[SALAH] Bawa Lansia Tak Terurus Ke Rumah Lansia Atmabrata

Pesan berantai tersebut sudah pernah beredar di tahun 2017 dan 2018. Sudah terkonfirmasi oleh Bruder Petrus Patroni sendiri saat dihubungi oleh MAFINDO. Pesan itu tidak berasal dari pihak Rumah Lansia Atmabrata ataupun dari Bruder Petrus. Adapun, kapasitas di Rumah Lansia Atmabrata terbatas.

=====

Kategori: Imposter Content

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

Teman2 terkasih,  kalau kenal/tahu lansia yg tidak punya rumah, tdk ada keluarga yg urus,  atau tidak punya tempat berteduh,  boleh bawa ke Rumah Lansia Atmabrata di Jln.  Cilincing Baru 5 No: 29, Jakarta yg dikelola oleh. Bruder Petrus Partono dan tim. HP Bruder Petrus : (+62)8212 5141 621. Tidak pandang suku dan agama,  siapa saja boleh mendapatkan tempat berteduh,  makanan,  pengobatan,  dan perhatian.

Bantu share ke grup lain..🙏

=====

Penjelasan Lengkap:

Beredar pesan berantai yang menyerukan untuk segera menghubungi Rumah Lansia Atmabrata ketika menemukan lansia yang tidak terurus. Dalam pesan tersebut, dicantumkan nomor telepon dan alamat rumah singgah tersebut.

Perihal isu tersebut, diketahui bahwa pesan itu tidak berasal dari Bruder Petrus Patroni ataupun pengurus Rumah Lansia Atmanbrata. Pesan berantai itu sudah pernah beredar di tahun 2017 dan 2018.

Di tahun 2017, MAFINDO sudah melakukan klarifikasi langsung kepada Bruder Petrus Patroni. Berikut cuplikan jawaban Bruder Petrus di tahun 2017:

[…] Sehubungan dengan berita yang ramai tentang panti atmabrata yang menerima lansia tanpa family, saya sebagai pengurus atmabrata tidak pernah menuliskan untuk mengantar lansia tanpa family ke rumah lansia kami, karena jika semua dikirim tentu akan over capasitas dan tidak ada tenaga kurang tenaga kwrja, kami akan benar benar terima yang sungguh membutuhkan penanganan sehingga tidak bisa semua lansia tanpa family dikirim ke rumah lansia kami.

Kami mohon maaf atas berita yang disebarkan dan berita itu bukan bersumber dari kami dan atmabrata hadir memang untuk lansia tanpa family dan kapasitas juga sudah penuh kecuali hal urgent akan diprioritaskan.

Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas berita yang tersebar.

Salam dalam cinta membangun dunia baru yang berpihak pada orang kecil.

Petrusp pss br […]

Dari klarifikasi tersebut, sudah jelas bahwa pesan yang beredar bukan berasal dari Bruder Petrus ataupun Rumah Lansia Atmabrata. Penyebaran pesan yang bukan berasal dari sumber aslinya memiliki dampak yang tak bisa terkira.

Pada tahun 2018, pesan tersebut pun kembali beredar. MAFINDO pun sudah mengklarifikasi kepada Bruder Petrus. Kejadian di tahun 2018 menyebabkan datang lansia yang sebenarnya masih memiliki keluarga untuk tinggal di Rumah Lansia Atmabrata. Berikut kutipan pesan Bruder Petrus:

[…] Info salah akibatnya menyengsarakan orang lain yang sungguh membutuhkan.

.

Hari ini darang lima lansia ke rumah atmabrata mau masuk dan semua adalah laki-laki dan semua punya family bahkan ada yang punya dua anak Stay di Korea dan Jerman karena tinggal sendiri oleh anaknya disuruh tinggal di panti dan lansia itu ke rumah kami.

.

Kami jelas menolaknya, pertama laki-laki karwna rumah lansia penghuni perempuan semua kecuali kasus tertentu ada laki yang udah terbaring.

Kapasitas juga tinggal beberapa tempat tidur sehingga gak bisa menerima banyAk lansia,

.

Alasan kedua adalah rata-rata masih ada keluarga entah adik, anak, ponakan atau sodara sedangkan yang di rumah lansia adalah yang tidak ada family dan bahkan hampir penghuni lansia tidak ada ktp dan kami yang menguruskan ktp.

.

Alasan ketiga adalah lansia yNg tingga adalah lansia kami temukan saat kunjungan dalam pelayanan dan ada lansia sakit tanpa family yang kami bawa ke rumah lansia atau kiriman beberapa temAn yang mengenal kami dan memang harus membantu lansia itu.

.

Jadi aungguh BC orang yang saya tidak kenal itu membuat rumah kami ramai dikunjungi lansia yang ingin tinggal dan Telp yang terus berdering hingga saya tidak angkat karwna ratusan orang Telp bahkan pagi ini dari dinas sosial Tegal mAu kirim lansia yang mereka temukan banyak di Tegal.

.

Saya menjadi bahagia atmabrata dikenal dan sedih karena mengecewakan banyak orang juga.

.

Sebuah pelajaran dari alat komunikasi yang dipakai sembarangan tanpa memperhitungkan akibatny hingga seorang lansia lelaki naik sepeda dari tambun ingin tinggal ditempat kami dan pulang lagi karena rumah lansia isi perempuan semua.

.

Siang sobat.

Mari bijak dalam informasi dan jangan sembarang menyebarkan berita yNg bisa menyengsarakan orang lain.

.

Saya sich jadi terkenal dengan atmabratanya dan bwrdoa semoga bisa punya rumah baru lagi sehingga bisa melayani semakin banyak lansia.

Doakan mau beli tanah lagi kalau uang udah cukup untuk ruang kegiatan lansia. […]

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pesan yang beredar memang bukan berasal dari Bruder Petrus Patroni ataupun Rumah Singgah Atmabrata. Dengan demikian, pesan tersebut masuk ke dalam kategori Imposter Content atau Konten Tiruan.

Baiknya, bila ingin meneruskan pesan yang baik, dikonfirmasi terlebih dahulu asal muasal pesan berantainya. Jangan sampai, niat baik justru membuat kesulitan kepada banyak pihak. Sebab, lantaran tersebarnya pesan berantai itu, Bruder Petrus harus dengan berat hati menolak banyak lansia yang ingin masuk ke dalam Rumah Singgah Atmabrata lantaran tempat yang terbatas.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/965123720486830/
https://web.facebook.com/MafindoID/posts/997730627033242
https://web.facebook.com/MafindoID/posts/998247176981587