[SALAH] Cuitan Akun Twitter @LiesSugiyarti yang Membahas Pernyataan Sandiaga Uno saat Debat Cawapres

Jadi, akun @LiesSugiyarti bukan orang yang sama yang dibahas oleh Sandiaga Uno ketika debat. Foto profil akun tersebut usut punya usut menggunakan foto milik orang lain yang bernama Ega Hegarini.

======

Kategori : HOAKS / Fabricated Content

======

Sumber : Media Sosial Twitter https://twitter.com/LiesSugiyarti dan Akun Facebook Mak Lambe Turah https://www.facebook.com/…/a.60288286988…/1299176283588496/…

Narasi :

1. “Pa Sandiaga Uno sebaiknya jgn bawa bawa saya dalam debat. Saya di Sragen sdh susah. Jangan buat saya lebih susah. Nanti netizen DM saya, ajak saya kopdar lalu nanti saya harus bikin thread. Plis pa Sandiaga Uno. Saya hormat kpd Anda walau terakhir saya dengar anda ga bayar kopi,” tulis akun @LiesSugiyarti.

2. Jadi ini maksudnya apa yaaa?
A. si Ibu Lies modus utk pansos ?
B. si Ibu Lies bersandiwara ?
C. Cawapres bersandiwara ?

.
https://twitter.com/LiesSugiyarti/status/1107280313078579201

======

Penjelasan :

Cawapres no urut 02, Sandiaga Uno, menyebutkan kisah warga bernama Ibu Lis, yang mengeluhkan biaya pengobatan kanker, di debat cawapres yang diadakan semalam (17/3).

Dalam sesi debat Pilpres 2019 putaran ketiga, Sandiaga menyampaikan kisah pilu Ibu Lis yang mana pengobatannya dihentikan lantaran BJPS tidak bisa lagi membiayai pengobatannya.

“Saya teringat kisah Ibu lis dan di mana pengobatannya harus disetop karena BPJS tidak lagi meng-cover. Di bawah Prabowo Sandi, kami pastikan dalam 200 hari pertama akar permasalahan BPJS dan JKN kita selesaikan. Kita pastikan defisit ditutup dengan penghitungan melibatkan putra putri terbaik bangsa,” kata Sandi dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta.

Setelah Sandi menyampaikan kisah tersebut, di Twitter tiba-tiba muncul akun yang mengatasnamakan Ibu Lis. Akun tersebut bernama @LiesSugiyarti.

Akun ini menariknya, muncul pada jam debat berlangsung, dan membuat heboh warganet di cuitannya karena membantah apa yang disampaikan oleh Sandiaga Uno.

Faktanya, Ibu Lis yang dimaksud yakni Liswati, dikutip dari akun Facebook Sandiaga Uno.

Dia merupakan penyandang kanker payudara yang biaya obatnya tidak ditanggung pemerintah.

Dalam postingan di akun Facebooknya, Sandi mengatakan perlakuan yang diterima Ibu Liswati sangat tidak adil.

“Beliau ingin mendapatkan keadilan untuk pelayanan kesehatan. Insya Allah Bu, kami akan perjuangkan masalah ini. Saya dan Pak Prabowo Subianto akan memperbaiki tata kelola BPJS, karena sistem BPJS kesehatan ini seharusnya dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan, bukan malah menyusahkan,” tulis Sandi dalam postingan tertanggal 30 Desember 2018.

Jadi, akun @LiesSugiyarti bukan orang yang sama yang dibahas oleh Sandiaga Uno ketika debat.

Foto profil akun tersebut usut punya usut menggunakan foto milik orang lain yang bernama Ega Hegarini. Namun belakangan fotonya berganti dengan warna bendera merah putih. Status biografi akun pun cukup menarik, yakni ‘saya tidak kenal Sandiaga’.

Referensi :

https://www.viva.co.id/…/1131160-heboh-tweet-akun-ibu-lis-s…

https://www.facebook.com/watch/?v=1164533257046595

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/856884161310787/

About Levy Nasution 381 Articles
Journalist, traveller