[SALAH] “Sinyal Internet Untuk Di Berhentikan Di Seluruh Indonesia”

Pesan berantai yang menyebutkan sinyal internet diberhentikan di seluruh Indonesia merupakan informasi palsu. Sebab, narasi semacam itu sudah beberapa kali muncul tiga kali pada bulan September 2017, Januari 2018, dan April 2019. Isu tersebut sudah pernah diperiksa faktanya di turnbackhoax.id. Perbedaannya hanya ada modifikasi pada bagian narasinya.

Adapun, pihak Kemenkominfo sudah memberikan klarifikasi terkait pesan berantai yang baru saja tersebar. Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza menegaskan, pesan berantai itu merupakan hoaks. “Jelas hoaks itu. Tulisan tersebut adalah hoaks,” ujar Noor Iza.

=====

Kategori: Fabricated Content

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

Mohon ijin sekedar info, menginformasikan bahwa sinyal internet untuk di berhentikan di seluruh Indonesia mulai pukul 18 00 sampai pukul 20 00.

Just info buat kawan” ku semua.

Semua WA EROR karena ada pemasangan CC REKAM WA , FB , IG , TWITTER , LINE yaa berbasis SOSMED .

Jadi harap berhati” dalam berucap dan berketik di SOSMED..

Semua aktifitas HP dll….terpantau 100%

Mulai besok sudah berlaku :*

Semua  panggilan   dicatat.

Semua  rekaman panggilan telepon   tersimpan.

WhatsApp  dipantau,

Twitter  dipantau,

Facebook  dipantau,

Semua….media  sosial…..   dan  forum dimonitor,

Informasikan kepada mereka yang tidak tahu.

Perangkat Anda terhubung ke sistem pelayanan.

Berhati-hatilah mengirimkan pesan yg tidak perlu.

Beritahu anak-anak Anda, Kerabat dan teman tentang berita ini

Jangan    teruskan  tulisan    atau  video  dll,    bila  Anda   menerima  postingan  mengenai    situasi   politik/masalah  Pemerintahan   sekarang / PM, dll

Pihak berwajib telah mengeluarkan pemberitahuan yang disebut .. Kejahatan Cargo … dan tindakan  akan dilakukan, bila  perlu  hapus saja  postingan  yang  masuk kalau   akan   merugikan  anda.

Menulis   atau    meneruskan    pesan   apapun   pada   setiap   perdebatan  politik  dan   agama   sekarang   merupakan   pelanggaran …  penangkapan tanpa  surat   perintah …

Informasikan berita ini kepada orang lain agar selalu waspada.

Ini   sangat serius,  perlu   diketahui   semua   kelompok   dan   anggota /individu.

Bila anda sebagai Admin Group bisa dalam masalah besar.

Beritahu semua orang tentang ini untuk berhati-hati.

Tolong bagikan;   Ini sangat berguna   untuk   Admin  group,   mohon  berhati-hati….

kasih tau yg lainnya…

🙏🙏🙏

=====

Penjelasan Lengkap:

Pesan berantai berisikan upaya mematikan internet oleh pemerintah beredar sedari tanggal 18 Mei 2019. Dalam isi pesan tersebut dikatakan bahwa pemberhentian internet itu dilakukan pada pukul 18.00 hingga 20.00 WIB. Selain itu, dalam narasinya disebutkan pula bahwa segala kegiatan media sosial dipantau.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai itu sudah pernah muncul September 2017, Januari 2018, dan April 2019. Isu tersebut sudah pernah diperiksa faktanya di turnbackhoax.id. Perbedaannya hanya ada modifikasi pada bagian narasinya. Kemunculan narasi itu dikaitkan dengan peristiwa demonstrasi pada tanggal 20-21 Mei 2019.

Adapun, pihak Kemenkominfo sudah memberikan klarifikasi terkait pesan berantai yang baru saja tersebar. Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza menegaskan, pesan berantai itu merupakan hoaks. “Jelas hoaks itu. Tulisan tersebut adalah hoaks,” ujar Noor Iza.

Noor pun menjelaskan, pemerintah telah memiliki aturan tersendiri soal penyampaian informasi melalui media sosial. Aturan tersebut terdapat pada UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

“Kalau konten negatif sudah ada aturan. Perbuatan yang dilarang Pasal 27 sampai dengan Pasal 37 UU Nomor 1 Tahun 2008 tentang ITE,” jelasnya.

Kemenkominfo, lanjut Noor, meminta kepada masyarakat agar selalu melakukan cek dan ricek terhadap sebaran informasi yang tidak jelas ataupun meragukan. “Selalu saring sebelum sharing sebagai bagian dari upaya mendukung pencegahan hoaks yang dapat merugikan banyak pihak,” ujar dia.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/898842083781661/

https://style.tribunnews.com/2019/05/19/viral-pesan-whatsapp-sebut-internet-diberhentikan-serentak-di-indonesia-pukul-1800-2000-hoax?page=all

https://nova.grid.id/read/051734806/beredar-pesan-berantai-sinyal-internet-diberhentikan-di-indonesia-karena-aksi-22-mei-pemerintah-pastikan-itu-hoax?page=all

https://jogja.idntimes.com/news/indonesia/izza-namira-1/pesan-whatsapp-terkait-pemerintah-mematikan-internet-itu-hoax-regional-jogja/full