[SALAH] Chip RFID 666 Antikristus

Situs debunked seperti Snopes dan Hoax-Slayer menyatakan bahwa klaim tersebut adalah hoax. Klaim tersebut berasal dari teori liar yang dihembuskan oleh para pecinta teori konspirasi, kemudian berkembang dengan menghubungkannya dengan agama (menambahkan angka 666).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun facebook dengan nama Injil Kerajaan ( fb.com/injilkerajaan777 ) mengunggah sebuah foto yang diberi narasi :

“Jangan terima Chip RFID 666 di lengan Anda apapun yang terjadi. Mengapa? Sebab Anda akan dibakar di neraka selama-lamanya dengan api dan belerang”

Sumber : web[dot]archive[dot]org/web/20190806200033/https://www.facebook.com/injilkerajaan777/posts/550398545706047?__tn__=K-R – Sudah dibagikan 425 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim terkait adanya Chip RFID 666 ini merupakan klaim yang sudah lama beredar.

Pada tahun 2014, rumor chip RFID pernah ramai diperbincangkan di AS, 1 dari 3 orang Amerika telah tertanam chip RFID dan sebagian besar tidak menyadarinya. Dalam laporan yang beredar mengatakan bahwa kebanyakan chip ditanamkan saat perawatan gigi.

Pada pertengahan tahun 2017, rumor chip 666 RFID beredar di Indonesia melalui pesan berantai. Umat Kristen Indonesia saat itu dihebohkan dengan kabar adanya demo pemasangan chip ini yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, akhir Juli 2017 lalu.

Pihak ICE akhirnya membantah dan menjelaskan bahwa acara di ICE BSD City tidak ada kaitannya dengan chip 666 RFID. Mereka mejelaskan bahwa telah terjadi kesalahpahaman dimana saat tayangan di RCTI yang membahas mickrochip implan, dalam waktu bersamaan muncul tayangan iklan acara IIPE. Dengan itu, yang menyebarkan informasi salah menduga acara IIPE adalah acara demo pemasangan chip RFID 666.

Bahkan cerita itu dihembuskan oleh situs satir untuk mengolok-olok teori konspirasi yang menuduh pemerintah mencoba mengendalikan warganya dari jarak jauh dengan menggunakan microchip.

Penggunaan mikrochip yang ditanam di bawah kulit tidak menutup kemungkinan akan dilakukan suatu hari nanti, tetapi fungsinya untuk menyimpan informasi riwayat medis penting yang nantinya akan digunakan oleh dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Cerita tentang chip implan 666 RFID yang ditanamkan pada tangan kanan dan dahi tidak terbukti alias hoax, berasal dari teori liar yang dihembuskan oleh para pecinta teori konspirasi, kemudian berkembang dengan menghubungkannya dengan agama, dengan mengatakan bahwa angka 666 merupakan simbol dari kejahatan anti-Kristus.

REFERENSI :
https://www.hoaxes.id/2018/01/mikrochip-implan-666-rfid-anti-kristus-hoax.html
https://www.snopes.com/fact-check/microchip-implant/
https://www.hoax-slayer.com/hoax-1-in-3-americans-implanted-rfid-chips.shtml

About Adi Syafitrah 664 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo