[SALAH] Fenomena aneh dari langit saat gempa gencang banten

Video tersebut sudah ada sejak tahun 2016 dan tidak ada kaitannya dengan kejadian gempa guncang Banten pada 2 Agustus 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Sebuah video dengan narasi “fenomena aneh dari langit saat gempa gencang banten 02-08-2019” beredar di media sosial Youtube dan Facebook.

Beberapa sumber adalah akun facebook Video Mantul ( fb.com/mantulkocak ) dan akun youtube K5 Saja (youtube.com/channel/UCEMocQl-D_SnIHvezsd64Sg)

=============================================

PENJELASAN

Tempo.co melakukan penelusuran dengan menggunakan mesin pencari Yandex.com. Hasilnya, ditemukan video serupa yang diunggah situs disclose.tv, 30 November 2016.

“Sebuah video yang diambil di Arizona, Amerika Serikat telah menyebar seperti api di Facebook,” tulis penjelasan pada video tersebut.

Video ini menggambarkan kilatan cahaya biru terang yang tampaknya terhubung ke setidaknya satu kapsul. Biru cerah memiliki warna yang sama dengan plasma dan ada kemungkinan bahwa cahaya berasal dari roket dari bagian bawah kapsul.

Situs media Australia, News.com.au, juga mengabarkan fenomena serupa dalam artikel berjudul, Bizarre video of a ‘UFO coming to earth through a wormhole’ in the sky sparks alien panic pada 16 Desember 2016.

Dalam artikel tersebut disebutkan, tak ada penjelasan detil siapa yang merekam fenomena tersebut.
Diduga kuat, video tersebut awalnya muncul di laman Facebook berbahasa Spanyol.
Scott Brando, yang menjalankan UFO Of Interest, sebuah situs yang menguak hoaks-hoaks terkait UFO menyebut, video tersebut adalah palsu atau computer-generated imagery (CGI).
Di sisi lain, Scott C Waring dari UFO Sightings Daily mengklaim penampakan tersebut terjadi pada 1 desember 2016. Sementara, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memilih tak berkomentar.

REFERENSI :
https://cekfakta.tempo.co/fakta/360/fakta-atau-hoaks-benarkah-terdapat-fenomena-aneh-dari-langit-saat-gempa-mengguncang-banten
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4032933/cek-fakta-video-fenomena-langit-misterius-saat-gempa-guncang-banten-faktanya
https://www.antaranews.com/berita/997800/hoaks-ada-fenomena-aneh-dari-langit-saat-gempa-mengguncang-banten

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo