[SALAH] Anies Piknik Bersama 5200 Anak Yatim dan Dhuafa, Cuma Diliput 1 Media

Artikel pada portal mediavalid[dot]online hanya menyalin status dari media sosial Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, dan memberikan judul yang dilebih-lebihkan. Adapun, konten dari status Anies tidak terwakilkan oleh judul yang disematkan mediavalid[dot]online tersebut. Melalui mencarian Google, tercatat kegiatan Anies dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama para anak yatim terkait Lebaran Anak Yatim terliput oleh sejumlah media.

=====

Kategori: False Connection

=====

Sumber: Portal Daring dan Facebook

https://www.mediavalid.online/2019/09/anies-piknik-bersama-5200-anak-yatim.html

https://www.facebook.com/groups/1168685103319819/permalink/1226292297559099/

Archive:

https://archive.fo/HVlGd

https://archive.fo/XRZUY

=====

Narasi:

Portal Daring:

Dalam portal berisikan artikel dengan judul “Anies Piknik Bersama 5200 Anak Yatim dan Dhuafa, Cuma Diliput 1 Media.”

Postingan Facebook:

Maa Syaa’ALLAH

Tabarakallah GoodBener Anies

=====

Penjelasan:

Beredar postingan yang menyebutkan bahwa kegiatan Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, berpiknik bersama 5200 anak yatim hanya diliput 1 media. Postingan itu mengarah ke portal mediavalid[dot]online.

Dari hasil penelusuran, diketahui bahwa isi artikel dalam portal tersebut antara judul dan isi artikelnya tidak menyambung. Sebab, diketahui bahwa artikel tersebut hanya mengambil status dari media sosial milik Anies Baswedan dan ditambahkan judul yang dilebih-lebihkan.

Dalam postingan Anies dalam media sosialnya memang menyebutkan Anteve. Namun, diketahui bahwa media televisi tersebut merupakan media yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk pelaksanaan kegiatan Lebaran Anak Yatim. Jadi, maksud penyebutan itu bukan berarti hanya Anteve yang meliputnya. Berikut kutipan narasi status dari akun media sosial Facebook Anies Baswedan:

[…] Hari ini piknik bersama 5200 anak yatim dari berbagai daerah serta panti asuhan di Dunia Fantasi Ancol dan di Taman Margasatwa Ragunan. Lebaran Anak Yatim biasa dilakukan sebagai bagian dari peringatan Muharram, Namun tahun ini Pemprov DKI Jakarta merayakannya secara besar di seluruh wilayah kota DKI Jakarta dengan mengikutsertakan Anak Yatim berbagai agama dan suku, serta membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian dalam kegiatan berbagi ini.

Ini sebuah babak baru, pada hari Lebaran Anak Yatim ini juga meluncurkan program Bagii Piring, sebuah terobosan baru dalam hal memberikan santunan kepada para anak yatim dan dhuafa.

Program Bagii Piring, merupakan program berbagi makanan dengan memanfaatkan teknologi digital berupa aplikasi di android. Sebanyak 1000 piring makanan yang didistribusikan ke warung-warung makan yang sudah bersedia terlibat dalam program ini.

Baznas Bazis DKI Jakarta akan menyeleksi masyarakat kurang mampu yang bisa mendapatkan manfaat dari program ini dengan mempertimbangkan data-data dari Dinas Sosial dan RT-RW setempat, khususya mereka yang sudah terdaftar sebagai pemegang kartu-kartu jaminan sosial, seperti kartu lansia atau kartu disabilitas.

Kami mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam kolaborasi Lebaran Anak Yatim dan Bagii Piring, seperti Baznas Bazis Kota DKI Jakarta, ANTEVE, para pemilik restoran dan warung serta warga yang nantinya dapat terlibat menjadi donatur dalam program Berbagii Piring. Inilah tanda kemajuan, kita mengatasi tantangan perubahan zaman dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Restoran atau rumah makan yang ingin terlibat dalam gerakan ini juga bisa menghubungi Baznas (Bazis) DKI Jakarta. Sedangkan masyarakat yang mau menyumbang makanan dalam program ini bisa menyalurkan sumbangannya lewat aplikasi Bagii Piring yang bisa diunduh di HP android masing-masing.

