[SALAH] Menkes Jalani Terapi DSA di RSPAD Gatot Soebroto

Debunk ini berisi bantahan perihal informasi yang menyebar di aplikasi WhatsApp yang menyebut Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek menjalani terapi kesehatan pada Rabu (26/6/2019) lalu. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Widyawati menegaskan isu ini tidak benar atau hoaks.

======

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT / HOAKS

======

======

[NARASI]:

Breaking news..malam ini menteri kesehatan Nila Muluk diterapi DSA di Rspad gatot Soebroto oleh Mayjen DR Terawan kepala Rspad..secara defacto mengakui terapi DSA dirspad yang dulu ditentang nya.

======

[PENJELASAN]:

Beredar kabar di Aplikasi WhatsApp yang menyebut bahwa Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menjalani terapi DSA (digital substraction angiography). Disebutkan, Nila mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto di Senen, Jakarta Pusat.

Dalam pesan itu menyebut, Nila ditangani oleh Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto. sekedar informasi Teknik pemeriksaan ini pada umumnya digunakan untuk mendiagnosis berbagai penyakit pembuluh darah. dilakukannya DSA untuk mendiagnosis penyakit vaskuler obstruktif yang disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan dalam lumen arteri dan vena.

Menanggapi hal tersebur, dilansir dari laman kompas.com, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Kementerian Kesehatan Widyawati membantah kabar ini. Menurut dia, Nila tidak sedang menjalani terapi.

“Ibu Menkes dalam kondisi prima dan tidak menjalani terapi apa pun,” kata Widyawati saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/6/2019).

Kenyataannya, pada Rabu (26/6/2019) lalu, Nila berada di Tokyo, Jepang, mengunjungi Panti Izumien Eldery Care dan Sakuraen Elderly Care. Dalam acara tersebut, Nila menemui 19 perawat lulusan Indonesia yang bekerja di Jepang sebagai caregiver.

Widyawati mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap segala jenis informasi yang diterima. “Masyarakat diminta untuk tidak percaya kabar tesebut, juga tidak menyebarkan hoaks tersebut,” ujar dia.

======

REFERENSI:

https://nasional.kompas.com/read/2019/06/27/16072441/hoaks-menkes-jalani-terapi-dsa-di-rspad-gatot-soebroto

https://www.gleneagles.com.sg/id/specialties/medical-specialties/neurology-and-neuro-surgery/dsa