[SALAH] “TERB0NGKAR KENAPA C1.N@ P.K! INGIN BELI SEMUA TANAH STRATEGI DIINDONESIA”

Bukan tentang Cina PKI, durasi awal (5 menit 41 detik) video hasil suntingan yang dibagikan adalah peristiwa eksekusi Kompleks Perumahan POMAL di Jakarta Utara pada tahun 2011. Materi yang sama pernah digunakan untuk pelintiran di post sebelumnya: “[SALAH] Lahan TNI AL Surabaya mau dieksekusi lewat pengadilan oleh pengembang cina”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2LClWRk, Page “Berita Piyungan” (facebook.com/Berita-Piyungan-612245969165966), sudah dibagikan 3.369 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“GAWATTT…!!! TERB0NGKAR KENAPA C1.N@ P.K! INGIN BELI SEMUA TANAH STRATEGI DIINDONESIA”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan video hasil suntingan. Video peristiwa eksekusi Kompleks Perumahan POMAL di Jakarta Utara pada tahun 2011 diambil, ditaruh di durasi awal (5 menit 41 detik), digabungkan dengan video lain yang tidak ada kaitannya.
  • SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks peristiwa yang sesungguhnya, sehingga menimbulkan premis yang salah.

(2) Sumber video durasi awal, http://bit.ly/2XAxiYa YouTube: “Eksekusi TNI AL Vs PENGADILAN NEGERI JAKARTA UTARA

deddyiskan
Published on Apr 14, 2011″.

======

REFERENSI

turnbackhoax(dot)id: “[SALAH] Lahan TNI AL Surabaya mau dieksekusi lewat pengadilan oleh pengembang cina”, selengkapnya di post sebelumnya di http://bit.ly/2IbIUMN.