Ini tugas kita bersama untuk membantu masyarakat yang pra sejahtera, siapa saja bisa ikut menjadi donatur. Kita apresiasi seluruh pihak yang terlibat, termasuk pemilik warung dan resto. Semoga usaha mereka makin maju dan membuka pintu rejeki lainnya. […]

Dari kutipan itu dapat diketahui jelas bahwa Anteve sebagai pendukung acara, bukan satu-satunya media yang meliput. Adapun, dalam statusnya media sosialnya, Anies tidak memberikan judul. Judul baru ada di dalam artikel mediavalid[dot]online. Judul itu mengesankan seolah-olah hanya Anteve yang meliput kegiatan Anies dan Pemprov Jakarta. Padahal, Anteve bagian dari pendukung acara.

Selain itu, berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa kegiatan Lebaran Anak Pemprov DKI Jakarta telah diliput oleh sejumlah media. Beberapa media yang terpantau melakukan peliputan ialah Detik.com, Kompas.com, Sindonews.com, Bisnis.com, Poskotanews.com, Rmoljakarta.com, dan Kumparan.com. Berikut kutipan pemberitaan dari masing-masing media tersebut:

Detik.com:

[…] Hadiri Lebaran Anak Yatim, Anies: Pastikan Hidup Mereka Berjalan Baik

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Lebaran Anak Yatim. Anies memastikan pemerintah memperhatikan kehidupan anak yatim dan ingin kehidupan mereka berjalan baik.

“Masyarakat peduli, pemerintah peduli pada anak yatim, juga mengingatkan bagi kita semua ingat ya di antara kita semua banyak anak yatim. Mumpung sekarang masih bulan Muharam mari kita sama-sama santuni anak yatim. Pastikan kehidupan mereka berjalan baik,” ujar Anies dalam acara Lebaran Anak Yatim bersama Baznas (Bazis) DKI Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019).

Anies hadir bersama istrinya, Fery Farhati Ganis. Anies menyebut program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah DKI Jakarta kepada anak yatim.

Ada 5.200 anak yatim yang ikut acara ini. Mereka berasal dari sejumlah panti asuhan dan anak yatim yang dipilih Baznas.

Selain itu, Anies meresmikan peluncuran aplikasi Bagi Piring. Aplikasi itu, kata Anies, merupakan bentuk terobosan baru dari pemerintah untuk berbagi rezeki dengan kaum duafa.

“Sebuah aplikasi memungkinkan sekarang untuk berbagai pihak memberikan langsung dalam bentuk makanan siap saji. Masyarakat umum bisa terlibat, Baznas, Bazis menyediakan platformnya. Hari ini dilakukan dengan pendekatan digital, ini lah tanda kita antisipasi perubahan,” ujar Anies. […]

Kompas.com:

[…] Anies Imbau Warga Bantu Anak Yatim Lewat Aplikasi Bagi Piring

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Lebaran Anak Yatim di Pantai Ancol Timur, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019). Anies hadir bersama istrinya, Fery Farhati Ganis.

Dalam acara itu, Anies mengajak masyarakat untuk memberi bantuan kepada anak- anak yatim.

“Jadi hari ini adalah lebaran anak yatim, memberikan kesempatan bagi mereka untuk merasakan sebuah hari yang mudahan-mudahan berkesan. Dengan ada makan bersama, liburan bersama, dan kita berharap ini menggerakkan juga kepada seluruh komponen masyarakat yang lain, mari kita sama-sama ingat bahwa di lingkungan kita ada banyak anak- anak yatim yang membutuhkan uluran tangan kita,” ujar Anies dalam sambutannya.

Bagi yang hendak membantu, Anies menyarankan bisa bantu lewat aplikasi “Bagi Piring” yang diluncurkan hari ini.

