[SALAH] Pasangan Kakek Nenek Wafat di Mekkah Saat Haji

“Gambar dan video yang diunggah tidak sesuai dengan klaim yang disertakan. Berada dalam frame gambar klaim adalah pasangan suami istri bernama Maimunah Yunus (70) dan Batriy Selkam (73). Keduanya merupakan warga Jl Cakalang, Kecamatan Bontoala, Makassar. Maimunah meninggal dunia pada Minggu (4/8) pukul 13.30 Wita sementara suaminya, Batriy Selkam, meninggal pada Senin (5/8) pukul 01.40 Wita. Keduanya meninggal dalam waktu yang berdekatan”.

=====

Sumber: Facebook.com

=====

Kategori: False Connection

=====

Narasi:

“Innalillahi wa inna illaihi roji”un, meninggal di mekah suami istri yg ketika pakai kursi roda didorong tdk mau pisah.
subhanallah ,,,, terenyuh hatiku yaw sungguh kebesaran Allah SWT,,,,”

=====

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran Tempo.com, mendapatkan data bahwa foto kakek-nenek yang meninggal itu pasangan suami istri bernama Maimunah Yunus (70) dan Batriy Selkam (73). Keduanya merupakan warga Jl Cakalang, Kecamatan Bontoala, Makassar. Maimunah meninggal dunia pada Minggu (4/8) pukul 13.30 Wita sementara suaminya, Batriy Selkam, meninggal pada Senin (5/8) pukul 01.40 Wita. Bukan Pasangan haji yang tak ingin dipisahkan, dan viral pada pemberangkatan Haji beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, foto jenazah kakek-nenek itu bukan pasangan yang sedang menunaikan ibadah haji di Mekkah. Sebab, pasangan kakek-nenek yang videonya viral itu bernama bernama Mahmud Sopamena, 86 tahun, dan Kulsum Litiloli, 75 tahun. Keduanya berasal dari Maluku.

Batriy Selkam meninggal karena menderita kanker tulang. Sedangkan Maimunah meninggal karena mengalami kanker otak. Jazad keduanya rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya di Pangkep, Sulawesi Selatan.

=====

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-4653018/viral-cinta-sehidup-semati-di-makassar-suami-istri-meninggal-beda-12-jam

https://sumut.sindonews.com/read/3188/1/sehidup-semati-suami-istri-meninggal-dunia-nyaris-bersamaan-1565082539

https://cekfakta.tempo.co/fakta/365/fakta-atau-hoaks-benarkah-foto-kakek-nenek-yang-meninggal-adalah-pasangan-yang-sedang-naik-haji-dan-videonya-pernah-viral