[SALAH] “PLN Benar-benar tak punya malu dan etika”

Pose jari di foto yang disebarkan adalah “L” untuk “Listrik”, tidak ada hubungannya dengan dukungan ke salah satu paslon seperti premis pelintiran yang dibangun oleh SUMBER. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

https://archive.fo/PaRHN, post oleh Page “KataKita” (facebook.com/pageKataKita), sudah dibagikan 224 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“PLN merupakan BUMN, perusahaan milik negara dan mencari pendapatan bagi negara. Pegawainya mau mendukung siapapun boleh saja tapi harusnya tidak dilakukan sewaktu bekerja. Apalagi dia sedang menjalankan pekerjaan dari program pemerintah sekarang dan malah mendukung Capres petahana.

Benar-benar tak punya malu dan etika. Silahkan PLN telusuri siapa dia. Beginikah cara sosialisasi PLN (Kanan, : seorang manager PLN Kramat Jati jakarta berinisial H telp 081287171***) . Silahkan diklarifikasi kebenarannya….”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan foto dokumentasi kegiatan “Hari Pelanggan Nasional”.
  • SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran, menghubung-hubungkan pose jari “L” yang artinya “Listrik” ke hal lain yang tidak ada kaitannya.

——

(2) Klarifikasi oleh yang terkait: “… Terkait dengan beredarnya informasi atas tuduhan ketidaknetralan PLN saat Pemilu 2019 melalui post Facebook dari akun KataKita yang dipost pada hari Minggu, 24 Maret 2019, kami sampaikan bahwa foto yang diunggah akun tersebut merupakan foto yang diambil pada Hari Pelanggan 4 September 2018. Pada hari tersebut, tim kami mengunjungi pelanggan-pelanggan untuk memberikan apresiasi atas kepercayaan kepada PLN dan kemudian berfoto sebagai dokumentasi kegiatan. …”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(3) Salah satu artikel yang berkaitan:

  • WE Online: “Hari Pelanggan Nasional, PLN Disjaya Sapa Atlet Juara di All England”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2Fx0cTi “PLN Distribusi Jakarta Raya” (facebook.com/plndistjaya): “PLN Berkomitmen Jaga Netralitas Pemilu 2019

Terkait dengan beredarnya informasi atas tuduhan ketidaknetralan PLN saat Pemilu 2019 melalui post Facebook dari akun KataKita yang dipost pada hari Minggu, 24 Maret 2019, kami sampaikan bahwa foto yang diunggah akun tersebut merupakan foto yang diambil pada Hari Pelanggan 4 September 2018. Pada hari tersebut, tim kami mengunjungi pelanggan-pelanggan untuk memberikan apresiasi atas kepercayaan kepada PLN dan kemudian berfoto sebagai dokumentasi kegiatan.

Adapun pose jari telunjuk dan ibu jari yang membentuk huruf “L” tersebut merupakan akronim dari Listrik yang merupakan semangat kami dalam melistriki masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik. Namun untuk menunjukkan komitmen kenetralan kami dalam masa Pemilu 2019, simbol yang menunjukkan semangat kami tersebut kami hentikan sementara waktu sejak diumumkannya nomor urut Pasangan Capres Cawapres pada 21 September 2018.

Perlu kami sampaikan bahwa kami akan menindak tegas pihak-pihak yang menyalahgunakan foto kami untuk membuat berita palsu dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Demikian klarifikasi ini kami sampaikan. Mari meramaikan pesta demokrasi dengan semangat kejujuran dan perdamaian. Terima kasih.

Salam hangat,

Humas PLN UID Jakarta Raya”

——

(2) http://bit.ly/2U9OE0q WE Online: “Hari Pelanggan Nasional, PLN Disjaya Sapa Atlet Juara di All England

(foto)

WE Online, Jakarta – Merayakan Hari Pelanggan Nasional PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) memberikan apresiasi kepada mantan atlet bulu tangkis tahun 1970-1980-an Verawaty Fajrin yang merupakan salah satu pelanggannya.

General Manager PLN Disjaya, M. Ikhsan Asaad mengatakan, kunjungan kali ini merupakan sebagai bentuk apresiasi tinggi PLN kepada atlet bulu tangkis yang berhasil membawa Indonesia juara du All England.

“Masih dalam suasana Asian Games, jadi hari Pelanggan Nasional kami menyapa Ibu Vera (atlet bulu tangkis) yang pada tahun 70-80-an bisa membawa Indonesia juara All England, juara dunia, dan juara Asian Games,” katanya dalam keteranganya yang diterima di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Lanjutnya, Ia menambahkan pihaknya memberikan apresiasi berupa satu set pemasak listrik dan tambah daya gratis bagi Verawaty dan keluarga. “Ini bentuk apresiasi kami kepada pelanggan, kepada atlet, memang tidak seberapa tapi alhamdulillah kami bisa bertemu dengan Ibu Vera yang juga pelanggan PLN,” katanya lagi.

Sementara itu, Verawaty Fajrin merasa haru, pihaknya tidak menyangka PLN Disjaya datang ke rumahnya dan memberikan perhatian kepada dirinya sebagai mantan atlet yang pernah berjaya di masa lalu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PLN atas penghargaannya, walaupun tidak seberapa tapi yang penting perhatiannya ada terhadap mantan-mantan atlet,” kata Verawaty.

Selain itu, Vera memberikan beberapa komentar terkait kinerja dan pelayanan PLN saat ini, Ia mengatakan sudah banyak perubahan yang jauh lebih bagus.

“Jauh lebih bagus dibandingkan dulu yang sering mati. Kalau sekarang seperti di daerah saya ini, selama saya tinggal di sini sudah 20 tahun itu jarang sekali mati. Untuk pelayanannya juga sudah lebih bagus enggak perlu antri, bisa juga lewat ATM, mobile dan lain-lain,” paparnya.

Tag: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN)

Penulis/Editor: Vicky Fadil

Foto: PLN Disjaya”.

======

CATATAN

Menambahkan post sebelumnya di https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/860682480930955/

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/861261594206377/