Bantuan masyarakat lewat Bagi Piring diharapkan dapat mengurangi ketimpangan sosial yang ada di Jakarta. Masalah terbesar di Jakarta adalah ketimpangan sosial.

“Sehingga nantinya dengan ada aplikasi ini masyarakat pra-sejahtera dapat dibantu menggunakan sebuah aplikasi online Bagi Piring. Sehingga semua rata (status sosialnya),” ucap Anies.

Anies mengatakan, dengan aplikasi Bagi Piring, warung makan dan restoran dapat terlibat membantu anak yatim itu.

“Sebuah aplikasi memungkinkan sekarang untuk berbagai pihak memberikan langsung dalam bentuk makanan siap saji. Masyarakat umum bisa terlibat. Baznas, Bazis menyediakan platformnya. Hari ini dilakukan dengan pendekatan digital, inilah tanda kita antisipasi perubahan,” ucap dia. […]

Sindonews.com:

[…] Anies Buka Lebaran Anak Yatim di Pantai Lagoon Ancol

JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri sekaligus membuka Lebaran Anak Yatim dan Program Berbagi Piring di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara.

Menurut Anies, Program Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring patut mendapat apreasiasi tinggi, karena merupakan sebuah terobosan baru dalam hal memberikan santunan kepada para anak yatim dan dhuafa.

“Ketika kita bicara tentang menyantuni anak yatim ini adalah salah satu peran yang berlangsung ribuan tahun. Konsekuensinya, kita sering melakukan ini dengan cara yang sama dan biasa kita kerjakan. Hari ini kita masuki babak baru, sebuah terobosan di mana kita menyantuni anak yatim dengan cara baru. Inilah tanda kemajuan dan inilah tanda kita mengatasi perubahan dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Anies di Pantai Lagoon, Ancol, Sabtu (14/9/2019).

Sekadar informasi, Lebaran Anak Yatim terbagi menjadi dua segmen. Pertama, kegiatan jamuan makan siang untuk 4.200 anak yatim di 59 restoran di seluruh wilayah DKI Jakarta yang diisi dengan cara edukatif dan inspiratif. Kegiatan kedua yang akan dilakukan bertajuk Wisata Ceria.

Sebanyak 1.000 Anak Yatim dan pendampingnya akan berwisata ke lokasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta, yaitu Taman Margasatwa Ragunan dan Kawasan Wisata Ancol. Mereka akan bermain bersama tokoh dan artis cilik. Menariknya, kegiatan ini akan didampingi langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta para wali kota/bupati/camat/ lurah yang bisa menjadi sosok inspiratif bagi anak yatim.

Anies memberikan apresiasi kepada para pihak yang terlibat dalam kolaborasi Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring.

“Ini tugas kita bersama untuk membantu masyarakat yang pra sejahtera. Siapa saja bisa ikut menjadi donatur, termasuk resto dan warung yang akan jadi fasilitator. Kita apresiasi seluruh pihak yang terlibat, termasuk pemilik warung dan resto. Semoga usaha mereka makin maju dan membuka pintu rejeki lainnya,” tutur Anies.

Seperti diketahui, Lebaran Anak Yatim biasa dilakukan sebagai bagian dari peringatan Muharram di Jakarta. Namun, konsep yang diimplementasikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini mengikutsertakan anak yatim dari berbagai agama dan suku dengan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian dalam kegiatan berbagi ini.

Sedangkan, untuk Program Berbagi Piring, merupakan program berbagi makanan dengan melibatkan pihak swasta dan masyarakat. Sebanyak 1.000 piring makanan didistribusikan ke warung-warung makan yang sudah bersedia terlibat dalam program ini. […]

Bisnis.com:

[…] Program Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring Jadi Terobosan Baru

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut program Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring patut mendapat apreasiasi, sebab menjadi terobosan baru dalam hal memberikan santunan kepada para anak yatim dan dhuafa.

