[SALAH] Hewan Yang Ditemukan Di Kuburan Ini Punya Suara Jeritan Mengerikan

Akun twitter bernama Erni Jasin memposting sebuah video singkat dan diklaim merupakan binatang di negara Arab yang suka tinggal di perkuburan dan memiliki suara jeritan menyeramkan, dan seperti suara jeritan orang didalam kubur. Faktanya, hewan itu merupakan Alligator Snapping Turtle yang hidup di daerah Amerika Serikat seperti Texas hingga Florida, Indiana, hingga Kansas. kemudian suara yang diklaim sebagai jeritan si hewan dapat dipastikan adalah editan.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

(https://twitter.com/luaneyap31/status/1142623964960710656)

======

[NARASI]:

Believe it or not :

Sejenis binatang dinegara Arab yg suka tinggal di perkuburan, banyak org menyangka suara ini datang dr suara org tersiksa didalam KUBUR

Inilah suaranya menyerupai suara jeritan SIKSA

Menurut teman yg tinggal di Jepang, binatang ini namanya Suppon dn dimakan.

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun twitter bernama Erni Jasin membagikan video yang disertai narasi mengenai sebuah hewan yang diklaim merupakan hewan dari negara Arab yang suka tinggal di perkuburan dan mengeluarkan suara seperti orang yang berteriak, dan dianggap seperti suara orang yang tersiksa di dalam kubur.

Posted by Syarief Ramaputra on Thursday, June 27, 2019

Setelah ditelusuri, diketahui bahwa hewan tersebut merupakan alligator snapping turtle atau kura-kura buaya. Dilansir dari National Geographic, alligator snapping turtle ini merupakan reptil purba yang sudah hidup sejak zaman dinosaurus. Hewan ini mampu hidup hingga 200 tahun di alam liar.

Secara fisik, hewan ini memiliki bagian kepala yang mirip dengan seekor alligator. Hal ini terlihat dari ujung bibirnya yang runcing dan rahang yang kuat.

Di bagian tempurungnya terlihat tiga scute dorsal yang berukuran besar dan berjumlah banyak. Di bagian belakang, hewan ini memiliki ekor yang panjang yang membuatnya berbeda dari kura-kura pada umumnya.

Alligator snapping turtle ini hidup di daerah Amerika Serikat seperti Texas hingga Florida, Indiana, hingga Kansas. Hewan ini juga senang hidup di perairan dangkal yang tidak terlalu dalam untuk memudahkannya mengambil udara di permukaan air.

Jika pengunggah video tersebut menyebut bahwa hewan ini hidup di kuburan, kabar tersebut adalah hoaks ya. Pasalnya, hewan ini butuh hidup di perairan.

Melansir Wikipedia, alligator snapping turtle ini ternyata masuk dalam daftar merah IUCN dengan kategori ‘Vulnerable’ yang menjelaskan jika kura-kura ini telah memasuki masa-masa rentan punah.

Melihat berbagai sumber, dapat sangat dipastikan jika video mengenai hewan yang ditemukan di kuburan di negara Arab dan memiliki suara jeritan mengerikan ini hanyalah hoaks karena sudah melalui proses editing, dan kura-kura jenis tersebut berasal dari negara Amerika serta habitatnya adalah di air dan bukan kuburan.

======

REFERENSI:

https://www.hitekno.com/…/hewan-yang-ditemukan-di-kuburan-i…

https://en.wikipedia.org/wiki/Common_snapping_turtle