersebut diambil pada tanggal 24 September 2019.

3. BEM FEB UI telah meminta penjelasan dari mahasiswa yang berada di dalam foto yang beredar luas. Dari penjelasan yang kami dapatkan, kami menyimpulkan bahwa TIDAK BENAR mahasiswa FEB UI yang berada di dalam foto tersebut melakukan perusakan fasilitas umum.

4. Mahasiswa yang berada di dalam foto tersebut awalnya melihat papan tanda terletak di tengah jalan. Mereka kemudian berinisiatif mengangkat dan meletakkannya di pinggir jalan. Sesaat sebelum meletakkan papan tanda, mahasiswa tersebut berpose mengambil gambar. Pengambilan gambar dilakukan oleh salah satu teman mereka. Momen pengambilan gambar ini kemudian dimanfaatkan oleh media yang kebetulan berada di lokasi aksi untuk mengambil gambar mahasiswa yang sedang mengangkat papan tanda tersebut.

5. Kami meminta maaf kepada semua pihak atas keresahan yang ditimbulkan akibat tersebarnya dan munculnya pemberitaan mengenai foto tersebut.

6. Kami mengajak dan menghimbau semua pihak untuk berhenti membangun dan menyebarkan narasi tidak benar mengenai foto tersebut.

Demikian klarifikasi ini kami publikasikan untuk dapat kita pahami bersama.

Terimakasih

Atas Nama BEM FEB UI

Jusuf King Sihotang

Ketua BEM FEB UI 2019

Narahubung

Akbar Muhammad (081210514213)

#LegacyThroughtheAction […]

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/991116101220925/

View this post on Instagram

Klarifikasi Aksi #TuntaskanReformasi Selamat siang FEB UI! Pada tanggal 25/09/2019 pukul 07:14, CNN mempublikasikan berita dengan judul Demo Mahasiswa Bikin IHSG Rawan Koreksi. Dalam berita tersebut CNN menggunakan foto mahasiswa FEB UI yang sedang mengangkat papan tanda. Foto ini kemudian tersebar luas di media sosial dan mahasiswa di dalam foto tersebut disebut melakukan perusakan fasilitas umum. Terkait dengan hal tersebut di atas, maka BEM FEB UI menyampaikan hal-hal berikut ini. 1. Benar bahwa mahasiswa yang berada di dalam foto tersebut adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. 2. Foto tersebut tersebar luas pasca aksi 30 September 2019 menyusul perbincangan di media sosial mengenai perusakan fasilitas oleh massa aksi. Perlu kami sampaikan bahwa mahasiswa yang berada dalam foto tersebut tidak berada di lokasi aksi pada tanggal 30 September. Foto tersebut diambil pada tanggal 24 September 2019. 3. BEM FEB UI telah meminta penjelasan dari mahasiswa yang berada di dalam foto yang beredar luas. Dari penjelasan yang kami dapatkan, kami menyimpulkan bahwa TIDAK BENAR mahasiswa FEB UI yang berada di dalam foto tersebut melakukan perusakan fasilitas umum. 4. Mahasiswa yang berada di dalam foto tersebut awalnya melihat papan tanda terletak di tengah jalan. Mereka kemudian berinisiatif mengangkat dan meletakkannya di pinggir jalan. Sesaat sebelum meletakkan papan tanda, mahasiswa tersebut berpose mengambil gambar. Pengambilan gambar dilakukan oleh salah satu teman mereka. Momen pengambilan gambar ini kemudian dimanfaatkan oleh media yang kebetulan berada di lokasi aksi untuk mengambil gambar mahasiswa yang sedang mengangkat papan tanda tersebut. 5. Kami meminta maaf kepada semua pihak atas keresahan yang ditimbulkan akibat tersebarnya dan munculnya pemberitaan mengenai foto tersebut. 6. Kami mengajak dan menghimbau semua pihak untuk berhenti membangun dan menyebarkan narasi tidak benar mengenai foto tersebut. Demikian klarifikasi ini kami publikasikan untuk dapat kita pahami bersama. Terimakasih Atas Nama BEM FEB UI Jusuf King Sihotang Ketua BEM FEB UI 2019 Narahubung Akbar Muhammad (081210514213) #LegacyThroughtheAction

A post shared by BEM FEB UI (@bemfebui) on