“Ketika bicara tentang menyantuni anak yatim, ini salah satu peran yang berlangsung ribuan tahun. Kita sering melakukan ini dengan cara yang sama dan biasa kita kerjakan. Hari ini kita masuki babak baru, terobosan menyantuni anak yatim dengan cara baru. Inilah tanda kemajuan dan tanda kita mengatasi perubahan dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ungkapnya Sabtu (14/9/2019).

Untuk diketahui, Lebaran Anak Yatim terbagi menjadi dua segmen. Pertama, kegiatan jamuan makan siang untuk 4.200 anak yatim di 59 restiran di seluruh wilayah DKI Jakarta yang diisi dengan cara edukatif dan inspiratif.

Kegiatan kedua yang akan dilakukan bertajuk Wisata Ceria. Sebanyak 1.000 anak yatim dan pendampingnya akan berwisata ke lokasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta yaitu Taman Margasatwa Ragunan dan kawasan wisata Ancol. Mereka bermain bersama tokoh artis cilik dan menghibur mereka.

“Ini tugas kita bersama untuk membantu masyarakat yang prasejahtera. Siapa saja bisa ikut menjadi donatur, termasuk resto dan warung yang akan jadi fasilitator. Kita apresiasi seluruh pihak yang terlibat, termasuk pemilik warung dan resto. Semoga usaha mereka makin maju dan membuka pintu rejeki lainnya,” tutur Anies.

Lebaran Anak Yatim biasa dilakukan sebagai bagian dari peringatan Muharram di Jakarta. Namun, konsep yang diimplementasikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini mengikutsertakan anak yatim dari berbagai agama dan suku dengan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian dalam kegiatan berbagi ini.

Adapun, untuk Program Berbagi Piring, merupakan program berbagi makanan dengan melibatkan pihak swasta dan masyarakat. Sebanyak 1.000 piring makanan didistribusikan ke warung-warung makan yang sudah bersedia terlibat dalam program ini.

Pada tahap awal, 240 rumah makan bersedia mendukung program ini, bahkan mereka ikut menyumbang beberapa piring di rumah makannya masing-masing setiap hari.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah memang merencanakan bahwa perayaan Lebaran Anak Yatim tahun ini digelar dengan cara yang berbeda.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Sektor Swasta, dan masyarakat, mengadakan kegiatan untuk total 5.200 anak yatim yang dilaksanakan pada Sabtu (14/9/2019).

Saefullah menyampaikan peserta merupakan anak yatim dari berbagai agama dan suku di seluruh wilayah DKI Jakarta. Sebanyak 4.200 anak dipilih melalui Baznas Bazis Kota DKI Jakarta yang telah diverifikasi oleh RT/RW dan unsur Pemerintah Kota yang kemudian dikirimkan ke Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta untuk verifikasi akhir.

Sementara 1.000 lainnya terdiri dari anak yatim yang tinggal di 46 panti asuhan milik Pemprov DKI Jakarta maupun swasta yang didata oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Sebanyak 5.200 anak yatim tersebut juga akan mendapatkan santunan masing-masing Rp1 juta.

“Ini bagian dari peringatan Muharam, karena setiap tanggal 10 Muharam di Jakarta selalu dilaksanakan Lebaran Anak Yatim. Anak yatim kita tahu sebagai anak yang kekurangan. Maka, Pemprov DKI Jakarta melaksanakan program ini yang rencananya kita teruskan ke depannya,” ujar Saefullah.

Kemudian, Kepala Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta Lutfi Fattullah menambahkan selain Lebaran Anak Yatim dengan dua segmen acara tersebut, Pemprov DKI Jakarta bersama Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan Program Berbagi Piring yang bisa dimanfaatkan oleh warga Jakarta.

“Mekanismenya, Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan 1.000 piring makanan yang didistribusikan ke warung/rumah makan yang telah bersedia mendukung program ini. Pada tahap awal dilakukan kerja sama dengan 100 masjid dan 240 warung/rumah makan,” ujar Lutfi.

