[SALAH] Informasi Kebakaran SPBU Medalem Bojonegoro

Debunk ini berisi bantahan terkait informasi berupa video yang menyebut bahwa telah terjadi kebakaran di SPBU Medalem, Desa Prayungan Kecamatan Sumberejo, Bojonegoro pada selasa malam. namun Dinas pemadam kebakaran Kabupaten Bojonegoro memastikan bahwa informasi peristiwa kebakaran, yang menimpa SPBU Medalem adalah berita bohong atau hoax.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH / DISINFORMASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[NARASI]:

Video kebakaran SPBU yang semula disebut SPBU Medalem, di Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video kebakaran SPBU di media sosial Whatsapp yang diklaim terjadi di SPBU Medalem, Bojonegoro pada selasa malam.

Người đăng: Syarief Ramaputra vào Thứ Ba, 12 tháng 3, 2019

Kepala Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, Andik Sujarwo SSTP MM, ketika dihubungi media ini menjelaskan, bahwa pada awalnya Dinas Damkar Bojonegoro menerima informasi dari seorang anggota grup WhatsApp, yang menginformasikan sekaligus menanyakan, apakah telah terjadi kebakaran di SPBU Medalem, dengan disertai video peristiwa kebakaran.

Selanjutnya, Dinas Pemadam Kebakaan Pos Bojoengoro dan Pos Baureno, langsung merespon informasi tersebut, dengan mengirimkan masing-masing satu unit mobil pemadam kebakaran, ke lokasi yang disebutkan, dengan maksud untuk melakukan pemadaman.

“Ternyata informasi tersebut tidak benar. Saat petugas sampai di SPBU Medalem, ternyat tidak terjadi kebakaran,” tutur Andik Sujarwo.

Andik Sujarwo mengimbau kepada warga masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, agar berhati-hati dalam memberikan informasi, khususnya terkait kejadian kebakaran.

Menurutnya, apabila menerima informasi yang belum tentu kebenarannya, hendaknya melakukan pengecekan terlebih dahulu, sebelum menyebarkan lagi pada orang lain.

“Kalau mendapatkan informasi jangan mudah percaya dan jangan langsung menyebarkan atau di share. Kalaupun mau menyebarkan, cek dulu kebenarannya, Karena setiap ada informasi kejadian kebakaran, anggota pemadam kebakaran sudah mengambil risiko yang tinggi di jalan, menuju lokasi kebakaran.” tutur Andik Sujarwo.

Pihaknya juga berpesan agar masyarakat jangan merasa yang paling cepat mendapatkan informasi, kemudian tanpa melakukan pengecekan, langsung menyebarkan kembali kepada orang lain atau kepada grup-grup WhatsApp yang lain.

“Petugas pemadam kebakaran akan merespon setiap kali ada laporan kebakaran. Sehingga diharapkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memberikan informasi terkait kejadian kebakaran,” pungkasnya.

[KESIMPULAN]:

Informasi yang beredar di grup Whatsapp terkait kebakaran di SPBU Medalem, Bojonegoro adalah tidak benar. Faktanya, video kebakaran itu terjadi di SPBU di Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Kebakaran terjadi diduga karena percikan api saat pengisian BBM pada sebuah jeriken alumunium.

======

REFERENSI:

https://kumparan.com/…/hoax-informasi-kebakaran-spbu-medale…

https://news.detik.com/…/gara-gara-isi-bbm-pakai-jeriken-sp…7 Komentar25 Kali Dibagikan7171SukaTunjukkan lebih banyak tanggapanKomentariBagikan;