[KLARIFIKASI] Joe Ramadhan yang menghina Alm. Mbah Moen bukan reporter tvOne

tvOne menegaskan Joe Ramadhan yang menghina almarhum KH Maimun Zubair atau Mbah Moen, bukan merupakan bagian dari jaringan wartawan atau kontributor mereka. Joe Ramadhan sendiri sudah mengklarifikasi bahwa dirinya bukan kru tvOne.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : KLARIFIKASI
=============================================

Beredar gambar tangkapan layar dengan narasi sebagai berikut :

“Kok ada manusia seperti itu Reporter TV ONE tapi mulutnya Busuk, semoga Allah segera menghukum mu atas ucapanmu”

Klaim ini muncul terkait adanya akun atas nama Joe Ramadhan yang menghina Almarhum KH. Maimun Zubair atau mbah Moen, yang meninggal saat menunaikan ibadah haji pada 6 Agustus 2019.

Di postingan tersebut disertakan gambar seorang lelaki yang sedang memegang mic berwarna putih dengan tulisan tvOne berwarna merah.

Sumber : https://perma.cc/JWB8-6NC6 (Arsip) – Postingan oleh akun Riwayati Jamiela (fb.com/riwayatiJamiela994) – Sudah dibagikan 684 kali saat tangkapan layar diambil.

Sumber lain : http://bit.ly/2P9u3bn – Postingan publik

=============================================

PENJELASAN

Pihak tvOne yang diminta konfirmasi oleh VIVAnews membantah hal tersebut. General Manager News Daily and News Gathering tvOne, Ecep S Yasa, mengatakan, tidak ada karyawan, wartawan atau kontributor di jaringan tvOne yang bernama Joe Ramadhan.

“Saya tegaskan nama itu (Joe Ramadhan) tak tercatat sebagai karyawan atau jaringan wartawan dan kontributor tvOne di Indonesia dan luar negeri,” ujar Ecep kepada VIVAnews, Jumat, 9 Agustus 2019.

Ecep mengatakan, kontributor tvOne di Palangkaraya saat ini adalah Agus Supriyanto. Ecep meminta masyarakat tidak percaya dengan postingan akun bernama Joe Ramadhan tersebut, yang meresahkan banyak kalangan.

Atas pencatutan nama tvOne tersebut, kontributor tvOne di Palangkaraya, Agus Supriyanto, telah melaporkan Joe Ramadhan ke kepolisian setempat. “Koresponden kami atau kontributor kami ditemuin beberapa pihak (setelah viral Joe Ramadhan) sehingga perlu melaporkan kasus itu dan menegaskan Joe Ramadhan bukan bagian dari tvOne di Jakarta maupun di daerah,” ujar Ecep. Pihak tvOne menyerahkan kepada polisi untuk menelusuri kebenaran identitas akun bernama Joe Ramadhan.

Ecep juga menegaskan, atribut yang dipakai Joe Ramadan dalam postingan yang viral itu, merupakan atribut tvOne yang sudah lama alias usang. Atribut tersebut berbeda dengan yang dipakai tvOne saat ini. Ecep mengatakan, siapa pun bisa memalsukan atau mengenakan atribut tvOne, termasuk orang yang mengaku bernama Joe Ramadhan.

“Untuk pegang cocard tvOne, siapa pun dan di mana pun bisa lakukan itu. Dan cocard (yang viral) itu sudah dua atau tiga kali diperbaharui. Itu sudah lama sekali. Bedain saja dari media sosial, yang itu warna putih sekarang kan warna merah, sudah yang terbaru,” kata Ecep.

Nama Joe Ramadhan jelas tidak dikenal di lingkungan tvOne, sebab nama yang bersangkutan bukan bagian dari televisi berita ini. Ecep mengatakan, aktivitas di media sosial tidak bisa serta merta dikaitkan dengan tvOne sebagai institusi. Apa yang di-posting oleh karyawan tvOne pun, bukan mewakili sikap dari tvOne.

“Orang tvOne pun aktivitas pribadi di media sosial tidak bisa dikaitkan dengan tvOne. Apalagi ini bukan dari bagian tvOne. Siapa dia (Joe Ramadhan) kami enggak kenal dan tidak ada hubungannya,” jelas Ecep.

Sementara itu, Joe Ramadhan (40) sudah ditangkap di Dusun Kalatiri, Desa Mulyasari, Kecamatan Sukamaju, Kebupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (9/8/2019) sekitar pukul 15.00 Wita.

Joe Ramadhan sendiri meminta maaf karena telah menghina Almarhum Mbah Moen dan mengklarifikasi bahwa dirinya bukan kru tvone. Ia meminta maaf pada seluruh rakyat Indonesia dan juga kepada tvOne. Joe meminjam atribut tvOne pada tahun 2013 saat berada di Jakarta. Ia mengakui perbuatannya sudah merugikan tvOne.

REFERENSI :
https://www.instagram.com/p/B05KZ9gHKQM/
https://www.vivanews.com/viva-fakta/605-joe-ramadhan-hina-mbah-moen-benarkah-kontributor-tvone
https://news.detik.com/berita/d-4659887/dikaitkan-akun-joe-ramadhan-tvone-beri-penjelasan
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-joe-ramadhan-yang-hina-mbah-moen-bukan-wartawan-tvone.html
https://www.beritasatu.com/nasional/568878/tvone-tegaskan-tidak-ada-kaitan-dengan-akun-joe-ramadhan
https://regional.kompas.com/read/2019/08/10/15252731/dalam-sehari-2-penghina-kh-maimun-zubair-melalui-facebook-ditangkap?page=all
https://www.youtube.com/watch?v=b5c5t08n-nw

About Adi Syafitrah 352 Articles
noob, nerd,