[SALAH] Innalillahi.. Ternyata Presiden Sekarang Sebenarnya Kristen ! Dan Pemerintahan Sekarang Di Kuasai Kristen ! >> Pantas Banyak Kebijakannya Yang Anti Islam !

Isu lama yang didaur ulang. Jokowi merupakan penganut agama Islam dan dapat dibuktikan dengan akta nikah serta KTP dari Jokowi yang mencantumkan bahwa beliau memang beragama Islam. Isu ini telah muncul sejak 2014 silam yang disebarkan di media sosial dan situs abal – abal. 
Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

====================================
Kategori : HOAKS / Konten yang Menyesatkan
====================================

Beredar di media sosial Facebook sebuah tangkapan layar dari artikel yang bersumber dari situs blogspot. Situs tersebut mengangkat artikel berjudul “Innalillahi.. Ternyata Presiden Sekarang Sebenarnya Kristen ! Dan Pemerintahan Sekarang Di Kuasai Kristen ! >> Pantas Banyak Kebijakannya Yang Anti Islam !” 
Salah satu akun yang menyebarkan artikel tersebut adalah akun dengan nama Elkhani ( facebook.com/elkhani.elkhani.3 ) yang menambahkan caption :
“MOHON DIBACA BAIK BAIK, INI BUKAN FITNAH !!!
MOHON DIMENGERTI DAN TOLONG DI VIRALKAN BIAR MEREKA YANG TIDAK TAHU TAHU !”

Sumber :
http://bit.ly/2VVeeDU – Membagikan artikel : https://web.archive.org/web/20180721204216/http://duniamuallaf.blogspot.com/2015/04/innalillahi-ternyata-presiden-sekarang.html

================================================

PENJELASAN

Adapun isu bahwa presiden Jokowi adalah Kristen merupakan isu yang sudah lama dan terus muncul dengan narasi yang berbeda. Jokowi merupakan penganut agama Islam dan dapat dibuktikan dengan akta nikah serta KTP dari Jokowi yang mencantumkan bahwa beliau memang beragama Islam. Isu ini telah muncul sejak 2014 silam yang disebarkan antara lain oleh Tabloid Obor Rakyat. Jokowi yang sejatinya seorang Jawa dan Muslim itu, terus digembar-gemborkan sebagai seorang keturunan Cina dan beragama Kristen. Isu bohong ini terus disebarkan untuk memunculkan sentimen anti Jokowi di kalangan pemilih Muslim seperti dikutip dari Tribunnews.

Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961; umur 57 tahun) adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014. Jokowi memeluk agama Islam dan bercerita bahwa ia pertama kali naik haji pada tahun 2003, dan sesudahnya umrah minimal empat kali. Namun, menjelang pemilihan umum presiden 2014, muncul berbagai tudingan yang mempertanyakan keislaman Jokowi, sehingga pada tanggal 24 Mei 2014 Jokowi menyatakan bahwa ia adalah bagian dari “Islam yang rahmatan lil alamin, Islam yang hidup berketurunan dan berkarya di negara RI yang memegang teguh UUD 45.”

REFERENSI:
https://www.kominfo.go.id/content/detail/17065/hoaks-innalillahi-ternyata-presiden-sekarang-sebenarnya-kristen-dan-pemerintahan-sekarang-di-kuasai-kristen/0/laporan_isu_hoaks
https://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo
https://m.liputan6.com/indonesia-baru/read/2054461/jokowi-tanggapi-isu-sara-semua-keluarga-saya-sudah-naik-haji
http://www.tribunnews.com/nasional/2014/06/12/video-jokowi-cina-kristen-ini-buktinya
https://news.detik.com/berita/d-2584831/tepis-black-campaign-buku-nikah-jokowi-pun-beredar
https://www.viva.co.id/siapa/read/81-jokowi
http://bio.or.id/biografi-jokowi-joko-widodo/
https://news.detik.com/berita/d-3396734/tentang-mulyono-nama-lahir-presiden-joko-widodo
https://www.detik.com/pemilu/profil-calon/jokowi-maruf
https://www.bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2014/06/140626_lapsus_pilpres_profil_jokowi
https://infopemilu.kpu.go.id/pilpres2019
https://firstdraftnews.org/wp-content/uploads/2017/05/7-types-of-mis-and-disinformation-A5-1.pdf?x99899

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/853581751641028/