Tujuan program ini adalah membantu orang-orang kurang mampu untuk mendapatkan kebutuhan pokok mereka, yaitu makanan siap santap, sehingga tidak ada lagi masyarakat Jakarta yang tidak bisa makan.

Lewat program ini juga masyarakat bisa ikut terlibat membantu masyarakat kurang mampu dengan menyumbang satu piring atau lebih melalui Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta. Nilai makanan yang didapat oleh para penerima manfaat program ini adalah sebesar Rp15.000 setiap piringnya.

Selanjutnya, Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta akan menyeleksi masyarakat kurang mampu yang bisa mendapatkan manfaat dari program ini, berdasarkan data dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan RT/RW setempat, khususnya mereka yang sudah mendapat kartu jaminan sosial, seperti Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ).

Nantinya, kartu tersebut akan diberi QR Code ‘Bagi Piring’ yang bisa dipergunakan untuk makan secara gratis di warung-warung makan yang sudah bekerja sama dengan program ini. […]

Poskotanews.com:

[…] Lebaran Anak Yatim, Pemprov DKI Luncurkan Program ‘Berbagi Piring’

JAKARTA –  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meluncurkan program cara baru menyantuni anak yatim dan fakir miskin.

Melalui program “Berbagi Piring” Anies mengajak peran serta masyarakat. Sedikitnya sekitar 240 restoran di lima wilayah sudah menyanggupi dalam program tersebut.

Saat menghadiri sekaligus membuka Lebaran Anak Yatim dan Program Berbagi Piring di Pantai Lagoon, Ancol, pada Sabtu (14/9/2019), Anies mengatakan progran tersebut merupakan sebuah terobosan baru dalam hal memberikan santunan kepada para anak yatim dan dhuafa.

“Hari ini kita masuki babak baru, sebuah terobosan di mana kita menyantuni anak yatim dengan cara baru. Inilah tanda kemajuan dan inilah tanda kita mengatasi perubahan dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ungkap Anies.

Anies memberikan apresiasi kepada para pihak yang terlibat dalam kolaborasi Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring, seperti Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, ANTV, para pemilik restoran dan warung, serta warga yang nantinya dapat terlibat menjadi donatur dalam Program Berbagi Piring.

“Ini tugas kita bersama untuk membantu masyarakat yang pra sejahtera. Siapa saja bisa ikut menjadi donatur, termasuk resto dan warung yang akan jadi fasilitator. Kita apresiasi seluruh pihak yang terlibat, termasuk pemilik warung dan resto. Semoga usaha mereka makin maju dan membuka pintu rejeki lainnya,” tutur Gubernur Anies.

Untuk diketahui, Lebaran Anak Yatim terbagi menjadi dua segmen. Pertama, kegiatan jamuan makan siang untuk 4.200 anak yatim di 59 Restauran di seluruh wilayah DKI Jakarta yang diisi dengan cara edukatif dan inspiratif.

Kegiatan kedua yang akan dilakukan bertajuk Wisata Ceria. Sebanyak 1.000 Anak Yatim dan pendampingnya berwisata ke lokasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta, yaitu Taman Margasatwa Ragunan dan Kawasan Wisata Ancol.(tri) […]

Rmoljakarta.com:

[…] Perdana, Ada Program Berbagi Piring Untuk Anak Yatim di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri sekaligus membuka Lebaran Anak Yatim dan Program Berbagi Piring di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/9).

Menurut Anies, program Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring patut mendapat apreasiasi tinggi, karena merupakan sebuah terobosan baru dalam hal memberikan santunan kepada para anak yatim dan dhuafa.

Ketika kita bicara tentang menyantuni anak yatim ini adalah salah satu peran yang berlangsung ribuan tahun. Konsekuensinya, kita sering melakukan ini dengan cara yang sama dan biasa kita kerjakan. Hari ini kita masuki babak baru, sebuah terobosan di mana kita menyantuni anak yatim dengan cara baru. Inilah tanda kemajuan dan inilah tanda kita mengatasi perubahan dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Anies dalam sambutannya.

