[SALAH] “dibagikan ke siapa? Kalangan LGBT kah?”

Post SUMBER memelintir berita mengenai fitnah Kondom bergambar Jokowi-Ma’ruf Amin, selain itu foto yang diedarkan di pesan berantai Whatsapp terkonfirmasi hasil suntingan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2TJI1SA https://archive.fo/NcQ1K, post oleh akun “Angga Wibisono” (facebook.com/kho.angga), sudah dibagikan 6 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Nah iniloh yg tak maksud kapan hari.
Tujuannya bagi-bagi kondom dg logo capres ini apa?
Dan ini dibagikan ke siapa? Kalangan LGBT kah? Atau bebas umum?
Amat sangat merusak anak bangsa!!!”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Post SUMBER membagikan berita mengenai fitnah terhadap Paslon Capres Jokowi-Ma’ruf Amin.
  • Post SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran yang tidak sesuai dengan konteks yang sebenarnya dari isi berita yang dibagikan, berita mengenai fitnah Kondom bergambar Jokowi-Ma’ruf Amin dihubung-hubungkan dengan hal lain.

——

(2) Foto yang diedarkan di pesan berantai Whatsapp adalah hasil suntingan, salah satu sumber foto: Khadga Darai: “Condoms provided for the players to fight against ZIKA Virus!”. Selengkapnya di http://bit.ly/2TETnqG.

——

(3) Beberapa artikel yang terkait:

  • detikNews: “TKN: Ada yang Sebar Fitnah Kondom Bergambar Jokowi-Ma’ruf, Ini Keterlaluan!”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
  • CNN Indonesia: “Beredar Foto Kondom Jokowi-Ma’ruf, TKN Ambil Langkah Hukum”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

=======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2Cbfr2u detikNews: “Sabtu 09 Maret 2019, 17:54 WIB

TKN: Ada yang Sebar Fitnah Kondom Bergambar Jokowi-Ma’ruf, Ini Keterlaluan!

(foto)
Foto kampanye hitam kondom bergambar paslon 01 yang dipastikan tim TKN sebagai hoax. (ist)

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin berang atas adanya foto kondom bergambar capres-cawapres nomor urut 01 yang disebut beredar via WhatsApp dan media sosial. TKN menilai ini fitnah yang penuh kesengajaan.

“Ini fitnah dan ini dengan penuh kesengajaan untuk merusak citra pasangan 01,” kata Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Ahmad Rofiq, kepada wartawan, Sabtu (9/3/2019).

“Ini sudah sangat keterlaluan. Mesti diusut tuntas,” sambungnya.

Ahmad Rofiq menilai ada pihak-pihak yang sengaja melakukan kampanye dengan cara-cara kotor demi menjatuhkan lawan. Dia berharap Polri mengusut tuntas.

“Saya berharap semua memegang prinsip-prinsip berdemokrasi secara sehat dan tidak black campaign,” ucapnya.

Dilihat detikcom, foto fitnah kotak kondom bergambar Jokowi-Ma’ruf ini sudah tersebar di media sosial, salah satunya Twitter. TKN berharap Polri segera mengusut siapa yang menyebarkan finah ini.

(hri/idh)”.

——

(2) http://bit.ly/2Ut4IHu CNN Indonesia: “Beredar Foto Kondom Jokowi-Ma’ruf, TKN Ambil Langkah Hukum

CNN Indonesia | Sabtu, 09/03/2019 19:39 WIB

(foto)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta, CNN Indonesia — Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily tidak terima dengan beredarnya foto alat kontrasepsi alias kondom bergambar Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di media sosial. Menurutnya hal tersebut merupakan kampanye hitam.

Ia menilai ada maksud jahat di balik terunggahnya foto tersebut. Ace mengatakan tidak mungkin pasangan calon nomor urut satu menggunakan kondom sebagai alat kampanye.

“Saya kira itu maksud jahat dari pihak yang ingin menyatakan ke masyarakat bahwa TKN, Jokowi-Ma’ruf itu pro terhadap kontrasepsi,” kata Ace saat dihubungi Sabtu (9/3).

Ia menduga ada pihak terkait yang sengaja menurunkan citra Jokowi dan Ma’ruf Amin. Terlebih hal ini dikaitkan dengan isu miring bahwa pasangan petahana tersebut bakal melegalkan seks bebas di Indonesia.

“Itu paralel dengan isu yang dihembuskan bahwa Jokowi-Ma’ruf akan melegalisasi seks bebas dan lain lain. Dugaan saya begitu. Tapi yang jelas tidak pernah kami kampanye dengan menggunakan cara seperti itu,” ujar dia.

Ace mengatakan pihaknya bakal segera menelusuri siapa penyebar gambar itu dan mengecek kebenarannya. TKN juga akan membawa kasus ini ke jalur hukum jika ditemukan ada pihak terkait yang melakukan hal tersebut.

“Akan ditelusuri gambar itu dari mana. Tentu kami akan melakukan langkah hukum jika kami menemukan ada pihak yang ketahuan. Harus (ke kepolisian) karena ini bagian kampanye hitam,” ungkap Ace.

Belum diketahui siapa pihak yang pertama kali menyebarkan foto kondom berwajah Jokowi-Ma’ruf. Foto tersebut kini ramai beredar di dunia maya, termasuk Twitter.

Foto tersebut memperlihatkan satu kemasan kondom bertuliskan 01 lengkap dengan foto Jokowi-Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ace menegaskan hal itu bukanlah sebuah kebenaran. Menurutnya, pihak yang tidak bertanggungjawab hanya ingin mencoba cara curang dengan kampanye bohong atau hoaks melalui kondom.

“Ini dari kampanye hoaks yang dilakukan oleh pihak yang mengkaitkan bahwa Jokowi pro seks bebas. Kampanye hitam itu sangat keji dan tidak beradab,” kata Ace.

Gambas:Video CNN”.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/852059518459918/