[SALAH] Foto Proses Produksi Mobil Esemka

Foto-foto yang diambil bukan berasal dari proses produksi mobil Esemka. Foto-foto itu diambil dari beberapa proses pembuatan mobil besutan Toyota, Nissan (Datsun), dan Mercedez Benz.

=====

Kategori: False Connection

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

BUKA MATAMU LEBAR LEBAR PRETT…INI PROSES PRODUKSI MOBIL ESEMKA…

Người đăng: Tuahunse Eriany Ria vào Thứ Bảy, 7 tháng 9, 2019

Archive:

https://archive.fo/eU5Fi

=====

Narasi:

BUKA MATAMU LEBAR LEBAR PRETT…

INI PROSES PRODUKSI MOBIL ESEMKA…

=====

Penjelasan:

Postingan sumber berisikan empat foto kegiatan manufaktur pembuatan mobil. Narasi yang menyertai postingan itu menyebutkan bahwa foto-foto itu merupakan proses produksi mobil Esemka.

Melalui penelusuran, diketahui bahwa foto-foto tersebut bukan berasal dari proses kegiatan produksi mobil Esemka. Foto pertama berasal dari proses perakitan komponen mobil di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Jakarta pada Senin 9 Mei 2016. Foto tersebut diambil oleh portal liputan6.com pada rubrik foto berjudul “Industri Otomotif Nasional Siap Saingi Thailand” yang dimuat pada tanggal 9 Mei 2016.

Foto kedua berasal dari kegiatan perakitan mobil Datsun Go+ yang dirakit di Pabrik Nissan, Purwakarta pada 8 Mei 2018. Peristiwa itu diketahui setelah mencocokkan foto tersebut dengan foto yang diambil oleh Bay Ismoyo. Orang dalam foto di sumber postingan sama dengan orang dalam foto Bay Ismoyo yang dapat dilihat di laman Getty Images. Selain kesesuaian orang dalam foto, terlihat juga beberapa ciri mesin yang sama antara kedua foto.

Lalu, foto ketiga berasal dari laman Toyota Global. Foto aslinya merupakan proses perakitan mobil Toyota Prius di Tsutsumi Plant, Jepang. Pada laman Toyota Global foto tersebut diposting pada tanggal 29 Agustus 2016.

Dan, foto keempat berasal dari laman Tempo.co pada tanggal 21 November 2012 dengan judul “Mercedes-Benz Rakit M-Class di Wanaherang.” Pada rubrik foto Tempo.co tersebut terdapat foto-foto kegiatan proses perakitan mobil Mercedez Benz.

Berdasarkan hal tersebut, maka klaim bahwa foto-foto itu berasal dari produksi mobil Esemka tidak benar. Dengan demikian, postingan sumber masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah. Klaim antara narasi dengan foto-foto tidak terkait dan tidak benar.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/974002382932297/

https://www.liputan6.com/photo/read/2502524/industri-otomotif-nasional-siap-saingi-thailand?page=3

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/laborers-work-at-the-new-nissan-plant-in-purwakarta-west-news-photo/488751745?adppopup=true

https://global.toyota/en/download/14220419/

https://foto.tempo.co/read/4193/mercedes-benz-rakit-m-class-di-wanaherang#foto-1