Untuk diketahui, Lebaran Anak Yatim terbagi menjadi dua segmen. Pertama, kegiatan jamuan makan siang untuk 4.200 anak yatim di 59 restoran di seluruh wilayah DKI Jakarta yang diisi dengan cara edukatif dan inspiratif. Kegiatan kedua yang akan dilakukan bertajuk Wisata Ceria. Sebanyak 1.000 anak yatim dan pendampingnya akan berwisata ke lokasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta, yaitu Taman Margasatwa Ragunan dan kawasan wisata Ancol.

Mereka akan bermain bersama tokoh atau artis cilik. Menariknya, kegiatan ini akan didampingi langsung oleh Anies serta para Wali Kota/Bupati/Camat/Lurah yang bisa menjadi sosok inspiratif bagi anak yatim.

Anies juga memberikan apresiasi kepada para pihak yang terlibat dalam kolaborasi Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring, seperti Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, ANTV, para pemilik restoran dan warung, serta warga yang nantinya dapat terlibat menjadi donatur dalam Program Berbagi Piring.

Ini tugas kita bersama untuk membantu masyarakat yang pra sejahtera. Siapa saja bisa ikut menjadi donatur, termasuk resto dan warung yang akan jadi fasilitator. Kita apresiasi seluruh pihak yang terlibat, termasuk pemilik warung dan resto. Semoga usaha mereka makin maju dan membuka pintu rejeki lainnya,” tutur Anies.

Seperti diketahui, Lebaran Anak Yatim biasa dilakukan sebagai bagian dari peringatan Muharram di Jakarta. Namun, konsep yang diimplementasikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini mengikutsertakan anak yatim dari berbagai agama dan suku dengan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian dalam kegiatan berbagi ini.

Sedangkan, untuk Program Berbagi Piring, merupakan program berbagi makanan dengan melibatkan pihak swasta dan masyarakat. Sebanyak 1.000 piring makanan didistribusikan ke warung-warung makan yang sudah bersedia terlibat dalam program ini.

Pada tahap awal, sebanyak 240 rumah makan bersedia mendukung program ini, bahkan mereka ikut menyumbang beberapa piring di rumah makannya masing-masing setiap hari. Nantinya, Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta akan menyeleksi masyarakat kurang mampu (terutama kaum fakir) yang bisa mendapatkan manfaat dari program ini, berdasarkan data dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan RT/RW setempat, khususnya mereka yang sudah mendapat kartu jaminan sosial, seperti Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ).

Nantinya, kartu tersebut akan diberi QR Code ‘Bagii Piring’ yang bisa dipergunakan untuk makan secara gratis di warung-warung makan yang sudah bekerja sama dengan program ini.[dod] […]

Kumparan.com:

[…] Anies Baswedan Ajak Masyarakat Lebih Peduli ke Anak Yatim

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri acara Lebaran Anak Yatim yang digelar di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara. Dalam sambutannya, Anies mengingatkan pentingnya sedekah untuk memastikan anak yatim dapat merasakana kehidupan yang baik.

“Bahwa kita ingin anak yatim merasakan bahwa masyarakat peduli, pemerintah juga peduli,” ucap Anies dalam acara lebaran anak yatim, Sabtu (14/9).

“Mari kita sama-sama santuni anak yatim pastikan kehidupan mereka berjalan baik,” sambungnya.

Dalam acara tersebut, Anies juga memberikan piagam penghargaan bagi sejumlah pihak yang terlibat aktif dalam Bagii Piring. Bagii Piring merupakan aplikasi yang dibuat atas kerja sama Pemprov DKI dan Baznas Bazis DKI yang ditujukan kepada para pelaku usaha makanan untuk bersedekah kepada anak yatim piatu.

“Ketika kita berbicara tentang menyantuni anak yatim ini sudah berlangsung ratusan atau ribuan tahun lalu. Konsekuensinya kita sering melakukan ini dengan cara yang kita lakukan bertahun-tahun lamanya. Hari ini kita masuki babak baru. Baznas buat terobosan di mana kita menyantuni anak yatim membagikan rezeki ke kaum duafa, tidak hanya dengan cara yang lama kita lakukan,” ungkap Anies.

