[SALAH] “Pengarang “Jokowi Undercover” semasa mudanya berteman dengan Jokowi”

Bambang Tri kuliah di Unsoed (Purwokerto), sementara foto yang dibagikan adalah kegiatan Jokowi bersama Mapala UGM. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2WQof5I https://archive.fo/PHOdY, akun “Gus Arifin AT Tarmudzi” (facebook.com/gus.tarmudzi), sudah dibagikan 603 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(2) http://bit.ly/2FTgDbF https://archive.fo/xzmdR, akun “Abi Divie” (facebook.com/abidivie82), sudah dibagikan 154 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

Cek salinannya di (2) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan foto kegiatan Jokowi bersama Mapala UGM.
  • SUMBER menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah, kegiatan Mapala UGM dikaitkan dengan Bambang Tri yang kuliahnya di Unsoed, bukan di UGM.

——

(2) Salah satu sumber foto, http://bit.ly/2uLPRgc detikNews: “Kamis 29 November 2018, 18:11 WIB

Foto News

Deretan Foto Jokowi dari Anak Mapala Hingga Jadi Presiden

Istimewa – detikNews

Jakarta detikNews – Kisah hidup Presiden Jokowi selalu menarik untuk dilihat. Dari seorang sosok pecinta alam ia kini berhasil menjadi sosok nomor satu di Indonesia.

(foto)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui menempuh pendidikan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Di masa studinya itu Presiden Jokowi banyak menghabiskan waktu bersama kelompok mahasiswa pecinta alam (Mapala). Istimewa/Dok. Facebook Jokowi.”

——

(3) Salah satu artikel mengenai latar belakang Bambang Tri, TEMPO(dot)CO: “Setelah lulus SMA Negeri 1 Blora, ucap dia, Bambang Tri ikut tes perguruan tinggi negeri. Pilihannya adalah Universitas Diponegoro, Semarang, dan Unsoed. Ternyata dia diterima di dua universitas tersebut. Bambang Tri kemudian memilih Unsoed dengan Jurusan Pertanian.”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2UE9Cok TEMPO(dot)CO: “Ini Rekam Jejak Pendidikan Penulis Jokowi Undercover

Oleh : Tempo.co
Jumat, 6 Januari 2017 10:26 WIB

(foto)

TEMPO.CO, Blora – Penulis buku Jokowi Undercover, Bambang Tri Mulyono, 45 tahun, punya rekam jejak pendidikan yang baik saat duduk di bangku sekolah dasar-sekolah menengah atas. Sayangnya, meski selalu mendapat ranking kelas, dia tidak tamat kuliah alias dropout saat menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto.

“Sekolahnya pintar, sering dapat ranking,” ujar Bambang Sartono, 54 tahun, kakak Bambang Tri, kepada Tempo, Jumat, 6 Januari 2017.

Bambang Sartono menceriterakan, adiknya menempuh pendidikan di SD Negeri Sukorejo, SMP Negeri 2 Blora, dan SMA Negeri 1 Blora. Dia menonjol dalam pelajaran matematika, ilmu pengetahuan alam, dan bahasa Inggris. Selain itu, dia pandai mengaji.

Setelah lulus SMA Negeri 1 Blora, ucap dia, Bambang Tri ikut tes perguruan tinggi negeri. Pilihannya adalah Universitas Diponegoro, Semarang, dan Unsoed. Ternyata dia diterima di dua universitas tersebut. Bambang Tri kemudian memilih Unsoed dengan Jurusan Pertanian.

Sayang, Bambang Tri dropout dari perguruan tinggi negeri tersebut. Padahal kuliahnya sudah masuk tahun-tahun akhir. Dia diketahui sudah melakukan penelitian dan sedang mengajukan proposal untuk persiapan skripsi. Kabarnya, Bambang dropout karena asyik dengan dunia menulis, membuat tabloid, dan berkelana ke beberapa pondok pesantren untuk mendalami agama Islam.

Kepolisian Republik Indonesia menangkap Bambang Tri di Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, pada Jumat, 30 Desember 2016. Dia ditangkap atas dugaan ujaran kebencian yang dalam buku yang ditulisnya itu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Markas Besar Polri Brigadir Jenderal Rikwanto menuturkan Bambang Tri ditahan di Jakarta. “Tersangka Bambang Tri Mulyono dititipkan penahanannya di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya,” kata Rikwanto dalam keterangan resminya, Sabtu, 31 Desember 2016.

SUJATMIKO”.

——

(2) Salinan narasi yang digunakan oleh SUMBER:

  • “HOT NEWS………!!!

‘Kenapa Bambang Tri Tau Latar Belakang Jokowi Dalam Bukunya “Jokowi Undercover ” ???

Karna Dulu Semasa Mudanya Mereka Berteman dan Bersahabat akrab.

Dan Bambang Tri Sampai Sekarang Dipenjara Karna Menyuarakan Kebenaran..!

Sampai di Sini Paham Kaaaaann……….!!!

#2019WesWayahePrabowoSandi

#PrabowoTheNextLeader

.”

  • “Owalah… Akhirnya nemu juga, arti dari Speda Putus Rante nya..

Reposted from @ghe_ai173 – Bambang Tri Pengarang Buku “Jokowi Undercover”.
Ternyata mereka sudah saling kenal dari kecil.
Pantesan aja Bambang Tri tau persis siapa jokowi.
Dan skrg teman masa kecil itu di penjara tanpa melalui pengadilan…
.
Tega kau ferguso !!!
.

#2019gantipresiden #2019prabowopresidenri #indonesiaadilmakmur – #regrann”.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/868536153478921/