[SALAH] “Mengerikan Agama Baru Meniru Islam”

Pelintiran daur ulang. Kristen Ortodoks bukan agama baru, sudah ada sejak Kekaisaran Romawi Timur (Byzantium) yang di Indonesia resmi diakui pada tahun 1991.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

[SALAH] "Mengerikan Agama Baru Meniru Islam"Pelintiran daur ulang. Kristen Ortodoks bukan agama baru, sudah ada sejak Kekaisaran Romawi Timur (Byzantium) yang di Indonesia resmi diakui pada tahun 1991.Selengkapnya di http://bit.ly/32sTKX5 https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/935699180095951/

Posted by Aribowo Sasmito on Monday, July 15, 2019
(video di https://www.facebook.com/aribowosasmito/videos/10157687233998217/)

http://bit.ly/2YaEzlQ Page “Top Film” (facebook.com/sintawatey777), sudah dibagikan 50,000 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Mengerikan lihat video ini…..apa pendapat saudara Dan sebarkan video ini…. Untuk Masyarakat Islam lain….”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan video mengenai Kristen Ortodoks.
  • SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran yang tidak sesuai dengan konteks fakta yang sebenarnya.

(2) OrthodoxResearchInstitute(dot)org: “Pada tahun 1991, Gereja Ortodoks secara resmi diakui setelah banyak perjuangan yang sulit, dan ditempatkan di bawah perawatan bagian Protestan dari Departemen Agama Negara. …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2JFVaVw, arsip cadangan di https://archive.fo/ArMyX. Artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2JEDTvW, arsip cadangan di https://archive.fo/Iulz9.

======

REFERENSI

(1) turnbackhoax(dot)id: “[DISINFORMASI] Sekte Kristen Meniru Islam”, post sebelumnya di http://bit.ly/2YWGpEi.


(2) Wikipedia: “Gereja Ortodoks Indonesia

Gereja Ortodoks Indonesia (disingkat GOI; atau Indonesian Orthodox Church) adalah salah satu kelompok gereja Kristen di Indonesia yang beraliran Ortodoks. Gereja ini menaungi lebih dari 2.000 orang percaya dan terdiri dari 13 paroki (parish) yang tersebar di pulau-pulau Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, Timor dan Papua (New Guinea). Gereja ini sekarang dipimpin oleh Mitra-Arkimandrit Romo Daniel, yang secara kanonikal berada di bawah Keuskupan Agung Sydney, Australia dan New Zealand dari Gereja Ortodoks Rusia di luar Rusia (Russian Orthodox Church Outside Russia atau ROCOR).[1] …”

Selengkapnya di http://bit.ly/2XKxSrh.


(3) Medcom(dot)id: “Mengenal Gereja Ortodoks yang ‘Serupa’ Masjid

Moscow: Pepatah “lain ladang, lain belalang” tepat menggambarkan rumah-rumah ibadah Rusia. Walau memiliki menara dan kubah layaknya masjid, namun yang ini adalah gereja. Tepatnya gereja untuk umat Kristen Ortodoks. …”

Selengkapnya di http://bit.ly/30FLWzD, arsip cadangan di http://bit.ly/30FMplj.


(4) RBTH: “Tujuh Fakta Gereja Ortodoks

Apakah yang dimaksud dengan Ortodoks? Ada berapa banyak umat Ortodoks di dunia? Mengapa gereja Ortodoks mirip masjid? Berikut RBTH menyajikan tujuh fakta yang akan menjawab rasa penasaran Anda mengenai Ortodoks. …

Selengkapnya di http://bit.ly/2LoijPK, arsip cadangan di http://bit.ly/2LRnMh8.


(5) http://bit.ly/2NYeeDY, arsip cadangan SUMBER.