Menurut Anies, aplikasi ini akan sangat membantu mereka yang ingin bersedekah karena jauh lebih efisien, serta memiliki cakupan yang luas.

“Aplikasi ini memungkinkan untuk berbagai pihak memberikan makanan siap saji. Sebuah kemitraan penyedia makanan, restoran, warung semua bisa terlibat, baznas bazis menjadi penyedia platformnya ini ada terobosan baru yang dilakukan dengan pendekatan digital ini adalah tanda kemajuan tanda kita mengantisipasi kemajuan,” kata Anies.

Anies pun menyebut santunan itu akan diberikan kepada seluruh anak yatim tanpa membeda-bedakan suku ataupun agama dari penerima.

“Insyaallah ini berkah, warungnya makin maju, nanti akan kita berikan ini untuk seluruh anak yatim ya (dari berbagai agama). Kita pun harap restorannya makin maju, memberikan ke anak yatim bukan hanya pahalanya berlipat tapi juga dibukakan pintu rezeki lainnya,” pungkasnya.

Peserta Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring adalah anak yatim piatu dari berbagai agama dan suku di seluruh wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Muharam yang jatuh setiap tanggal 10 Muharam.

Lebaran Anak Yatim itu nantinya terbagi menjadi dalam dua segmen. Pertama, kegiatan jamuan makan siang untuk 4.200 anak yatim di 59 restoran di seluruh wilayah DKI Jakarta yang diisi dengan cara edukatif dan inspiratif.

Untuk 4.200 anak yatim yang mengikuti jamuan makan siang akan dipilih melalui Baznas Bazis Kota DKI Jakarta yang telah diverifikasi oleh RT/RW dan unsur Pemerintah Kota. Kemudian dikirimkan ke Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta untuk verifikasi akhir.

Sementara 1.000 lainnya terdiri dari anak yatim yang tinggal di 46 Panti Asuhan Milik Pemprov DKI Jakarta maupun swasta. Mereka akan didata oleh Dinas Sosial DKI Jakarta.

Dalam acara itu dihadiri pula oleh Sekda DKI Jakarta, Wali Kota Jakarta Utara, Ketua Baznas (bazis) DKI Jakarta. […]

Berdasarkan hal tersebut, artikel dalam portal mediavalid[dot]online hanya menempelkan judul yang hiperbolis dari status media sosial milik Anies Baswedan. Selain itu, klaim bahwa acara tersebut hanya diliput oleh satu media juga salah. Dengan demikian, postingan yang menggunakan sumber mediavalid[dot]online masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah antara judul dengan isi artikelnya.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/977694209229781/

Hari ini piknik bersama 5200 anak yatim dari berbagai daerah serta panti asuhan di Dunia Fantasi Ancol dan di Taman…

Người đăng: Anies Baswedan vào Thứ Bảy, 14 tháng 9, 2019

https://news.detik.com/berita/d-4706090/hadiri-lebaran-anak-yatim-anies-pastikan-hidup-mereka-berjalan-baik

https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/14/12234861/anies-imbau-warga-bantu-anak-yatim-lewat-aplikasi-bagi-piring

https://metro.sindonews.com/read/1439636/170/anies-buka-lebaran-anak-yatim-di-pantai-lagoon-ancol-1568450504

https://jakarta.bisnis.com/read/20190914/77/1148417/program-lebaran-anak-yatim-dan-berbagi-piring-jadi-terobosan-baru

http://poskotanews.com/2019/09/15/lebaran-anak-yatim-pemprov-dki-luncurkan-program-berbagi-piring/

http://www.rmoljakarta.com/read/2019/09/14/58948/Perdana,-Ada-Program-Berbagi-Piring-Untuk-Anak-Yatim-di-Jakarta-

https://kumparan.com/@kumparannews/anies-baswedan-ajak-masyarakat-lebih-peduli-ke-anak-yatim-1rrQ4MPGhhK