[SALAH] Video Prabowo Subianto nabok tangan pendukungnya sendiri

Koordinator Jubir Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengklarifikasi peristiwa tersebut. Sosok lelaki yang ‘ditabok’ Prabowo adalah salah seorang pengamanan kampanye karena mendorong masyarakat yang ingin mendekat ke Prabowo. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

====================================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Salah 
====================================

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengunjungi Cianjur, Jawa Barat untuk berkampanye dan disambut banyak warga. Namun terdapat momen yang kurang mengenakan dimana di saat yang bersamaan, tersendatnya video yang memperlihatkan Prabowo seperti sedang menampar tangan seseorang yang memakai pakaian kemeja batik lengan panjang, kemudian menyuruhnya untuk keluar dari rombongan.

Banyak asumsi, klaim, dan spekulasi bahwa yang tangan yang ditampar oleh Prabowo merupakan tangan pendukungnya yang ingin mendekati Prabowo.

=================

Di facebook, video yang viral adalah dari akun Denny Siregar ( facebook.com/dennyzsiregar ) dengan narasi :
“Habis lihat video Pakde Jokowi yang bercengkerama dengan rakyat kecil, selfie dengan mereka, memeluk mereka, dekat dengan mereka..
..trus saya liat Prabowo Subianto yang ngamuk dan nabok tangan pendukungnya sendiri yang pengen bersalaman dengannya…
Rasanya kok makin mantap pilih 01, ya.. Ngeri gaya2 orde baru 😁😁”

Pada saat tangkapan layar diambil, video tersebut sudah dibagikan 11.082 kali dan ditonton lebih dari 290 rb kali.

SUMBER :
https://web.archive.org/web/20190312101151/https://www.facebook.com/dennyzsiregar/videos/3063083680384583

========================================

PENJELASAN

Koordinator Jubir Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengklarifikasi peristiwa tersebut. Dahnil tak ingin, video tersebut menjadi fitnah yang menyudutkan capres Prabowo.

Di akun Twitternya, Dahnil membalas cuitan penulis Iman Brotoseno. Iman menyebut di media sosialnya, Prabowo capres yang berkarakter galak. Namun, Dahnil beri klarifikasi kenapa Prabowo marah.

“Saudara Iman, anda ini rajin bener menebar fitnah bersama akun palsu, karena yakin selalu aman dari aparat hukum? Saya informasikan ya, itu yang diperingati dengan tegas oleh Pak @prabowo adalah aparat pengaman yang kasar dan mendorong rakyat yang ingin mendekati Pak Prabowo,” tulis Dahnil di akun Twitter resminya, dikutip merdeka.com, Selasa (12/3).

“Pak @prabowo bersama rakyat Cianjur.Beliau memperingatkan dengan keras aparat pengaman yang berlebihan sampai mendorong emak-emak yang ingin mendekati beliau. Aparat pengaman yang berbaju batik yang diperingatkan beliau pasti sadar betul kekeliruan dan peringatan Pak Prabowo tersebut. Jadi stop fitnah,” tulis Dahnil lagi.

Dalam lawatannya ke Cianjur, Prabowo menyapa rakyat Jawa Barat di Gedung Serbaguna Assakinah.

Sejumlah petinggi partai Koalisi Adil Makmur juga menyambut kedatangan Prabowo di lokasi acara. Di antaranya Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, Waketum Demokrat Syarifuddin Hasan, serta perwakilan dari PKS dan Partai Berkarya.

Prabowo mengaku mendapat tambahan semangat setiap kali mengunjungi daerah-daerah. Salah satu alasannya karena tingginya antusiasme masyarakat di tiap daerah yang dikunjunginya.

“Sambutan rakyat Cianjur luar biasa. Tidak kalah dengan masyarakat Tasik, Garut, bahkan Bandung. Sepanjang jalan saya hanya melihat masyarakat acungkan dua jari,” kata Prabowo.

“Kalau begini suasananya, kalau begini aromanya, ini aroma kemenangan rakyat. Aroma kemenangan rakyat,” imbuh Prabowo disambut gemuruh tepuk tangan masyarakat.

Timses Prabowo-Sandi sudah mengklarifikasi bahwa saat itu Prabowo memarahi pria berbaju batik karena mendorong emak-emak hingga jatuh yang juga sedang menyambut Prabowo di pinggir jalan.
Dalam siaran pers Badan Pemenangan Nasinoal (BPN) Prabowo-Sandi, Selasa (12/3), pria yang ditegur itu adalah salah satu pasukan pengamanan Prabowo di Cianjur.

“Kamu jangan halangi saya untuk salaman dengan rakyat,” ujar Prabowo Subianto, dalam siaran pers.

Prabowo juga memperingati anak buahnya tersebut agar tetap menjaga suasana kondusif meski masyarakat yang hadir sangat membludak.

“Kamu tidak boleh ya kasar kepada rakyat,” perintah Prabowo kepada pengawal tadi.

Tim pengamanan VVIP dari Polri untuk capres Prabowo Subianto angkat bicara mengenai viral video Prabowo marah-marah di atas mobil konvoi di Cianjur, Jawa Barat. Tim pengamanan Prabowo menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Cianjur dan Prabowo.

“Saya AKBP Rahmat Hakim, satgas Pamdal VVIP Mabes Polri yang ditugaskan selaku adc paslon capres 02 Bapak Prabowo Subianto, kami memohon maaf pada masyarakat Cianjur, serta kepada Bapak H Prabowo Subianto atas kegiatan pengawalan yang kami laksanakan,” ujar Rahmat dalam video yang diunggah akun Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak (@Dahnilanzar), Selasa (12/3/2019).

“Karena antusias masyarakat yang mendekat sehingga Bapak Prabowo Subianto mengingatkan kami untuk menjaga keselamatan masyarakat dan bersikap lebih humanis pada masyarakat. Demikian penyampaian kami untuk meluruskan berita-berita hoax yang beredar,” kata Rahmat.

Versi lain dari video tersebut, saat Prabowo Subianto berkata “jangan dorong rakyat..” bisa di lihat di : https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=10205527781710399&id=1727568993

REFERENSI :

https://www.merdeka.com/politik/viral-video-prabowo-marah-sampai-pukul-keamanan-ini-penjelasan-jubir-bpn.html
https://www.suara.com/news/2019/03/12/134444/viral-prabowo-gampar-dan-usir-lelaki-berbatik-dari-atas-mobil-saat-kampanye
https://www.suara.com/news/2019/03/12/141753/dahnil-prabowo-peringati-aparat-pengaman-kasar-ke-rakyat-yang-ingin-dekat
https://kumparan.com/@kumparannews/prabowo-saat-tegur-pria-dorong-emak-emak-tak-boleh-kasar-ya-ke-rakyat-1552383873283138572
https://news.detik.com/berita/d-4464398/pria-yang-ditepak-prabowo-seorang-polisi-minta-maaf-soal-pengawalan
https://twitter.com/Dahnilanzar/status/1105356510190682119
https://twitter.com/Dahnilanzar/status/1105352793848655872
https://www.facebook.com/TurnBackHoax/posts/2281248421927675
https://firstdraftnews.org/wp-content/uploads/2017/05/7-types-of-mis-and-disinformation-A5-1.pdf?x99899

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/853624271636776/