[KLARIFIKASI] Penguburan Janin Hasil Aborsi oleh Penduduk Dusun Doi Coc

Sebelumnya dinarasikan di Rio de Janeiro (Brazil), lokasi peristiwa yang sebenarnya adalah di Vietnam. Salah satu negara dengan tingkat aborsi tertinggi di dunia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Klarifikasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2JXvCDt Page “PAZ – Pemuda Akhir Zaman” (facebook.com/AhmadAljaniby14), sudah dibagikan 8,588 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“ini terjadi diluar negeri.

Lelaki ini pergi ketempat pembuangan sampah di belakang klinik pengguguran untuk mengambil bayi-bayi yang tidak berdaya ini, mencuci dan menguburkannya karena mereka bukan sampah, mereka adalah manusia sama seperti kita!!

Dari sumber berbahasa Asing.

Ntah benar atau tidak, wallah ‘a’lam.”

======

PENJELASAN

Viet Nam News: “… HA NOI – Sebuah kuburan yang sunyi di dusun Doi Coc mirip dengan yang lain, tetapi barisan putih makam yang rapi menampung ribuan janin mati yang ditinggalkan oleh penduduk desa yang dibawa kembali dan dimakamkan.
Selama bertahun-tahun, penduduk setempat di dusun di Desa Thanh Xuan di Distrik Soc Son, tidak ingin orang luar tahu tentang tindakan tanpa pamrih mereka dalam menemukan tempat peristirahatan bagi janin yang ditinggalkan. Mereka mengatakan itu hanya bertindak karena simpati untuk yang belum lahir.

Tetapi beberapa bulan yang lalu, berita tentang kuburan mencapai media. Tiba-tiba, topik tersebut mendapat perhatian besar.

“Kami tidak ingin fokus ada pada kami,” kata Nguyen Van Thao, yang mengurus pemakaman. Dia adalah salah satu penduduk desa pertama yang terlibat dalam tugas itu. “Kami mencoba yang terbaik untuk memastikan bahwa tindakan kami membantu meringankan penderitaan jiwa-jiwa ini.”

Sekarang, pengunjung sering datang untuk belajar bagaimana, di tengah kerepotan kehidupan sehari-hari, sekelompok penduduk desa memberikan waktu luang mereka sendiri untuk secara sukarela menemukan tempat peristirahatan yang damai bagi jiwa-jiwa bayi. …”

Google Translate Chrome Extension, selengkapnya di http://bit.ly/2Z2wZHj (arsip cadangan di http://bit.ly/2SxAByr).
Tautan ke artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2Gseyo9 (arsip cadangan di http://bit.ly/30XDuMd).

======

REFERENSI

(1) Snopes: “Apakah Foto Ini Menunjukkan Seorang Pria Mencuci Janin yang Dibatalkan di Brasil?

Sebuah foto viral konon menunjukkan “pro-lifer” mencuci janin yang digugurkan di Rio de Janeiro, tetapi gambar itu tampaknya berasal dari tempat lain.

DAVID MIKKELSON
DITERBITKAN 30 APRIL 2018

(foto tangkapan layar)

Klaim
Sebuah foto menangkap seorang pria yang mencuci janin yang digugurkan di Brasil.

Peringkat
Salah kaprah
Tentang peringkat ini (tautan ke https://www.snopes.com/fact-check/rating/miscaptioned/)

Asal
Pada bulan April 2018 sebuah gambar diedarkan secara luas melalui Facebook dan blog , gambar yang konon menggambarkan seorang pria yang mencuci janin yang digugurkan di Brasil sebagai persiapan untuk penguburan:

https://www.facebook.com/nightlightspeaker/posts/10215712457501588
This man in Rio bathes, dresses & then buries aborted babies found discarded at an abortion clinic…
Perhaps this is one way we could bring the importance of every life home to our fellow Americans. Can you imagine if there was an army of citizens who treated EVERY one of the 3,562 abortions per DAY in the US with the respect due to a murdered innocent? I think there would be a national discussion immediately.

Aborsi umumnya ilegal di Brasil kecuali untuk beberapa keadaan tertentu (misalnya, kehamilan akibat pemerkosaan, ketika kehidupan wanita berisiko, janin memiliki gangguan otak yang fatal), dan pos-pos ini tampaknya merupakan versi terkooptasi dari materi yang berasal dari Vietnam.

Foto yang sama ini sebelumnya telah didistribusikan sebagai bagian dari set yang lebih besar yang diterbitkan oleh situs berita Vietnam Emdep . Teks yang menyertai kumpulan foto itu menggambarkan seorang sukarelawan yang secara ritual mencuci sisa-sisa janin yang digugurkan, kelahiran mati, dan / atau bayi prematur atau terlantar (terjemahannya tidak jelas) dalam persiapan untuk penguburan.

Informasi ini konsisten dengan akun lain dari bagian dunia itu, termasuk laporan berita yang menunjukkan bahwa Vietnam memiliki salah satu tingkat aborsi tertinggi di dunia: …”

Google Translate Chrome Extension, selengkapnya di http://bit.ly/2y6Vw2e (arsip cadangan di https://archive.li/uTa0L).
Tautan ke artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2YcCNMY (arsip cadangan di https://archive.li/W4NMA).


(2) http://bit.ly/2Z2zpFT, arsip cadangan SUMBER.